Penarikan Saldo Driver Gojek Bermasalah? Jangan Panik!

By | 19 November 2019

Hingga saat ini, permasalahan withdraw atau penarikan saldo masih sering terjadi. Banyak driver yang mengeluhkan proses penarikan yang cukup lama tidak sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan. Selain itu, sanksi suspend juga terkadang membuat status saldo tidak bisa diambil.

Withdraw adalah penarikan saldo atas penghasilan yang diperoleh driver dari pembayaran customer dengan menggunakan GoPay, termasuk bonus. Secara garis besar, cara dan prosedur withdraw bisa digambarkan sebagai berikut :

1. Perhatikan nilai saldo yang bisa ditarik

Jika driver memiliki cicilan (atribut, kendaraan, dll), maka nilai cicilan tersebut akan dipotong dari total saldo yang bisa ditarik. Setelah dikurangi nilai cicilan, driver bisa menarik saldo sampai dengan Rp. 3.000.000,- dalam sekali penarikan

2. Langkah withdraw

Untuk mencairkan saldo, driver cukup mengakses aplikasi driver – masuk ke menu utama – lalu pilih withdraw. Masukkan nominal yang akan ditarik, klik oke, dan selesai. Dana akan masuk ke rekening bank yang telah didaftarkan sebelumnya dalam waktu maksimal 3×24 jam.

3. Withdraw menggunakan Rekening Ponsel CIMB Niaga

Rekening ponsel CIMB Niaga, atau sering disebut Rekpon, saat ini banyak menjadi pilihan driver untuk melakukan penarikan. Dengan menggunakan Rekpon, driver bisa melakukan penarikan uang fisik di ATM tanpa memerlukan kartu ATM. Cukup memasukkan nomor Rekpon, lalu masukkan pin sementara yang akan dikirimkan melalui handphone driver.

 

Mengatasi Kendala Penarikan Saldo Driver

Meski tampak sederhana, toh ada saja kendala yang muncul saat melakukan driver. Yang paling sering dikeluhkan adalah proses yang ribet (terkadang mengharuskan verifikasi foto dan identitas), saldo yang hangus karena akun mengalami suspend, serta proses pencairan yang cukup lama. 1×24 jam adalah waktu yang dijanjikan. Namun pada kenyataannya, driver terkadang harus menunggu hingga 3×24 jam sampai saldo masuk ke rekening. Bahkan di beberapa kasus, saldo tidak kunjung masuk meski telah melewati batas waktu tersebut.

Penarikan saldo juga bisa terjadi ketika bank mengalami gangguan. Beberapa waktu terakhir, banyak driver yang mengeluh bahwa penarikan bermasalah hingga lebih dari 3×24 jam. Hal ini rupanya terjadi karena pada saat itu, CIMB Niaga mengalami gangguan.

Beberapa rekan driver memberikan tips yang sederhana, yaitu melakukan penarikan sebelum pukul 10.00. Semakin siang penarikan dilakukan, maka semakin besar resiko terjadinya keterlambatan pencairan saldo.

Apabila penarikan terkendala karena bank dan sistem mengalami gangguan, dana akan masuk kembali ke saldo driver. Namun apabila tidak, maka Gojek menyarankan driver untuk menyampaikan permasalah ini ke customer service. Bisa melalui nomor telepon 021-50233200, mengirimkan email ke [email protected], atau dengan langsung mendatangi kantor perwakilan terdekat.

Beberapa rekan driver yang telah mencoba cara tersebut mengaku terbantu. Namun kalaupun belum berhasil, masih ada cara yang bisa dilakukan. Sampaikan keluhan ini melalui surat pembaca di media apapun, atau dengan menanyakan secara langsung ke admin twitter @GojekIndonesia. Pastikan driver menggunakan bahasa dan pilihan kata yang baik, agar permasalahan pun dapat terselesaikan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.