Daftar Layanan Online di Bojonegoro Kota yang Sudah Merajalela

By | 3 November 2019

Menjadi konsumen online sepertinya sudah menjadi trend gaya hidup di kalangan masyarakat jaman sekarang. Tidak hanya anak muda yang melek teknologi, para orang tua juga tidak kalah ketinggalan.

Lalu apa itu konsumen online?

Konsumen online adalah konsumen yang menggunakan jasa layanan online sebagai mobilitas keseharian mereka. Para jasa penyedia layanan online inipun bermacam-macam.

Mulai dari jasa belanja online, kursus online, hingga segala bentuk pendaftaran di berbagai instansi pemerintahan yang dapat dilakukan secara online. Dan yang sudah akrab di kalangan masyarakat adalah jasa transportasi online.

Jasa transportasi online yang awalnya dikenal dengan layanan ojek online-nya ini kini menawarkan lebih banyak layanan. Di antaranya berbelanja, pengantaran barang, membersihkan rumah hingga memperbaiki peralatan elektronik, dan pemesanan makanan.

Tentu saja jasa seperti ini sangat berguna untuk masyarakat sekarang yang notabennya sudah semakin sibuk dan memilih gaya hidup yang lebih instan. Mereka bisa memesan makanan tanpa harus keluar kantor dan tetap mengerjakan tugas kantor. Atau berbelanja tanpa harus mengurangi waktu untuk membersihkan rumah bagi ibu rumah tangga.

Jasa transportasi online yang sudah memiliki nama besar dikalangan masyarakat adalah Gojek dan Grab. Dua perusahaan ini sudah menjadi andalan bagi masyarakat keseharian. Oleh karenanya keduanya memilih untuk memasuki seluruh wilayah Indonesia hingga ke kota-kota kecilnya. Sebut saja Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Memiliki julukan kota minyak dan gas, Bojonegoro kini menjelma menjadi kabupaten yang maju. Nampak dari tatanan kota dan fasilitas-fasilitasnya yang selalu diperbarui. Hingga kegiatan-kegiatan kota dan desa yang ramai diikuti oleh seluruh masyarakat.

Seperti yang belum lama ini diadakan yaitu pemecahan rekor nasi buwuhan terbanyak yang menghadirkan tamu dari empat negara sebagai pemerhati. Hingga menjadi pengisi hiburan pada kegiatan penurunan bendera HUT RI ke 74 Agustus kemarin, dengan menampilkan tari Thengul khas Bojonegoro.

Sekilas sudah dapat dilihat bahwa Bojonegoro mulai membangun diri untuk lebih modern. Oleh karenanya masyarakat Bojonegoropun juga turut menjadi konsumen online mengikuti trend gaya hidup sekarang.

Hadirnya Gojek dan Grab menjadi pendukung masyarakat Bojonegoro untuk menjadi konsumen online. Tetapi tidak hanya dua perusahaan ternama ini saja, ada tiga jasa transportasi online lain yang beroperasi di wilayah Bojonegoro kota. Berikut daftarnya;

Gojek

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan jasa online yang satu ini. Gojek merupakan jasa online buatan Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Meskipun pada awalnya dikenal dengan layanan ojek online-nya, namun sekarang Gojek sudah memiliki banyak fitur layanan.

Yaitu, layanan pengiriman barang, layanan ojek sepeda motor, layanan pemesanan makanan, layanan pengiriman barang berukuran besar, layanan membersihkan rumah, layanan kecantikan, layanan pemijatan, layanan ojek mobil, layanan montir, layanan pembelian obat, layanan isi pulsa elektronik, layanan belanja barang, layanan pembayaran, layanan pembayaran digital, layanan penawaran diskon, dan layanan taksi Bluebird.

Dari sekian banyak fitur pelayanan, hanya di kota-kota besar saja yang sudah tersedia. Sedangkan di kota-kota kecil hanya menyediakan fitur layanan ojek sepeda motor atau Go-Ride, layanan ojek mobil atau Go-Car, layanan pemesanan makanan atau Go-Food, dan layanan pengiriman barang atau Go-Send, serta fitur lain tergantung kebijakan setiap daerah.

Kantor Gojek di Bojonegoro beralamat di Jalan Veteran Ruko CDBB no. 06-07 Bojonegoro. Untuk menggunakan jasa transportasi ini masayarakat dapat menginstal aplikasinya melalui Play Store bagi pengguna android atau melalui AppStrore bagi pengguna iPhone.

Grab

Selain Gojek, Grab juga sudah tidak asing lagi terdengar di kalangan masyarakat. Disebut-sebut sebagai pesaing Gojek, Grab merupakan perusahaan asal Singapura yang juga melayani jasa transportasi online. Sejauh ini Grab sangat diterima baik oleh masyarakat.

Fitur layanan yang ditawarkanpun beraneka ragam. Yaitu, layanan ojek mobil, layanan ojek sepeda motor, layanan pemesanan makanan, layanan pengantaran barang, layanan pembelian pulsa atau token, layanan membersihkan dan mereparasi peralatan rumah, layanan penyewaan skuter, layanan kesehatan atau dokter, layanan pemesanan tiket, layanan pemesanan hotel, layanan pembayaran tagihan, layanan berbelanja, dan layanan pemesanan tiket bis.

Sama halnya dengan Gojek, tidak semua fitur layanan aktif di semua wilayan operasi. Di kota-kota kecil fitur layanan yang tersedia di antaranya adalah layanan ojek sepeda motor atau Grabbike, layanan ojek mobil atau Grabcar, layanan pemesanan makanan atau Grabfood, dan layanan pengiriman barang atau Grabexpress.

Kantor Grab di Bojonegoro merupakan kantor perwakilan atau cabang. Sedangkan kantor resmi Grab yang terdekat dari Bojonegoro berada di Kota Tuban dan Gresik.

Kantor Grab Tuban beralamat di Gang Selorejo 2 No. 220 Batu Retno. Serta kantor Grab Gresik beralamat di Rode Container Café,  Jalan Demak No. 10 Yosowilangun. Atau dapat menghubungi penanggungjawab cabang Bojongeoro atas nama Yogha Prasetya dengan nomor telpon 085229264108. Grab dapat didownload melalui Play Store atau AppStore layaknya Gojek.

JOB (Jasa Online Bersama)

JOB atau Jasa Online Bersama merupakan jasa online buatan masyarakat Bojonegoro Kota. Artinya, JOB hanya beroperasi di wilayah Bojonegoro kota saja. Layanan yang ditawarkan juga beraneka ragam.

Seperti pemesanan makanan, berbelanja, pengiriman barang, hingga antri dokter. Berbeda dengan Gojek dan Grab, JOB tidak melayani transportasi ojek sepeda motor maupun mobil.

Konsumen JOB juga tidak perlu mendownload aplikasi, mereka hanya perlu menghubungi admin melalui WhatsApp. Setelah konsumen menyebutkan kebutuhan mereka, misal pemesanan makanan, admin akan memilih driver kemudian driver akan langsung menghubungi konsumen melalui WhatsApp pula.

Untuk selanjutnya transaksi dilakukan antara driver dan konsumen langsung. Kelemahan JOB adalah konsumen tidak bisa mengetahui ongkos kirim yang harus mereka bayar. Karena ongkos kirim akan diinfokan setelah pesanan selesai. Meskipun demikian, JOB tidak kalah terkenal dengan Gojek maupun Grab dan konsumennya juga sama banyaknya. Kantor JOB beralamat di Jalan DI Pandjaitan No. 1 Bojonegoro. Nomor admin JOB 082264805588.

Oke Jack

Oke Jack merupakan jasa transportasi online yang berpusat di Kota Malang. Oke Jack tidak jauh berbeda dengan Gojek dan Grab. Hanya saja kemunculannya lebih dulu Gojek selaku perusahaan asli Indonesia yang berpusat di Jakarta.

Wilayah operasi Oke jack belum seluas Gojek dan Grab. Layanan yang mereka tawarkan yaitu Ride atau layanan ojek sepeda motor, Courier atau layanan pengantaran barang, Shopping atau layanan berbelanja, Oke Food atau layanan pemesanan makanan, Oke Car atau layanan ojek mobil, Oke Massage atau layanan pijat, dan Oke Clean atau layanan bersih rumah. Kantor Oke Jack Bojonegoro beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 12 Jambean, Sukorejo.

Konsumen dapat mendownload aplikasi Oke Jack di Play Store atau AppStore untuk dapat menggunakan jasa layanan ini.

Wira-Wiri Bojonegoro

Wira-Wiri Bojonegoro merupakan jasa layanan online buatan Bojonegoro. Berbeda dengan JOB, Wara-Wiri menggunakan aplikasi sebagai penghubung driver dan konsumen.

Jasa layanan ini masih sangat baru, bahkan bisa dibilang belum siap digunakan. Akan tetapi promosi sudah mulai dilakukan. Hal ini terlihat dari website dan aplikasi yang belum sempurna. Pada website dan aplikasi sudah ada keterangan bahwa website dan aplikasi sedang dalam pengembangan.

Akan tetapi ada nomor telepon yang dapat dihubungi apabila ingin mencoba menjadi konsumen Wira-Wiri, yaitu 082226677735 atas nama admin Wira-Wiri. Wira-Wiri melayani  jasa pemesanan makanan, pengantaran barang dan penjemputan. Wilayah cakupannya adalah Bojonegoro Kota. Tidak ada keterangan alamat kantor Wira-Wiri semakin menunjukkan bahwa jasa ini belum siap digunakan.

Itu tadi lima jasa layanan online di Bojonegoro Kota. Dari kelima jasa yang beroperasi di satu wilayah ini, yang paling ramai digunakan masyarakat Bojonegoro adalah Gojek dan JOB. JOB memiliki keunggulan tersendiri, pertama Karena JOB merupakan asli buatan Bojonegoro, kedua karena anggota yang tergabung sudah lebih dulu mengetahui seluk beluk Bojonegoro sehingga memudahkan akses layanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.