Begini Sistem Gaji Grabcar 2019. Lebih Mengggiurkan

By | 7 Februari 2019

Ada dua perusahaan layanan antar jemput raksasa di Indonesia. Salah satu perusahaan tersebut adalah Grab. Masing masing perusahaan pun memiliki ketentuan berbeda dalam sistem gaji Grabcar 2019. Sayangnya, banyak mitra Grabcar yang belum memahami sistem ini. Parahnya lagi, mereka menghitung gaji berdasarkan aturan main perusahaan lain. Bagaimana kalkulasi Grab untuk pendapatan drivernya?

Sistem Gaji Grabcar 2019

Sistem Bagi Hasil 2019

Managemen Grab dan driver saling bermitra dalam menyediakan layanan antar jemput penumpang. Grab bertugas menata sistem, mengelola promosi dan mengatur pemesanan pelanggan. Driver Grabcar kemudian menyediakan mobil sesuai ketentuan Grab dan mengantarkan penumpang sampai ke tempat tujuan. Ketika si penumpang membayarkan biaya jasa, sistem bagi hasil pun berlaku.

Baca juga:

Dalam sistem penghitungan gaji Grabcar 2019, bagi hasil untuk perjalanan jarak dekat adalah 90:10 dan jarak jauh adalah 85:15. Bagaimana cara menghitungnya? Untuk perjalanan jarak dekat berbiaya 20.000, 2.000 rupiah dibayarkan kepada Grab, kemudian sisanya menjadi milik driver. Lalu, perjalanan jarak jauh berbiaya 70.000 akan memberikan pendapatan sebesar 59.500, setelah dipotong 10.500 untuk Grab.

Hubungan Jarak Dan Tarif

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa semakin jauh jarak tempuhnya, maka semakin besar pendapatan yang bisa didapatkan. Lalu bagaimana cara sistem menghitung biaya yang harus dibayarkan penumpang? Mudah saja. Dalam sistem gaji GrabCar 2019 berlaku sistem Grab Merah dan Grab Putih. Para driver akan mendapatkan nominal sebesar 12.000 per perjalanan jika lokasi tujuan berjarak kurang dari 6km.

Sistem perhitungan gaji Grabcar 2019

Kemudian, apabila penumpang menempuh jarak lebih dari 6km untuk mencapai tujuan, maka sistem penghitungan Grab yang berlaku berubah. Driver Grabcar akan mendapatkan tambahan 2.500 per km. Sebagai contoh, penumpang menempuh 8 km dengan Grabcar menuju lokasi. Maka pendapatan kotor si driver adalah 12.000 + (2 km x 2.500) = 12.000 + 5.000 = 17.000. Mudah, bukan?

Sistem Gaji Grabcar 2019

Perlu diingat bahwa nominal gaji untuk mitra Grabcar tidak dihitung berdasarkan jumlah pesanan yang diambil. Sistem penghitungan ini hanya berlaku di perusahaan lain. Sistem gaji GrabCar 2019 meniru sistem yang digunakan oleh perusahaan taksi pada umumnya. Penghitungannya adalah berdasarkan jarak yang ditempuh oleh si driver ketika mengantarkan penumpang. Oleh karena itu, lebih menguntungkan mengambil order jarak jauh.

Gaji Grabcar 2019

Karena alasan inilah, para driver Grabcar dituntut untuk memiliki ponsel dengan akurasi GPS yang tinggi. Dengan melacak perjalanan si driver, perhitungan gaji Grabcar 2019 akan mencakup total km yang ditempuh kemudian mengkonversinya berdasarkan tabel penghitungan yang berlaku. Pada slip gaji yang diterima oleh driver pun, jumlah km ini akan muncul secara otomatis.

Nilai Bonus Grabcar

Apakah gaji Grabcar 2019 hanya dihitung dari pembayaran pelanggan saja? Tentu saja tidak. Ada satu kemiripan antara Grab dan perusahaan pesaingnya: masing masing memberikan bonus kepada para drivernya. Akan tetapi, sistem yang digunakan sangat berbeda. Jika perusahaan pesaing berpaku pada banyaknya pesanan yang diambil, maka Grab mengutamakan periode pengambilan pesanan.

Perhitungan gaji Grabcar 2019

Detail terkait nominal bonus ini berbeda beda di setiap kota. Oleh karena itu, para driver sebaiknya mencari tabel yang sesuai dengan kota masing masing agar tidak terjadi kesalahan penghitungan. Grab memberlakukan jam sibuk pada pagi dan sore hari. Jam sibuk pagi pada hari kerja berlaku dari pukul 5 hingga 8. Untuk jam sibuk sore, dimulai dari pukul 12 hingga pukul 18.00.

Bonus yang diberikan untuk jam sibuk adalah 52.000 per perjalanan. Untuk periode pagi hari, driver minimal mengambil dua perjalanan. Sedangkan untuk sore hari, driver harus mengambil setidaknya enam perjalanan agar dapat mengklaim bonus tersebut. Apa yang terjadi jika driver gagal memenuhi syarat tersebut? Bonus tidak akan bisa dicairkan.

Aturan Tambahan Untuk Bonus Grabcar

Ada beberapa aturan lain yang harus diperhatikan oleh para mitra Grabcar selain jumlah minimal pengantaran. Satu saja aturan ini dilanggar, maka bonus akan ditahan oleh pihak Grab.

  1. Mematuhi kode etik yang diberlakukan oleh perusahaan. Untuk dapat mengetahui detail kode etik yang dimaksud, hubungi kantor Grab terdekat atau baca kembali kontrak kerjasama yang telah ditandangani.
  2. Mencapai persentase pencapaian tertentu. Ketika menerima pesanan, terkadang ada beberapa yang dibatalkan oleh pelanggan atau bahkan oleh driver sendiri. Dalam satu hari, setidaknya 70% pesanan harus diselesaikan dengan baik tanpa keluhan berat dari pelanggan atau pembatalan.
  3. Mencapai bintang tertentu. Penghitungan ini dilakukan pada akhir minggu. Si driver minimal harus mendapatkan bintang senilai 4.7.

Detail Pengeluaran Pribadi

Dalam menjalankan tugasnya sebagai driver Grab, pasti ada pengeluaran lain yang dikeluarkan. Beberapa pengeluaran yang dimaksud adalah bensin untuk mobil, pulsa untuk membeli paket data, dan juga biaya makan untuk driver sendiri. Semua pengeluaran ini tidak menjadi tanggungan Grab. Artinya, driver harus mengambil penghasilannya untuk membiayai semua pengeluaran pribadi ini.

Agar biaya pengeluaran pribadi tidak melebihi pendapatan, maka driver harus memiliki target harian minimal. Cara menghitung target ini cukup mudah. Jika pembelian bensin rata rata 150.000 per hari, makan 100.000 per hari dan paket internet 50.000 per hari, maka pendapatan bersih yang harus didapatkan adalah 300.000 rupiah.

Sistem yang berlaku dalam satu perusahaan pasti akan berbeda dari perusahaan lainnya. Akan tetapi, banyak driver yang menyukai sistem penghitungan perusahaan lain kemudian menerapkannya untuk menghitung penghasilan Grab. Tentu saja hasil akhir yang didapatkan akan berbeda. Agar kesalahan seperti ini dapat dihindari, pahami penjelasan sistem gaji GrabCar 2019 diatas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.