Syarat Daftar Grab Terbaru 2019 Berikut Dokumen Kelengkapannya

By | 24 Agustus 2019

Grab sebagai start up decacorn pertama di Indonesia telah berhasil menciptakan banyak lapangan kerja. Hal tersebut didukung dengan syarat daftar Grab yang mudah untuk semua layanan, baik sebagai pengemudi maupun merchant partner. Apa saja syarat-syarat untuk bergabung dengan Grab? Dan, dokumen apa saja yang wajib untuk diserahkan agar dapat diterima?

Syarat Daftar Grab 2019

Aneka Macam Layanan Grab Yang Membuka Kemitraan

Layanan transportasi online yang ditawarkan oleh Grab meliputi :

  • GrabBike (sepeda motor)
  • GrabTaxi (taksi)
  • GrabCar (mobil)
  • GrabHitch (nebeng)
  • GrabRent (sewa mobil)

Sedangkan layanan non transportasi, karena melibatkan dua atau lebih dari tiga pihak, termasuk perusahaan, terbagi menjadi :

  • GrabExpress (pengiriman barang) à dalam prosesnya melibatkan pengirim barang (sender), kurir barang (driver Grab), dan penerima barang (recipient).
  • GrabFood (restoran online) à pihak-pihak yang berkaitan adalah penjual kuliner, pengemudi Grab yang melakukan dan mengantarkan order, serta pemesan.

Semua layanan di atas membuka kesempatan lebar pada siapa pun yang ingin bergabung sebagai pengemudi maupun rekanan. Tentu saja, bila ingin bergabung, pihak bersangkutan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak Grab.

Syarat Daftar Grab Paling Dasar

Sejatinya, pihak Grab sudah menetapkan beberapa standarisasi dasar bagi yang ingin bergabung dengan perusahaan, khususnya untuk layanan transportasi online maupun non online. Bila Anda hendak mengajukan lamaran untuk posisi sebagai driver, maka persyaratan dasar yang berlaku untuk semua layanan adalah sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang sah.
  • Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun yang merupakan kategori usia produktif.
  • Memiliki ponsel pintar dengan minimal besaran RAM dan memori internal 1/8 GB. Namun diusahakan untuk memiliki spesifikasi lebih tinggi.
  • Mempunyai nomor telepon yang aktif serta mudah dihubungi, baik lewat telepon, pesan singkat, maupun messanger.

Untuk gender sendiri, pihak Grab memberikan kebebasan untuk pria maupun wanita yang memenuhi syarat dasar di atas untuk mencoba bergabung. Sementara itu, dokumen-dokumen standar yang harus disertakan sebagai syarat daftar Grab, yaitu :

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih aktif. Ketentuan ini dibuat saat e-KTP masih sulit diproses. Untuk saat ini, bila ingin mendaftar Grab harus menyertakan e-KTP yang berlaku seumur hidup. Dokumen ini untuk memastikan identitas pelamar, terutama dari segi usia.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) yang bertujuan memastikan ulang identitas tertera di e-KTP.
  • Surat keterangan aparat lingkungan sekitar tempat tinggal apabila data domisili yang tertera berbeda dengan e-KTP. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi Grab bila kemudian terjadi insiden yang tidak menyenangkan sehingga semua pihak terlibat mudah dikumpulkan tanpa ada pelarian.
  • Fotokopi SKCK atau dokumen tertulis tentang kelakukan baik individu bersangkutan dan dikeluarkan oleh Kepolisian. Pernyataan ini untuk keperluan antisipasi terhadap kemungkinan niat kriminal dengan bergabung dalam Grab.

Rincian syarat berikut kelengkapan dokumen dasar di atas harus terpenuhi semua bila memang ingin bergabung menjadi bagian keluarga besar Grab.

Syarat & Dokumen Tambahan Untuk Masing-Masing Layanan Grab

Untuk masing-masing layanan yang ditawarkan oleh Grab, terdapat persyaratan tambahan berbeda-beda. Tergantung pada posisi yang diinginkan oleh pelamar. Di bawah ini adalah rincian lengkap tentang persyaratan maupun dokumen tambahan untuk tiap layanan di Grab.

Syarat Daftar GrabBike, GrabExpress, GrabFood (driver)

Syarat daftar grabbike

Untuk layanan ojek motor, pengiriman barang, dan order kuliner, ketiganya dilakukan oleh driver bersepeda motor. Sebab itu, syarat dan dokumen pelengkapnya tidak berbeda, yaitu :

  • Memiliki SIM C (izin mengemudi kendaraan bermotor roda dua) yang masih berlaku. Fotokopi SIM C wajib disertakan dalam berkas lamaran driver.
  • Memiliki kendaraan berupa sepeda motor yang masih dalam kondisi layak pakai dan terawat. Untuk itu pihak Grab menetapkan bahwa kendaraan yang dapat didaftarkan maksimal berusia sepuluh tahun dari tahun perilisan hingga saat pengajuan bergabung dengan Grab.
  • Motor yang digunakan merupakan kendaraan komersil normal, bukan tipe motor trail atau trekking.
  • Fotokopi STNK aktif juga menjadi syarat daftar Grab, sehingga kendaraan tidak terjaring razia akibat kewajiban pembayaran tertunda. Motor sebaiknya milik pribadi pengemudi. Jika tidak, maka harus menyertakan surat pernyataan bahwa pemilik tidak keberatan kendaraan tersebut digunakan driver.

Syarat Daftar GrabTaxi

syarat daftar grabtaxi

Kemudian, bagi Anda yang ingin bergabung sebagai pengemudi GrabTaxi, persyaratan tambahan dari perusahaan adalah :

  • Berpengalaman sebagai supir taksi.
  • Pengemudi tergabung dalam jaringan Fleet Taxi dari Grab. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui penyertaan fotokopi Kartu Tanda Anggota (KTA) Fleet Taxi.
  • Fotokopi SIM A (izin mengemudi kendaraan roda empat standar atau bermuatan penumpang) yang masih aktif.
  • Salinan atau slip gaji asli sebagai pengemudi taksi sebelum bergabung dengan Grab.

Syarat Daftar GrabCar

syarat daftar grabcar

Sebenarnya, untuk layanan driver GrabCar sendiri tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh dari GrabTaxi. Hanya saja, pengemudi tidak diharuskan memiliki pengalaman sebagai sopir atau semacamnya. Pun tidak harus tergabung dalam Fleet dan menyerahkan salinan slip gaji. Tambahan lainnya antara lain :

  • Dinyatakan dan memiliki bukti otentik telah lulus ujian KIR.
  • Mobil yang digunakan sebaiknya merupakan milik pribadi yang dapat dikonfirmasi melalui penyerahan fotokopi STNK kendaraan. Jika bukan milik pribadi, calon driver harus menyertakan surat ketidakberatan pemilik untuk kendaraannya digunakan.
  • Jenis mobil yang menjadi preferensi pihak Grab adalah family car seperti APV dan city car yang berukuran mini tapi tetap nyaman.
  • Maksimal usia kendaraan saat bergabung dengan Grab adalah lima tahun.

Syarat Gabung GrabHitch

Hitch alias nebeng merupakan layanan yang baru diperkenalkan Grab. Syarat daftar Grab untuk layanan GrabHitch relatif lebih mudah dibandingkan layanan lainnya, yaitu dokumen standar seperti e-KTP dan SIM pelamar. Tidak lupa pula STNK yang masih berlaku. Keuntungan Hitch sendiri untuk pengemudi adalah jam kerja yang fleksibel.

syarat daftar grabhitch

Hitch berbeda dengan GrabCar atau GrabTaxi di mana driver memiliki target setoran. Pengemudi harus rutin menarik penumpang. Sementara untuk Hitch, driver hanya memberikan tumpangan penumpang Grab yang memiliki tujuan searah. Misalnya Anda ingin ke kantor, kemudian mengaktifkan Hitch untuk penumpang yang satu arah.

Sebab itu, persyaratan tambahan untuk driver Hitch hanya meliputi :

  • SIM A aktif.
  • Fotokopi STNK yang membuktikan status kepemilikan kendaraan.
  • Swafoto pelamar dengan memegang e-KTP.

Syarat Daftar Kemitraan GrabExpress, GrabFood, dan GrabRental Mobil

Bila syarat-syarat di atas berlaku untuk pelamar posisi pengemudi, maka persyaratan daftar selanjutnya membahas tentang kerja sama atau partnership bersama Grab atau layanan non transportasi. Sebagaimana telah sedikit disinggung di atas, ketiga layanan non transportasi yang bersifat kemitraan bersama Grab adalah layanan express, food, dan rent car.

Syarat Daftar GrabExpress

Dalam kemitraan untuk GrabExpress, sender dapat merupakan pengguna biasa Grab, tapi juga bisa menjadi penjual yang memanfaatkan layanan pengiriman kilat (one day service) pada konsumen. Untuk kategori yang kedua, penjual bisa mendaftarkan toko yang dimiliki untuk mempermudah pengiriman. Untuk pendaftaran ini, otomatis penjual menjadi mitra Grab dan mendapatkan benefit tambahan.

Adapun syarat daftar Grab dalam layanan Express adalah :

  • Proposal pengajuan yang berisi deskripsi lengkap toko, termasuk detail lokasi usaha, jam operasional, serta jenis produk yang ditawarkan.
  • NPWP (opsional).
  • Pernyataan kesepakatan pembagian keuntungan untuk pihak Grab. Sebab, toko memiliki peluang untuk dipromosikan pada halaman utama aplikasi bila memutuskan untuk bermitra secara resmi.

Syarat Daftar GrabFood

Secara teknis, syarat tambahan yang dibutuhkan untuk mitra GrabFood hampir sama dengan GrabExpress, hanya saja layanan ini mengkhususkan untuk pengusaha bidang kuliner. Mulai dari restoran, kafe, hingga streetfood memiliki kesempatan luas untuk bergabung.

Syarat Daftar GrabRental/GrabRent

Layanan ini juga masih tergolong baru di Grab, kurang lebih bersamaan dengan fitur Hitch. Persewaan mobil memungkinkan pemilik kendaraan roda empat untuk meminjamkan armada pada konsumen Grab dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam. Cara ini efektif bagi pemilik mobil yang tidak ingin atau tidak memiliki waktu aktif sebagai pengemudi GrabCar.

Adapun aturan dan syarat yang harus dipenuhi oleh mitra GrabRent antara lain :

  • Lampiran dokumen legal atas usaha rental mobil yang dimiliki, mencakup : NPWP, TDP dan SIUP.
  • Usaha rental terdaftar secara resmi di instansi Dinas Perhubungan.
  • Fotokopi STNK kendaraan rental yang masih aktif.

Tidak sulit bukan syarat daftar Grab untuk berbagai macam layanan di atas? Tidak heran jika kemudian banyak yang mendaftar untuk menjadi bagian perusahaan maupun bermitra dengan Grab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.