6 Penyebab Suspend Akun Grab Yang Harus Diwaspadai Agar Tahan Lama!

By | 1 Mei 2019

Penyebab suspend akun grab adalah informasi penting yang harus diketahui oleh semua pengguna, baik itu mitra driver ataupun penumpang. Hal ini bertujuan agar akun grab tetap bisa digunakan dan tidak perlu khawatir disuspend atau dibekukan. Sebagai pengguna layanan, maka sudah seharusnya Anda mematuhi semua kode etik Grab.

Ciri akun grab yang disuspend adalah munculnya notifikasi pop-up ketika membuka aplikasi. Pemberitahuan itu berisi pesan yang menunjukkan jika akun grab Anda sedang dibekukan.

Disana juga tertulis bagaimana cara membuka suspend akun grab, yaitu dengan menghubungi call center grab Indonesia.

penyebab suspend akun grab

Penyebab Suspend Akun Grab

Berikut ini adalah beberapa alasan penyebab suspend akun grab dan bagaimana cara mengatasinya. Simak baik-baik ya!

6 Faktor Penyebab Suspend Akun Grab Yang Harus Dihindari Driver dan Penumpang

1. Sengaja melakukan kecurangan

Hal pertama yang bisa membuat akun grab Anda disuspend adalah melakukan kecurangan. Sama seperti perusahaan lain, grab juga memiliki sejumlah peraturan yang harus dipatuhi oleh semua penggunanya.

Pihak grab tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas kepada siapapun yang berani melanggar. Karena hal itu bisa merugikan perusahaan dan mitra driver grab yang lain.

Dikalangan sopir grab, ada beberapa jenis kecurangan yang semakin marak terjadi. Tindak kecurangan ini dilakukan demi mendapatkan keuntungan pribadi dalam jumlah yang lebih besar.

Jenis kecurangan yang pertama adalah penggunaan aplikasi fake GPS. Dengan aplikasi ini, driver gojek bisa mengubah lokasi sesuai keinginan mereka tanpa perlu benar-benar datang ke lokasi. Pada akhirnya, jumlah orderan bisa meningkat karena menargetkan lokasi-lokasi strategis.

Selain fake GPS, kasus kecurangan lain yang sering dilakukan oleh mitra driver grab adalah penggunaan aplikasi tuyul online dan membuat orderan fiktif.

Sebenarnya, ini adalah penyebab suspend akun grab yang paling mendasar karena tidak ada perusahaan yang mau dicurangi. Begitu pula grab, ia ingin membangun sebuah lingkungan kerja yang kompetitif dan positif.

2. Melakukan pelecehan seksual

Faktor penyebab suspend akun grab selanjutnya adalah melakukan pelecehan seksual. Apapun bentuk pelecehan seksual, itu sangat dilarang oleh grab. Karena selain merugikan penumpang, tindakan semacam ini juga sangat merugikan perusahaan Grab itu sendiri.

Pasalnya, kejadian pelecehan seksual bisa mencemarkan nama baik perusahaan grab dimata masyarakat umum. Ketika nama perusahaan sudah dicap buruk, maka kepercayaan masyarakat juga semakin menurun.

Pada akhirnya, penumpang setia grab mulai beralih ke layanan transportasi lain yang dirasa lebih aman dan nyaman.

Jika seorang driver Grab terbukti melakukan pelecehan seksual, maka akan segera diproses secara hukum dan hubungan kemitraan diputus. Akun grab driver disuspend, sehingga mereka tida bisa bekerja dibawah perusahaan grab.

Sebagai calon driver baru, Anda tidak hanya dituntut mengetahui bagaimana cara daftar menjadi driver grab, namun juga harus memahami apa saja penyebab suspend akun grab. Dengan demikian, Anda bekerja lebih nyaman.

3. Performa yang buruk

Di era modern seperti sekarang, kebutuhan akan layanan transportasi online semakin meningkat. Melihat peluang ini, grab ingin menjaring konsumen sebanyak-banyaknya dengan cara mengadakan promo menarik dan memberi pelayanan terbaik.

Kepuasan konsumen senantiasa ingin diwujudkan oleh grab, supaya mereka tidak kabur ke layanan transportasi online sejenis. Untuk itulah, grab sangat membenci para driver yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik dan sering mengecewakan konsumen.

Salah satu contohnya adalah sering membatalkan order.

Jika ingin akun grab driver Anda awet dan tahan lama, maka jumlah penerimaan order harus jauh lebih banyak dibandingkan cancel order. Pembatalan order tidak boleh terlalu banyak dilakukan oleh driver, karena bisa membuat performa akun menjadi buruk dan pada akhirnya berpotensi di suspend.

Ada banyak alasan mengapa seorang driver sengaja cancel order, mulai dari penumpang yang menggunakan kode promo, jarak terlalu jauh, driver merasa sudah terlalu capek dan sebagainya.

Jika Anda memang sudah merasa lelah, sebaiknya mematikan ponsel saja agar tidak ada orderan masuk. Ketika track record akun grab Anda sudah buruk, maka potensi disuspend juga semakin besar.

Pahamilah baik-baik penyebab suspend akun grab yang satu ini.

4. Penyebab Suspend Akun Grab Karena Penumpang Langganan

Bagi seorang driver grab, memiliki langganan adalah suatu keberuntungan yang sangat menggembirakan. Tidak perlu pusing mikirin orderan untuk besok, karena pelanggan setia sudah siap menggunakan jasa Anda.

Namun faktanya, mempunyai seorang langganan justru bisa menjadi penyebab akun grab Anda di suspen. Sebab, ketika driver sering mendapat order secara terus menerus dari orang yang sama, maka pihak grab mencurigai aktifitas tersebut dinilai sebagai orderan palsu.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda membatasi orderan dari satu orang yang sama. Jangan terima orderan secara terus menerus, namun berikan batas. Misal dua hari sekali, tiga hari sekali dan sebagainya.

5. Log In Menggunakan Smartphone Berbeda

Demi memberantas tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum nakal,  maka tidak heran apabila pihak Grab menerapkan pemeriksaan yang sangat ketat dalam melacak ponsel milik mitra driver mereka.

Oleh sebab itu, Anda tidak boleh log in di sembarang smartphone. Aktifitas ini dinilai mencurigakan yang berpotensi membuat akun driver grab Anda disuspend. Jika terpaksa harus ganti smartphone, sebaiknya Anda mengonfirmasinya terlebih dahulu dengan menghubungi Customer Service Grab.

Penyebab suspend akun grab ini masih jarang disadari oleh banyak sopir, padahal jika dilanggar akibatnya bisa fatal.

6. Kendaraan Tidak Sesuai Dengan Aplikasi

Seperti yang terlihat jelas didalam ketentuan perusahaan grab, bahwasanya setiap driver wajib mengendarai kendaraan yang sesuai dengan data-data di aplikasi. Misalkan data di aplikasi menunjukkan driver B mengendarai sepeda motor matic warna merah, maka dilarang keras bekerja dengan motor bebek warna biru.

Sebagai mitra driver grab, Anda tidak boleh sembarangan memilih kendaraan untuk menjemput dan menghantarkan penumpang. Terkait hal ini, bahkan ada inspeksi khusus dari pihak Grab yang bertugas memeriksa jenis kendaraan driver.

Penumpang juga tidak segan-segan melaporkan tindakan Anda kepada perusahaan, apabila memang kendaraan yang dipakai beroperasi berbeda. Pasti tidak banyak yang menyangka penyebab suspend akun Grab satu ini.

Cara Membuka Akun Grab Yang Di Suspend Dengan Mudah

Bagi Anda yang akun grab-nya sudah terlanjur dibekukan atau disuspend, maka bisa langsung menghubungi call center grab via telepon di nomor 021-80648777. Dengan menghubungi nomor tersebut, Anda bisa mencari tahu alasan mengapa akun grab disuspend.

Selain menghubungi call center grab via telepon, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan dengan mengirim email ke  [email protected].

Selanjutnya, Anda bisa mengajukan banding terhadap aksi suspend yang dilakukan oleh pihak grab dengan mengunjungi laman https://www.grab.com/sg/appeal/?lang=id. Silahkan isi formulir yang tersedia dan tunggu sampai pihak grab melakukan peninjauan.

Jika pelanggaran Anda masuk kategori ringan, maka suspend tersebut hanya berlaku sementara saja.

Demikianlah postingan singkat tentang penyebab suspend akun grab dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat untuk semua mitra driver grab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.