14 Kode Suspend Gojek Terbaru 2019 ini Wajib Driver Waspadai

By | 7 Februari 2019

Kalau mau terus bisa bekerja dengan Gojek, maka driver harus hati-hati dengan kode suspend. Kode suspend, alias kode pelanggaran, bisa menyebabkan akun driver terkena suspensasi dan tidak bisa dipakai kerja. Namun, apa saja sih kode suspend Gojek? Apakah ada perkembangan terbaru mengenai kode suspend Gojek terbaru 2019 ini?

Kode Suspend Gojek Terbaru 2019

Apa Itu Kode Suspend?

Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pembuka, kode suspend Gojek terbaru 2019 adalah kode-kode yang mungkin dilanggar driver dan menyebabkan suspensasi. Para pelanggar kode tersebut diberikan suspensasi karena pelanggaran yang dilakukan bisa berakibat fatal dan merusak reputasi Gojek.

Bila diperhatikan baik-baik, kode suspend Gojek bukan sembarang aturan yang tidak bertanggung jawab. Sebaliknya, semua kode tersebut justru berusaha mendeteksi driver yang melakukan penipuan dalam menjalankan pekerjaannnya. Jadi, bila driver memang tidak melakukan penipuan, maka driver seharusnya tidak akan kena kode-kode tersebut. Anggap saja kode suspend ini sebagai aturan pekerjaan yang etis.

Bagaimana Kode Suspend Gojek Bekerja?

cara melihat kode suspend gojek

kode suspend Gojek terbaru 2019 tidak diberikan pada driver begitu saja. Harus ada aktifitas yang terdeteksi oleh sistem, pelanggan, maupun driver lain agar kode tersebut dapat diinput dan ditindaklanjuti. Bila dikategorikan, maka terdapat dua macam laporan kode suspend, yaitu:

  • Auto Suspend

Karena namanya ‘auto’, maka sudah jelas kalau laporan ini dilakukan secara otomatis. Ya, laporan auto suspend memang dilakukan secara otomatis oleh sistem Gojek. Laporan tersebut dibuat berdasarkan oleh pergerakan driver yang direkam oleh sistem. Bila gerak gerik driver memang mencurigakan (contoh, menyelesaikan order dalam waktu yang tidak wajar, melakukan order fiktif, dsb.), maka sistem akan langsung mensuspen akun driver.

  • Manual Suspend

Manual suspend merupakan laporan mengenai pelanggaran kode suspend yang dimasukkan oleh pihak luar sistem. Laporan ini bisa dibuat oleh pelanggan, driver lain, maupun saksi mata diluar kedua lingkup tersebut. Manual suspend biasanya berkaitan dengan customer service yang dilakukan oleh driver. Bila driver melayani pelanggan dengan buruk (contoh; terlambat menjemput, kebut-kebutan, melakukan pelecehan, dll.) maka konsumen dapat memasukkna laporan ini dan sistem akan memprosesnya untuk mensuspend akun driver.

Kode Suspend Gojek Terbaru 2019

Hingga tahun 2019 ini, sudah ada 14 kode suspend yang ditegakkan oleh pihak Gojek. Semua kode suspend Gojek terbaru 2019 tersebut termasuk dalam lingkup Auto maupun Manual Suspend. Berikut kodenya:

  1. fraud_ID 2001 yang berarti driver terlalu banyak melakukan transaksi dengan jarak yang terlalu jauh dari jangkauan driver yang sudah diatur oleh sistem. Misalnya, jaraknya sampai luar kota. Kode ini biasanya berlaku untuk penjemputan saja, jadi jangan khawatir dengan jarak dari tempat penjemputan ke tujuan.
  2. fraud_ID 2002 yang transaksi driver terlalu banyak. Sebanyak-banyaknya order yang biasa driver dapatkan, sistem masih dapat mendekteksi apabila transaksi driver tiba-tiba melejit dengan waktu yang tidak wajar. Itu berarti, yang menjalankan akun driver adalah program, bukan manusia.
  3. fraud_ID 2003 yang berarti pelanggan tidak puas dengan hasil kerja driver. Masalah ini dapat dideteksi dari rating serta feedback yang diberikan pelanggan.
  4. fraud_ID 2004 yang berarti driver melakukan transaksi yang selesai terlalu cepat berkali-kali. Memang sih, terkadang driver dapat menyelesaikan order dengan cepat bisa jaraknya sangat dekat. Namun, sistem Gojek sudah diprogram untuk tidak memberikan order dengan jarak serupa berturut-turut. Bila begitu kenyataannya, maka driver akan dicurigai memiliki langganan atau membuat order palsu.
  5. fraud_ID 2005 artinya terlalu banyak transaksi yang telah diselesaikan driver dan jaraknya terlalu berdekatan.
  6. fraud_ID 2006 berarti jarak driver saat menerima order mencurigakan – hal yang sering ditemukan dalam order fiktif.
  7. fraud_ID 2007 yang berarti driver melakukan perjalanan untuk mengerjakan order terlalu cepat tidak peduli jaraknya panjang atau pendek dan terjadi berkali-kali.
  8. fraud_ID 2008 yang berarti jarak order tidak wajar ataupun masuk akal.
  9. fraud_ID 2009 artinya driver menyelesaikan transaksi terlalu cepat berkali-kali.
  10. fraud_ID 2010 yang berarti driver dicurigai memiliki customer langganan karena telah melakukan banyak transaksi pada pelanggan yang sama dengan jarak yang berdekatan.
  11. fraud_ID 2011 dilakukan saat nomor telepon pelanggan dan driver sama.
  12. fraud_ID 2012 artinya driver melakukan transaksi dengan pelanggan yang terdaftar mencurigakan.
  13. fraud_ID 2013 yang artinya driver terlalu sering cancel order, apalagi dengan alasan yang tidak jelas.
  14. fraud_ID 2014 yang driver dicurigai melakuakn transaksi mencurigakan saat mengerjakan pesanan GoFood, GoShop dan juga GoMart.

Berapa Lama Suspend Dilakukan?

Tergantung seberapa parah pelanggaran yang dilakukan driver, maka relatif juga waktu suspensasi yang diberikan. Setidaknya, driver akan mendapatkan suspend selama satu hari. Namun, waktu suspend bisa ditambah menjadi tiga hingga lima hari bila driver melalukan pelanggaran tersebut lagi. Bila pelanggaran terus diulangi, maka tidak mustahil bagi Gojek untuk memberhentikan driver.

ciri ciri akun gojek kena suspend permanen

Selain suspend dan pemecatan, terkadang driver juga diberikan tanggung jawab untuk memperbaiki kesalahnnya. Misalnya, saat merusak atau menghilangkan barang pelanggan, maka driver harus menggantinya. Terdapat juga pelanggaran yang langsung berujung pemecatan seperti penyebaran berita palsu, mabuk atau ugal-ugalan saat berkendara, menyebarkan data pelanggan di media social, dan banyak lagi.

Ya, kode suspend Gojek terbaru 2019 memang cukup banyak. Setidaknya, terdapat 14 kode yang membuat driver terkena suspensasi – baik dideteksi oleh sistem Gojek sendiri maupun berdasarkan laporan pelanggan maupun driver lain. Hapalkan semua kode suspend Gojek diatas dan hindari melakukannya agar aman dari suspensasi. Selamat bekerja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.