Kredit Mobil di Gocar: Ulasan, Tips, Cara dan Untung Ruginya

By | 25 Agustus 2019

Apa bisa kredit mobil di Gocar? Pertanyaan tersebut mungkin menghampiri mereka yang ingin bergabung dengan Gojek sebagai pengemudi Gocar, tapi tidak atau belum memiliki kendaraan untuk diberdayakan. Jawabannya, bisa. Sekarang, Anda tidak wajib memiliki mobil pribadi untuk bergabung sebagai driver. Sebab, Gojek telah memperkenalkan inovasi baru kredit mobil untuk pengemudinya.

 Mau Kredit Mobil di Gocar

Tentang Program Kredit Mobil di GoCar

Maksud program kredit mobil di Gocar adalah sebuah program khusus yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan tujuan kesejahteraan driver. Di dalamnya, perusahaan akan menggantikan pengemudi sebagai penjamin angsuran kendaraan di mana untuk cicilan driver disetorkan pada pihak Gojek. Mengapa startup yang ikonik dengan jargon ‘aplikasi anak negeri’ itu berani memberi kemudahan tersebut?

  • Mempermudah Bergabungnya Driver dengan Perusahaan

Alasan pertama yang mendasari Gojek meluncurkan program itu adalah memudahkan siapa pun yang ingin bergabung sebagai driver Gocar. Sering kali, syarat memiliki kendaraan pribadi agar dapat bergabung dalam network  pengemudi Gojek membuat urung niatan tersebut. Terutama karena kepemilikan mobil pribadi bukan sesuatu yang mudah untuk terwujud.

  • Meringankan Beban Driver dari Biaya Sewa Kendaraan

Biasanya, bagi mereka yang tidak memiliki mobil pribadi, lantas memilih menyewa. Dengan menyertakan surat keterangan kuasa atas armada yang digunakan, driver memang bisa bergabung dengan perusahaan. Tapi, apakah biaya sewa kendaraan sebanding dengan pendapatan yang dihasilkan? Tidak. Karenanya, Gojek memberi angsuran mobil ringan yang lebih terjangkau dari sewa kendaraan.

  • Media Investasi Driver

Kredit mobil di Gocar bisa menjadi salah satu bentuk investasi bagi driver bersangkutan. Sambil bekerja, pengemudi bisa membayar angsuran mobil hingga lunas, di mana kemudian resmi menjadi miliknya. Namun, di luar itu, driver masih tetap memiliki sisa penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini sama dengan win win solution bagi pengemudi.

Secara teknis, meskipun pihak Gojek menjadi penjamin pada perusahaan leasing, namun tidak ada risiko kerugian yang membayangi. Bagaimana bisa? Karena jika driver tidak bisa membayar angsuran, mobil akan menjadi milik Gojek, di mana dapat dialihkan pada driver lain. Sehingga, program tersebut minim risiko dan tetap menguntungkan untuk perusahaan sendiri.

Cara Kredit Mobil di Gocar 2019

cara kredit mobil di gocar

Anda mungkin kemudian bertanya-tanya tentang prosedur kredit mobil di Gocar. Pihak perusahaan rintisan itu tidak memberikan persyaratan yang sulit. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting untuk keperluan melamar sebagai driver Gocar. Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan untuk calon pengemudi antara lain :

  • E-KTP

Syarat utama dari bergabung dengan Gojek sebagai driver adalah identitas pengenal yang masih berlaku, dalam hal ini KTP elektronik atau E-KTP. Dengan menyerahkan salinan KTP, perusahaan bisa mengonfirmasi usia, status kewarganegaraan, dan alamat pengemudi. Sehingga, bila terjadi insiden yang tidak diharapkan, Gojek tidak kesulitan dalam mengambil langkah penanganan.

  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Sebelumnya, surat keterangan yang hanya boleh dikeluarkan dan divalidasi oleh pihak Kepolisian ini bernama Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB). Dokumen ini membuktikan calon driver tidak memiliki catatan kriminal atau bila pernah melakukannya, terbukti telah mempertanggungjawabkan sesuai hukum serta tidak mengulanginya lagi. SKCK merupakan salah satu pertimbangan penting bagi perusahaan.

  • Surat Izin Mengemudi (SIM)

Bagi Anda pengemudi roda dua maupun roda empat, untuk bergabung dengan Gojek, wajib memiliki SIM sesuai armada yang hendak dikemudikan. SIM C untuk motor dan SIM A untuk mobil. Hal ini untuk membuktikan bahwa pengemudi memang kompeten dalam mengemudikan armada terkait serta sudah lolos uji berkendara sesuai standar pemerintah Indonesia.

Dokumen Kepemilikan atau Kuasa Kendaraan (STNK & BPKB)

Sebelum ada program kepemilikan mobil Go Car 2019, calon driver yang bergabung harus menyertakan bukti kepemilikan kendaraan yang digunakan seperti STNK dan BPKB. Itu syarat untuk armada pribadi, sedangkan kendaraan sewa harus menyertakan surat kuasa bermaterai bahwa pemilik asli tidak keberatan kendaraannya digunakan untuk transportasi online Gojek.

Jika sudah resmi diterima sebagai mitra Gojek, baru driver bisa mengajukan kredit mobil di GoCar, langsung ke perusahaan. Adapun syarat tambahan untuk pengajuan kredit bagi driver yang tidak punya mobil daftar Gocar adalah sebagai berikut :

  1. Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai atas kesanggupan untuk membayar angsuran sekaligus menyepakati skema pembayaran kredit oleh perusahaan.
  2. Menyediakan penjamin lain, bukan terhadap pihak leasing, tetapi kepada perusahaan. Penjamin harus menyerahkan identitas yang berlaku serta menandatangani perjanjian bermaterai juga.
  3. Menyepakati kontrak berjangka dengan Gojek. Jadi, driver tidak boleh mengundurkan diri sebelum kontrak habis. Bila tidak, bisa dikenakan penalti.

Ketika semua persyaratan di atas terpenuhi, pengemudi bisa memilih armada apa yang ingin dikemudikan. Secara teknis, jenis kendaraan yang ditawarkan dalam program kredit mobil di Gocar masih terbatas, yaitu jenis SUV atau city car dengan kapasitas maksimal 4 orang penumpang. Namun, armada berasal dari merek terkenal dan merupakan keluaran baru.

Tips Cara Mengambil Kredit Mobil di GoCar

Dengan mengikuti program kredit mobil di GoCar, pengemudi bisa tetap mendapat penghasilan sekaligus berinvestasi atas kepemilikan kendaraan dalam satu waktu. Namun, itu berarti penghasilan dari bid Gocar minimal harus 2x lipat lebih tinggi dari nominal angsuran. Bagaimana cara menyiasatinya agar driver tidak keteteran hingga akhirnya terlibat utang maupun kredit macet?

1. Rajin Nge-Bid

Untuk memenuhi target angsuran sekaligus tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, cara utama yang wajib dilakukan adalah dengan rajin mengambil orderan (nge-bid). Jangan sering menolak, apalagi menjadi pemilih dalam menerima order. Tindakan tersebut akan terdeteksi oleh sistem dan membuat cloud computing Gojek cenderung mengarahkan orderan otomatis pada driver lain.

2. Mangkal di Titik Strategis

Supaya orderan melambung tanpa perlu nuyul atau praktek kecurangan lain, sebaiknya pengemudi standby di titik-titik strategis. Biasanya daerah dekat gedung sekolah, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Terutama karena sistem Gojek memilihkan driver yang paling dekat dengan posisi penumpang. Semakin dekat, semakin mudah dan sering pengemudi mendapat orderan.

3. Memilih Kendaraan Yang Bandel Tapi Angsuran Ringan

Meskipun nantinya kendaraan menjadi milik pribadi, sebaiknya melakukan kalkulasi kesanggupan diri dulu sebelum memutuskan kendaraan yang dipilih. Jangan menuruti gengsi, sehingga memilih armada yang mahal di mana kemudian untuk menutupi angsuran, pengemudi terpaksa memforsir diri sendiri. Jika memaksakan diri, maka tujuan kredit mobil di Gocar untuk memudahkan driver, justru menyulitkan.

4. Bid di Kota-Kota Besar

Daripada kota-kota kecil yang memasang tarif murah dan potensi penumpangnya kecil, lebih baik standby nge-bid di kota besar saja. Masyarakat di daerah-daerah tersebut hanya fokus pada kepraktisan dan kenyamanan tanpa berpatokan pada tarif. Untuk itu, mangkal saja di kota-kota besar terdekat dari domisili jika Anda tinggal di kota kecil.

5. Prioritaskan Penggunaan Untuk Kerja, Bukan Transportasi Pribadi

Problematika lain yang dialami driver setelah kredit mendapatkan ACC adalah keinginan untuk mengeksploitasi mobil sebagai kendaraan pribadi. Meskipun dalam proses angsuran, tapi hasrat tersebut dapat menimbulkan rasa malas untuk bekerja. Selain itu, juga pengeluaran bensin menjadi berlipat. Jadi, bila tidak ingin keteteran membayar cicilan kendaraan, harus berkomitmen untuk memprioritaskan kerja. Ingat, kendaraan Anda dalam proses kredit mobil di Gocar, belum lunas!

Untung Rugi Mengikuti Program Kredit Mobil di Gocar

Dari penjabaran tentang kredit mobil di GoCar tersebut, mudah sekali dilihat bahwa keputusan mengikuti program cukup signifikan bagi driver. Harus ada untung rugi yang diperhitungkan.

Keuntungan Kredit Mobil di Gocar

Untuk sisi keuntungannya dalam bergabung adalah :

  • Cicilan yang ditawarkan oleh pihak Gojek lebih rendah dibandingkan leasing pada umumnya.
  • Syarat yang ditetapkan saat pengajuan kredit relatif lebih mudah dipenuhi oleh driver.
  • Tidak ada konsekwensi fatal seperti jaminan sitaan dan semacamnya. Hanya risiko pemutusan kerja sama atau hangusnya angsuran yang telah dibayar jika terjadi kredit macet.
  • Pengemudi tetap dapat bekerja untuk mencari nafkah, namun sekaligus mengangsur pembayaran untuk memiliki mobil pribadi.

Kerugian Kredit Mobil di Gocar

Sementara itu, dari segi kerugian dari kredit mobil di GoCar adalah sebagai berikut :

  • Beban kerja pengemudi otomatis meningkat, karena target pendapatan mencapai 2x lipat dari biasanya.
  • Terlibat kontrak kerja semi eksklusif dengan perusahaan.

Sebab itu, sebelum mengambil kredit mobil di Gocar, sebaiknya pengemudi mempertimbangkan secara saksama dari berbagai aspek terlebih dahulu. Terutama probabilitas dalam kesanggupan membayar angsuran, kemampuan pemenuhan persyaratan, dan untung ruginya. Bila merasa mampu, tidak masalah jika memutuskan bergabung resmi dalam program andalan Gojek demi kesejahteraan pengemudi tersebut.

8 thoughts on “Kredit Mobil di Gocar: Ulasan, Tips, Cara dan Untung Ruginya

  1. sri utami

    Salam
    saya berniat sekali menjadi driver go car,pengalaman kerja saya hanya bisa menyopir
    batas umur maximum berapa masih bisa di terima
    trimksh

  2. TRI WAHYUDI

    Saya driver go gocar sudah punya akun sendiri tapi mobil masih sewa …jika gocar memberikan kesempatan acc kesaya untuk saya kreidit dari gocar sya seneng banget bisa menjadikan anak bangsa seperti sya maju

  3. Budi priadi

    Caranya bagaimana? Apa datang ke kantornya langsung?

  4. A Sofyan

    Saya mitra gocar yang sudah punya akun gocar, saat ini saya kesulitan untuk membayar cicilan mobil. Apakah gojek bisa membantu atau memberi solusi, agar mobil tidak ditarik oleh leasing

  5. Adi

    Saya mitra gocar yang punya akun tapi nga punya mobil,dengan adanya program ini saya sangat berminat tapi bagaimana cara untuk mendapatkan mobilnya

  6. YANTO MAMESAH

    Saya sdh cukup lama jadi mitra GOCAR.cuma baru tahu dr teman.dan katanya hrs menaruh jaminan sebesar 1,5 juta apa benar demikian ?

    Kalau tdk pakai jaminan saya sangat berminat.

  7. Ependi sanwani

    Cara pengajuannya bagaimana dan dimana saya mendaptarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.