Bagaimana Sistem Gaji GrabCar? Menguntungkan Driver?

Kita tentu sudah ketahui bersama kalau saat ini aplikasi transportasi berbasis online memang sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, baik oleh mereka yang ingin memanfaatkan layanan ini sebagai pengguna jasanya, ataupun bagi mereka yang ingin memanfaatkan layanan jasa ini sebagai ladang penghasilan. Sebaiknya kita mengetahui bagaimana sistem gaji grabcar yang ada saat ini sebelum kita memutuskan apakah ingin ikut mencari rezeki di layanan jasa transportasi online ini.

Mengapa GrabCar?

Kenapa banyak yang memilih grabcar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, layanan transportasi online Grab ini memang sedang diminati oleh banyak orang. Selain itu, layanan yang ditawarkan juga beraneka ragam, salah satunya adalah layanan GrabCar.

Ada banyak orang yang bilang kalau penghasilan driver GrabCar setiap bulannya sangatlah banyak dan bisa dibilang cukup besar. Tentunya hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang ingin bergabung menjadi driver GrabCar.

Penghasilan Tiap Bulan

Penghasilan driver grabcar setiap bulannya bisa dikatakan cukup besar. Bagi mereka yang ingin mengetahui sistem gaji driver grabcar, sebaiknya tetap mengikuti ulasan ini karena semuanya akan dibahas dengan tuntas.

Kalau kamu sudah bergabung menjadi salah satu driver grabcar, sebaiknya kamu juga harus mengetahui bagaimana penghitungan sistem bonus yang akan kamu terima setiap bulannya. Ada sistem bonus yang juga berlaku di layanan transportasi online grabcar ini.

Baca juga:

Cara bagi hasil dari layanan transportasi online grab ini termasuk mudah untuk dipahami dan juga sistem yang diberikan mampu memberikan keuntungan bagi para driver grabcar itu sendiri. Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan, tidak diragukan lagi jika banyak orang yang ingin bergabung menjadi driver grabcar.

Menjadi Driver Grabcar

Pendapatan driver grabcar

Kalau kamu sudah bergabung menjadi menjadi driver grabcar, sebelumnya kamu memang harus melakukan pendaftaran dan melengkapi dokumen-dokumen yang disyaratkan. Setelah melakukan pendaftaran, driver grabcar wajib mengisi token yang mereka miliki dengan saldo.

Token ini akan dihubungkan dengan aplikasi driver grabcar yang mereka miliki sebagai para penerima orderan. Jika driver grabcar telah menerima orderan, maka secara otomatis saldo yang ada di token mereka akan terpotong secara otomatis oleh pihak grabcar.

Banyaknya pemotongan saldo token ini dalam setiap transaksi atau orderan adalah sebanyak 10% sampai dengan 15% tergantung dari tarif argo atau biaya yang tertera di aplikasi grabcar tersebut.

Jika driver grabcar memperoleh orderan dengan jarak yang dekat, maka mereka akan terkena potongan saldo token sebanyak 10%. Jika orderan yang mereka terima memiliki jarak yang cukup jauh, maka saldo token yang terpotong adalah sebesar 15%.

Sebagai contoh: jika ada driver grabcar yang menerima orderan jarak jauh dari Margonda, Depok ke daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, argo di aplikasi grabcar yang tertera adalah Rp. 100.000. Maka nantinya biaya ini akan dipotong sebesar 15%. 85% dari Rp 100.000 yaitu Rp. 85.000 akan masuk ke kantong driver grabcar, sedangkan sisanya Rp. 15.000 akan masuk ke kantong pihak grabcar.

Setiap ada orderan, maka pihak grabcar akan memotong dari saldo token yang diisi oleh driver grabcar. Jika saldo ini habis, maka driver grabcar harus mengisinya kembali agar bisa menerima orderan.

Bonus Driver GrabCar

Driver grabcar juga akan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan bonus dari sistem pembayaran gaji grabcar setiap bulannya. Sebagai gambarannya, driver grabcar dapat memperoleh bonus mingguan sebesar Rp. 1.160.000.

Hal ini jika mereka bisa mencapai target yang ditetapkan oleh pihak grabcar setiap minggunya, yaitu harus menerima orderan sampai dengan target Rp. 2.500.000. Atau kalau dalam waktu 1 bulan, driver grabcar harus bisa memenuhi target dari pihak grabcar sebesar Rp. 10.000.000.

Tabel Contoh Perhitungan 2

Kalau driver grabcar bisa memenuhi target ini, maka dalam waktu 1 bulan bonus yang bisa mereka dapatkan adalah sebesar Rp. 4.464.000. Tentunya dengan bonus yang cukup besar ini, selain gaji yang mereka terima, driver grabcar bisa memanfaatkan bonus yang mereka terima ini untuk cicilan mobil dan juga untuk keperluan pribadi mereka.

Sistem Gaji Driver Grabcar

Bagaimana sistem gaji grabcar yang ada di Indonesia ini? Pada intinya selain bonus yang diterima oleh driver grabcar, mereka juga akan menerima gaji bulanan. Gaji bulanan ini dihitung dari banyaknya orderan yang mereka ambil. Semakin banyak orderan yang diambil dalam satu bulan, maka tentunya gaji bulanan mereka juga akan semakin besar.

Cara Menghitung Penghasilan Bulanan

Misalnya saja dalam satu bulan, driver grabcar memperoleh pendapatan harian mereka dikalikan 30 hari kemudian ditambah bonus mingguan. Kalau pendapatan kotor driver grabcar setiap hari adalah Rp 1.000.000, dikurangi biaya bensin Rp. 200.000 dan uang makan Rp. 100.000 maka dalam sehari mereka bisa mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp. 700.000.

Tabel Contoh Perhitungan 3

Dalam satu bulan, driver grabcar akan mendapatkan Rp. 700.000 x 30 hari = Rp. 21.000.000. kemudian masih ditambah dengan bonus mingguan yang sudah dihitung menjadi satu bulan. Maka total pendapatan dalam satu bulan adalah Rp. 21.000.000 + Rp. 4.464.000 = Rp. 25.544.000/bulan.

Tabel Contoh Perhitungan 4

Tapi tentunya jumlah total bulanan ini bisa berubah sesuai dengan banyaknya orderan yang diterima oleh driver grabcar. Semakin banyak orderan yang mereka terima, maka penghasilan bulanan mereka akan semakin banyak.

Tapi jika jumlah orderan yang mereka terima kurang dari apa yang ditargetkan di atas, maka tentunya jumlah penghasilan bulanan dan juga jumlah bonus yang diterima juga tidak akan begitu besar. Setiap hari juga pastinya tidak bisa memberikan jumlah pemasukan yang sama. Intinya adalah konsistensi. Jika driver grabcar bekerja selama 12 jam sehari, maka usahakan jumlah jam kerja ini tidak berubah setiap harinya agar hasil yang diterima nanti juga bisa sesuai target.

Keuntungan Menggunakan Grabcar

Banyak sekali keuntungan yang diterima oleh driver grabcar dan juga pengguna layanan transportasi online grabcar. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh antara lain:

  • Sistem tarif atau argo yang ditawarkan oleh grabcar sudah pasti. Walaupun jalanan lancar ataupun macet, biaya yang dikeluarkan untuk jarak tempuh yang sama adalah juga akan sama.
  • Penumpang grabcar sudah tidak perlu capek-capek terjebak di kendaraan pribadi mereka saat jalanana macet.
  • Driver grabcar mengetahui bagaimana sistem gaji driver grabcar diberikan sehingga mereka bisa memasang target banyaknya pemasukan yang ingin mereka peroleh.
  • Driver grabcar bisa langsung menuju ke titik lokasi penumpang sehinga penumpang tidak perlu harus berjalan jauh untuk mencari driver grabcar.
  • Aman dan praktis dimana penumpang tidak harus menunggu di halte karena driver pastinya akan datang mencari mereka. Penumpang tidak perlu khawatir lagi akan ketinggalan jika terlam bat datang.

Itulah beberapa informasi seputar sistem gaji driver grabcar yang bisa dijadikan pedoman bagi para driver grabcar untuk menghitung banyaknya pemasukan bulanan mereka. Informasi ini juga bisa digunakan oleh para calon driver grabcar untuk membandingkan dengan jasa transportasi online lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.