Syarat Tahun Motor Gojek Wajib Anda Tahu!

Syarat Tahun Motor Gojek – Gojek merupakan salah satu jasa transportasi umum yang sedang diminati oleh semua kalangan masyarakat. Gojek diminati banyak penumpang karena calon penumpang mudah untuk mengakses aplikasi yang digunakan sebagai media melakukan pemesanan Gojek. Selain itu, Gojek dapat melayani kapan dan di mana pun calon penumpang berada. Jasa Gojek dapat digunakan di mana saja sebab Gojek merupakan ojek yang tidak perlu mangkal di suatu tempat tertentu.

Gojek dapat dipesan di mana saja Anda berada karena pihak driver Gojek yang akan mendatangi calon penumpangnya. Jasa transportasi online yang satu ini dapat digunakan oleh semua lapisan masyarakat mulai dari tingkat rendah sampai tingkat paling atas. Hal ini dikarenakan tarif yang sudah dipatok pihak Gojek bagi penumpang sangat terjangkau dan sama semua tanpa membedakan penumpang dari kalangan orang berada atau bukan. Sehingga jasa transportasi Gojek cocok digunakan oleh semua kalangan masyarakat.

Syarat tahun motor Go Jek

Gojek tidak hanya diminati oleh penumpang saja, namun menjadi driver Gojek juga menjadi incaran bagi orang yang sedang mencari pekerjaan pokok maupun pekerjaan sampingan. Hal ini terjadi karena besarnya penghasilan yang didapatkan menjadi mitra driver Gojek.

Menjadi driver Gojek tidak dituntut target yang harus dipenuhi setiap harinya. Ini yang menjadi salah satu poin tambahan tersendiri bagi calon driver Gojek. Waktu untuk bekerja juga tidak sehari penuh dan dapat disesuaikan dengan waktu luang yang dimiliki calon driver Gojek. Sehingga dapat menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi para driver yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan pokok, penghasilannya pun cukup untuk memenuhi kebutuhan harian driver tersebut.

Baca juga:

Oleh sebab itu, menjadi driver Gojek menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang cocok bagi peminatnya. Tidak diperlukan keahlian khusus maupun ijazah pendidikan yang tinggi untuk bergabung menjadi mitra driver Gojek. Asalkan calon driver tersebut memiliki kepribadian yang bagus seperti, sopan, ramah, murah senyum ke semua pelanggan agar penumpang langganannya merasa aman dan nyaman ketika menggunakan jasa transportasi online yang satu ini.

Persyaratan yang harus disiapkan pun tidak terlalu sulit. Anda harus mengetahui syarat umum driver Gojek sebelum mendaftar. Hal terpenting yang menjadi syarat untuk mendaftar adalah memiliki data diri yang masih berlaku dan persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

Syarat Tahun Motor Gojek

Sebelum lebih jauh membahas syarat tahun motor untuk driver gojek, ada baiknya jika Anda mengetahui persyaratan pendaftaran driver gojek

Persyaratan mendaftar menjadi driver Gojek:

  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kartu Tanda Penduduk atau KTP diperlukan pihak Gojek untuk mengetahui tentang data diri pendaftar driver Gojek. Di dalam KTP tertera data diri yang diperlukan sebagai tanda pengenal driver Gojek kepada pihak Gojek.

  • Foto kopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK ini sangat diperlukan pihak Gojek untuk mengetahui tentang kendaraan yang akan digunakan driver Gojek tersebut. Pada surat ini tertera tahun dibuatnya motor yang digunakan.

  • Surat Ijin Mengemudi (SIM) C

Surat Ijin Mengemudi atau SIM disesuaikan dengan kendaraan yang digunakan. Karena Gojek menggunakan sepeda motor, maka SIM yang digunakan adalah SIM C. SIM yang dimiliki calon driver Gojek harus masih berlaku setidaknya untuk 6 bulan kedepan.

  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk bukti bahwa calon driver belum pernah terlbat dalam tindak kriminal.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK harus dilampirkan setiap kali akan mendaftar pekerjaan. Termasuk mendaftar kerja sebagai driver Gojek, SKCK ini merupakan surat penting yang harus dipenuhi. Jika belum memiliknya, Anda bisa membuat surat keterangan tersebut terlebih dahulu di Polsek atau Polres terdekat. Proses pembuatan SKCK tidak memerlukan waktu yang lama.

Pemohon pun hanya dimintai beberapa persyaratan saja, persyaratan yang perlu disiapkan juga tidak susah. Persyaratan yang perlu disiapkan adalah surat penghantar dari kelurahan tempat tinggal Anda, foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto kopi Kartu Keluarga (KK), pas foto dengan ukuran yang telah ditentukan, dan apabila Anda sudah pernah membuat SKCK sebelumnya, maka proses yang harus Anda lalui tidak serumit seperti pembuat pemula. Anda hanya perlu menyerahkan SKCK lama dan foto terbaru saja. Bagi orang yang ingin memperpanjang sama berlaku SKCK juga bisa melakukannya di Polsek terdekat.

  • Memiliki smartphone Android minimal versi KitKat 4.4 yang mendukung pengunduhan aplikasi driver Gojek.
  • Memiliki kendaraan yang sesuai dengan ketentuan dari pihak Gojek.

Syarat Tahun Motor untuk Pendaftar Driver Gojek

Menjadi driver Gojek harus memperhatikan syarat tahun motor yang akan digunakan untuk bekerja. Yang menjadi syarat yaitu tahun pembuatan kendaraan dan keadaan kendaraan atau motor tersebut. Pihak Gojek dapat mengetahui tahun pembuatan sepeda motor yang digunakan dari STNK. Pihak Gojek memiliki kebijakan tahun motor yang berubah seiring berjalannya waktu. Tahun 2018, syarat tahun motor minimal dari tahun 2008.

Persyaratan tahun motor ini ditentukan dengan tujuan menambah kinerja driver Gojek dan juga mendukung kenyamanan dan keamanan penumpang. Pihak Gojek tidak menentukan jenis motor yang digunakan itu matic atau manual. Hal yang paling penting motor tersebut masih dalam keadaan baik dan layak untuk dikendarai.

Pada akhir perjalanan, penumpang akan memberikan ulasan kepada driver. Ulasan tersebut juga menyangkut tentang kondisi motor yang digunakan oleh driver. Pihak Gojek sangat mengutamakan sisi keamanan dan kenyamanan penumpang saat menggunakan jasa layanan transportasi Gojek ini. Ulasan dari penumpang tersebut akan sangat mempengaruhi rating yang didapatkan driver Gojek.

Jika rating yang didapatkan itu rendah, maka driver akan merasa rugi karena tidaka akan mendapatkan intensif atau bonus tambahan dari pihak Gojek. Akibat dari rating yang didapatkan driver rendah juga bisa menyebabkan pemutusan hubungan kerja dari pihak Gojek oleh driver Gojek maupun pemberian peringatan dari pihak Gojek kepada driver. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda harus selalu menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang supaya penumpang memberikan ulasan yang baik kepada driver.

Sanksi bagi Driver yang Tidak Memenuhi Syarat Tahun Motor

Bagi driver yang tidak memenuhi syarat tahun motor yang digunakan akan mendapatkan sanksi tersendiri dari pihak Gojek. Namun pada awalnya, pihak Gojek sudah menguji kendaraan yang akan digunakan driver Gojek. Walaupun pihak Gojek sudah melakukan hal ini, masih saja banyak driver Gojek yang memanipulasi berkas dan kendaraan yang didaftarkan dengan kendaraan yang digunakan pada akhirnya.

Kendaraan yang digunakan driver Gojek tidak sesuai dengan kendaraan yang didaftarkan. Jika hal ini diketahui oleh pihak Gojek, maka pihak Gojek akan menindak lanjuti kasus ini. Karena hal ini menjadi pelanggaran yang dilakukan driver. Sanksi yang diberikan berupa peringatan atau pemutusan hubungan kerja dengan pihak driver.

Maka dari itu, jika Anda memang ingin menjadi driver Gojek Anda harus menggunakan motor yang memenuhi syarat tahun motornya. Jangan berusaha berbuat curang dengan pihak Gojek.

Syarat Tahun Motor Gojek Wajib Anda Tahu! | wahyusetiawan | 4.5