Sistem Gaji Grabbike 2018, Menguntungkan?

Sistem Gaji Grabbike 2018 – Pada kali ini akan dibahas mengenai sistem gaji Grabbike. Sebelum membahas lebih jauh mengenai perubahan perubahan yang terjadi di sistem gaji Grabbike di tahun 2017 dan 2018, akan lebih baik jika mempelajari terlebih dahulu tentang sistem pembagian pembayaran yang diterima oleh si pengemudi atau driver grab.

Banyak orang yang masih saja beranggapan bahwa setiap semua pembayaran penumpang langsung masuk ke kantong si pengemudi. Padahal asumsi tersebut salah. Padahal,sebelum hal itu terjadi ada sistem pembagian yang berlaku untuk setiap transaksi yang dibagi dan diberikan oleh penyedia layanan.

Ketika seorang pelanggan mengirimkan sebuah orderan, system atau penyedia layanan akan otomatis memberikan kepada para pengemudi grab tersebut yang memiliki saldo lebih banyak dari biaya perjalanan si pelanggan. Sebagai satu contoh: biaya perjalanan oderan berdasarkan jarak tempuh adalah 15.000.

Maka driver yang menerima order adalah mereka yang memiliki saldo dengan minimal 20.000. Karena seperti halnya perputaran uang yang driver mendapat uang dari penumpang akan tetapi driver juga harus membayar kepada pemberi layanan atau platform tadi tetapi yang dibayarkan tidak sebesar penumpang membayar kepada pengemudi.

Sistem Gaji Grabbike 2018

Jika ketika si pelanggan melakukan pembayaran dengan uang cash, sistem Grab akan memotong saldo si pengemudi sebesar 15.000 di akun pengemudi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika si pelanggan melakukan pembayaran melalui saldo yang ada pada akun mereka, maka penghitungan yang digunakan pada kali ini adalah  sharing profit. Sebesar 90% saldo dari total pendaftaran diberikan kepada pengemudi, dan 10% sisanya adalah biaya penyediaan layanan dan aplikasi kepada pihak grab.

Penghitungan Bonus Driver

Selain penghitungan dari setiap satuan transaksi jalan, si pengemudi Grab juga bisa mendapatkan bonus tertentu dari pemberi layanan. Penghitungan bonus ini terkadang memiliki nilai yang berbeda beda, tergantung dari beberapa faktor penentu dari pihak Grab.

Faktor pertama adalah jarak tempuh. Semakin jauh jarak yang ditempuh, akan semakin besar juga bonus yang diterima driver. Pengantaran jarak dekat akan dihadiahi 10% bonus saldo, sedangkan untuk jarak tempuh yang jauh akan menjadi 15% para driver mendapatkan bonus.

Baca juga:

Faktor penentu kedua adalah jumlah antaran orderan di setiap harinya. Untuk melihat berapa nilai bonus yang didapat tersebut, si pengemudi harus rajin dan sering melihat tabel bonus pada kolom pembayaran pada smartphone. Berdasarkan data di tahun 2017, lima kali order akan mendapatkan insentif sebesar 50.000. Wow sangat banyak juga bonusnya. Jika mendapatkan  5 kali orderan saja sudah bisa untuk makan 3 kali sehari dan dengan nasi padang. Ternyata enak juga jika ditelateni.

Agar dapat menerima bonus seperti yang dijelaskan yang tertera pada tabel, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh si pengemudi Grab. Ketentuan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Jumlah pesanan yang diambil harus diatas 80%
  • Jumlah pembatalan oreran dari penumpang tidak boleh lebih dari 10 kali
  • Nilai di rating kepuasan yang diberikan oleh penumpang kepada si pengemudi minimal memiliki rata rata 4.6 dari 5 bintang
  • Tidak ada komplain dari penumpang yang menyangkut kode etik pengemudi yang membahayakan si pengemudi
  • Terdapat comment yang positif dari pelanggan atau penumpang.
  • Tidak curang dalam mencari pelanggan

Dari masing masing poin akan dikonfirmasi dan dijumlah melalui aplikasi penyedia layanan. Si pengemudi juga bisa melihat apakah mereka sudah memenuhi persyaratan diatas atau belum.

#Bonus Per Minggu (Mingguan)

Bonus ini dapat diberikan dari pemberi layanan Grab yang dipantau berdasarkan keaktifan si pengemudi untuk menerima dengan order di setiap minggunya. Ada beberapa pengemudi yang beroperasi pada hari hari tertentu saja bahkan hanya pada saat hari libur saja, dan ada juga yang sebisa mungkin beroperasi setiap hari dengan full time. Perusahaan Grab akan memberikan apresiasi untuk mereka yang rajin bekerja.

Kita hitung di dalam satu hari nya, setidaknya terdapat dua periode untuk jam bonus. Jam yang dimaksud ini adalah jam tersibuk Grab, dimana para penumpang yang membutuhkan jemputan akan membludak banyak sekali. Dengan driver menerima pesanan pada jam ini, penghasilan tambahan yang diterima otomatis akan bertambah besar juga. Apalagi, jika hal ini dikerjakan secara rutin setiap hari dengan jam yang sama selama jangka setidaknya enam hari dalam seminggu.

Jika kita total dari bonus yang bisa didapatkan si pengemudi grab pada akhir minggu jika dijumlah bahkan bisa mencapai 1.000.000 (satu juta) rupiah per orang. Jumlah nominal ini berasal dari bonus mingguan dan jumlah transaksi yang diterima pada jam bonus saja. Dengan melakukan penghitungan dengan kasar, seorang driver Grabbike bisa mendapatkan uang pendapatan sampai dengan 5.000.000 rupiah per bulan. Wow ternyata banyak juga yaa penghasilannya…

Perhitungan sistem jumlah yang didapat berupa bonus harian dan mingguan yang sudah dijelaskan di atas dilakukan dengan skema tertentu yang di rancang khusus oleh pihak Grab. Setelah si pengemudi (driver Grab Bike) menerima pesanan selama satu minggu, di hari senin berikutnya, sistem akan melakukan kalkulasi bonus minggu sebelumnya. Rating penumpang akan dilihat dan semua pembatalan pesanan juga akan dihitung.Cukup sulit juga. Akan teapi hal tersebut di design oleh pembuat layanan agar paa penggunanya merasa puas.

Pada hari selasa, pendapatan dasar yang telah dihitung sebelumnya dikirimkan ke rekening  di masing masing pengemudi. Kemudian, bonus tadi akan menyusul pada hari Jumat depannya.

Bonus tambahan dari pelanggan

Jika Anda sudah pernah berprofesi sebagai pengemudi ojol pasti pernah merasakan mendapat bonus tambahan atau insentif  dari pelanggan Anda walaupun sedikit. Semisal biaya jalan yang tadinya 4000 atau 10.000 rupiah pasti segelintir orang akan memberikan uang tambahan 1000 rupiah. Dan uang tambahan itu tidak akan terkena potongan oleh si penyedia layanan. Dan hal itu bisa dikatakan sebagai bonus yang lumayan apabila Anda sebagai driver Grab dapat menampung penumpang banyak di setiap harinya. Sampai kalimat ini ternyata banyak juga ya.. bomus yang didapat oleh driver ojek online.

Terdapat Juga Tambahan Bonus Dari Grabfood dan Grab Express

Misalkan Si Driver ingin mendapatkan bonus yang lebih, maka mereka para ojol bisa juga mengambil dari pesanan Grabfood dan Grab Express. Di kedua pesanan tersebut, si pengemudi akan menerima insentif khusus berupa jaminan argo khusus dari perusahaan Grab itu sendiri. Nominal jaminan ini akan berbeda beda untuk di setiap daerah, namun angka minimal yang diberikan yaitu 10K .

Beruntungnya, Jarak juga diperhatikan pada bonus ini. Semakin jauh jarak dari rumah pelanggan dan rumah makan yang dituju, akan semakin besar jugya bonus yang diberikan oleh pihak Grab. Terdapat juga waktu saat sibuk dimana jumlah bonus atau insentif yang diberikan akan lebih tinggi. Sebagai contoh, jam 18.00 sampai dengan 22.00 adalah jam super yang sangat sibuk dengan insentif sebesar 18.000 per satu order. Padahal di jam kerja yang biasa, insentif yang diberikan hanya 12.000 rupiah per satu order. Dan tetap ada potongan bagi hasiL dengan pihak Grab.

Jika dikalkulasikan akan banyak juga pendapatan yang didapat para driver Grabbike. Dari menarik pelanggan saja sudah dikatakan cukup jika dikerjakan secara sungguh sungguh dan mendapat banyak order pastinya. Dan juga ditambah dengan bonus yang menjanjikan apabila Anda mendapat banyak order dan dilakukan setiap hari. Selamat membaca dan mencoba.

Sistem Gaji Grabbike 2018, Menguntungkan? | wahyusetiawan | 4.5