Motor Gojek Minimal Tahun Berapa? Temukan Jawaban dan Syarat-Syaratnya Berikut!

By | 7 Mei 2019

Motor Gojek minimal tahun berapa? Adalah pertanyaan yang paling banyak diajukan oleh calon sopir Gojek. Ini wajar, karena sepeda motor menjadi salah satu kriteria yang digunakan oleh perusahaan Gojek untuk menentukan lolos atau tidaknya seorang calon driver baru. Jika sepeda motor yang Anda miliki kurang memenuhi standar, maka bisa dipastikan pendaftaran ditolak.

sepeda motor gojek minimal tahun

Namun sebelum itu, Anda juga harus memahami jika kriteria yang digunakan untuk kualifikasi pendaftaran tidak hanya tahun keluaran sepeda motor saja. Namun juga kondisi bodi dan mesin, apakah masih layak untuk beroperasi atau tidak.

Gojek sendiri menetapkan standar khusus terhadap sepeda motor calon driver demi keamanan dan kenyamanan bersama, baik penumpang ataupun mitra pengemudi.

Lantas, sepeda motor Gojek minimal tahun berapa agar bisa diterima? Simak penjelasan selengkapnya dibawah.

Syarat Daftar GoJek 2019 Agar Bisa Diterima Kerja

syarat daftar Gojek

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan idustri transportasi online, ini membawa angin segar ditengah-tengah masyarakat. Tidak hanya membantu memudahkan mobilisasi sehari-hari, layanan transportasi online juga menciptakan lowongan pekerjaan yang sangat besar.

Semua orang bisa mendaftarkan diri menjadi driver Gojek, tanpa dibatasi oleh jenjang pendidikan. Walaupun syarat daftar Gojek tidak terlalu sulit, namun bukan berarti semua orang bisa diterima menjadi sopir Gojek.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh pendaftar, supaya bisa diterima kerja sebagai rider Gojek. Sebelum mencoba daftar driver Gojek, sebaiknya Anda mengetahui beberapa syarat utamanya dibawah ini.

  • Mempunyai SIM C yang belum mati ( masih aktif )
  • Mempunyai KTP yang masih aktif
  • HP android dengan RAM minimal 1GB dan layar minimal 5 inch
  • Calon driver Gojek harus dibawah 35 tahun
  • Bisa bekerja dengan jam operasional 5 hari per minggu dan 10 jam per hari
  • Mempunyai Surat Keterangan Catatn Kepolisian (SKCK) asli atau legalisir yang belum mati
  • STNK yang masih berlkaku
  • Sepeda motor layak pakai dan memenuhi standar

Jika Anda merasa sudah memenuhi semua persyaratan utama diatas, maka kesempatan untuk diterima menjadi driver Gojek sangatlah besar. Baik pria ataupun wanita keduanya sama-sama bisa mendaftarkan diri menjadi sopir Gojek.

SIM C yang dibawa oleh calon driver harus aktif minimal sampai 6 bulan kedepan sejak proses pendaftaran. Sementara itu, SKCK dibutuhkan sebagai jaminan jika calon driver belum pernah melakukan tindakan kriminal. Sehingga Gojek bisa menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang.

Bagi kaum perempuan yang ingin mendaftar menjadi sopir Gojek itu tidak masalah. Siapa bilang driver wanita hanya sedikit? Buktinya saja pertumbuhan jumlah driver GrabCar wanita terus meningkat seiring berjalannya waktu, khususnya di Indonesia.

Motor Gojek Minimal Tahun Berapa?

syarat sepeda motor Gojek

Sebagai jawaban dari pertanyaan sepeda motor Gojek minimal tahun berapa adalah tahun 2011. Ketetapan ini diambil oleh perusahaan Gojek demi kepentingan kedua belah pihak, baik itu calon penumpang dan driver.

Di tahun 2019 seperti sekarang, sepeda motor produksi tahun 2011 memang sudah tergolong cukup tua. Jika calon mitra driver memiliki sepeda motor keluaran 2010 kebawah, maka bisa dipastikan akan ditolak.

Perlu diketahui bersama, apabila batas minimal untuk tahun sepeda motor Gojek setiap tahunnya berubah. Sehingga, batas minimal motor Gojek 2019 berbeda dengan tahun 2018, 2017 dan lain sebagainya.

Jika dahulu ada calon driver Gojek yang  mungkin bisa mendaftarkan sepeda motor produksi tahun 2010, 2008 atau 2006 maka sekarang sudah tidak lagi. Jika dipikir-pikir lagi, Gojek menetapkan keputusan seperti ini memang menjadi langkah yang tepat.

Sebab, sepeda motor yang sudah berusia lebih dari 5 tahun atau bahkan 10 tahun performanya sudah semakin memburuk. Jika dipaksakan untuk terus beroperasi, maka hal itu bisa menyebabkan sepeda motor mudah rusak.

Apalagi seorang driver Gojek harus bekerja selama 8-10 jam per hari. Tentu saja kurang cocok jika Anda menggunakan sepeda motor tua.

Di sisi lain, ada sebagian orang yang jelas-jelas membantah adanya batas minimal tahun sepeda motor agar bisa diterima menjadi driver Gojek.

Sebab, menurut pengalaman sejumlah driver yang sekarang ini diterima sebagai driver Gojek dahulu mereka mendaftarkan sepeda motor keluaran tahun 2010 bahkan ada yang 2004.

Yang paling utama bukanlah tahun produksi sepeda motor, namun lebih kepada kondisi mesin dan kinerjanya. Memang betul demikian, karena percuma saja jika sepeda motor Anda keluaran terbaru namun sudah bobrok dan gampang rusak. Tentu kurang nyaman jika diajak ngojek.

Begitupun sebaliknya, tidak masalah sepeda motor Anda keluaran tahun 2011 kebawah, selagi kondisi mesinnya masih bagus dan layak pakai maka bisa mencoba untuk didaftarkan.

Anda bisa memperkirakan sendiri, apakah sepeda motor masih layak untuk mengerjakan orderan Gojek atau tidak, dengan jam kerja selama 8-10 jam per hari.

Syarat Motor Gojek 2019 yang Wajib Dipenuhi

Pertanyaan terkait sepeda motor Gojek minimal tahun berapa, sudah berhasil ditemukan jawabannya. Oleh karena itu, sekarang kita cari tahu apa sih syarat motor Gojek yang tidak kalah penting dan wajib dipenuhi.

Jawabannya adalah kondisi fisik dan mesin sepeda motor yang akan didaftarkan ke Gojek. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, ada sebagian driver Gojek yang mengaku lolos seleksi pendaftaran padahal tahun keluaran motornya tidak memenuhi standar.

Alasan mengapa mereka diterima pasti bisa ditebak, yaitu karena kondisi fisik dan mesin yang masih oke. Setiap sepeda motor yang didaftarkan ke Gojek haruslah memiliki penampilan fisik yang bagus dan tidak terlihat rusak. Ini menjadi syarat kelayakan pertama yang ditetapkan oleh Gojek.

Selanjutnya, sepeda motor calon driver tidak boleh dimodif. Gojek tidak akan menerima semua pendaftar yang dengan sengaja menggunakan sepeda motor modif. Kondisi sepeda motor haruslah standar, demi kenyamanan saat berkendara.

Jika Anda memang hobi modifikasi sepeda motor, sebaiknya jangan gunakan motor untuk ngojek. Gojek tentunya tidak mau apabila mitra pengemudi mereka ditilang oleh polisi ketika bekerja, hanya gara-gara sepeda motor modifikasi.

Yang terakhir, pastikan kondisi mesin motor Anda dalam keadaan prima. Maksudnya adalah mesin motor tidak mudah mogok atau macet ketika digunakan untuk menjemput dan menghantarkan penumpang.

Sepeda motor yang kurang layak jalan sebaiknya tidak dipaksakan untuk mendaftar Gojek, karena hanya akan merugikan diri sendiri. Jika ditengah-tengah perjalanan motor Anda mogok, pasti penumpang merasa kecewa dan memberikan rating bintang rendah.

Ketika kejadian ini berlangsung terus menerus, hal itu berpotensi membuat akun Gojek disuspend karena memiliki track record yang buruk.

Supaya bisa bekerja dengan lancar dan tanpa gangguan, sebaiknya driver ojek online sering-sering pergi ke bengkel. Tujuannya adalah melakukan perawatan onderdil secara rutin, mengingat sepeda motor digunakan selama 8-10 jam per hari.

Demikianlah postingan singkat pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa membagikannya kepada teman-teman, agar mereka juga mengetahui jawaban dari sepeda motor Gojek minimal tahun berapa?

Dengan begitu, mereka tidak akan bingung lagi ketika memilih sepeda motor untuk didaftarkan ke Gojek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.