Berapa Jumlah dan Ukuran Pas Foto untuk Lamaran Kerja Supaya Diterima?

By | 13 Januari 2020

Pas Foto Lamaran Kerja – Salah satu persyaratan dalam melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja atau CV (Curriculum Vitae), yang didalamnya terdapat biodata diri, pas foto, riwayat pendidikan, riwayat kesehatan, dan beberapa lainnya.

Biasanya surat ini ditulis di kertas folio atau diprint, akan tetapi ada beberapa perusahaan yang sudah menyediakan CV sehingga pelamar hanya mengisi secara lengkap.

Perusahaan atau lembaga memberi point tertentu untuk CV, yang dilihat dari biodata diri atau riwayat pendidikan. Namun, tak sering juga perusahaan atau lembaga melihat dari pas foto yang digunakan.

Pas foto sendiri memiliki beberapa tipe ukuran akan tetapi pas foto dengan ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6 yang sering digunakan untuk kepentingan tertentu. Sedangkan untuk melamar pekerjaan lebih sering digunakan yang berukuran 3×4 atau 4×6.

Adapula beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk pas foto yang baik dan benar seperti:

  1. Gunakan pakaian yang formal, rapi, dan nyaman.
  2. Bagi wanita, hindari memakai make up yang berlebihan (menor).
  3. Ekspresi natural dan hindari berpose alay atau berlebihan.
  4. Usahakan bahu tegap dan tidak membungkuk.
  5. Berikan senyum terbaik, namun jangan sampai memperlihatkan gigi.
  6. Hindari melakukan pengecatan rambut, biarkan warna rambut alami (hitam).
  7. Perlihatkan telinga anda, supaya menambah kesan rapi.
  8. Jangan mengedit foto (meniruskan pipi, memutihkan kulit, dsb), usahakan foto dengan wajah asli anda hampir sama.
  9. Gunakan foto terbaru, supaya HRD lebih mudah mengenali.
  10. Gunakan background sesuai dengan tahun lahir. Jika tahun lahir pelamar genap maka background warna Biru. Jika tahun pelamar ganjil maka background warna Merah.

 

Berapa Lembar Foto untuk Melamar Kerja?

Pertanyaan ini pasti membuat pelamar kerja kalang kabut, jika perusahaan atau lembaga tidak memberi rincian detail tentang jumlah lembar pas foto yang harus dilampirkan bukan.

Biasanya jika perusahaan atau lembaga tidak mencantumkan jumlah lembar foto, maka pelamar cukup melampirkan 1 lembar saja. Begitu sebaliknya, beberapa perusahaan akan menentukan jumlah lembar foto yang perlu dilampirkan sekitar 2 – 3 lembar foto.

 

Berapa Pas Foto untuk Lamaran Kerja?

Pertanyaan yang satu ini juga pasti dipertimbangkan oleh pelamar, ketika perusaat tidak mencantumkan ukuran yang dibutuhkan. Beberapa perusahaan ternama mengatakan bahwa ukuran pas foto terbaik untuk melamar pekerjaan adalah 4×6, dikarenaan HRD dapat menilai dan mengetahui gestur kepribadian si pelamar.

Namun, adapula perusahaan yang menentukan pas foto dengan ukuran 3×4 dengan alasan untuk kepentingan perusahaan tersendiri.  Selain itu beberapa perusahaan atau lembaga menentukan untuk melampirkan foto full body, biasanya hampir seluruh bank meminta calon pegawainya untuk melampirkan foto full body.

Jika perusahaan atau lembaga tidak mencantumkan ukuran pas foto yang dilampirkan, sebaiknya menggunakan ukuran pas foto 4×6 saja.

 

Contoh Pas Foto Wanita Berjilbab untuk Melamar Kerja

Ada sedikit perbedaan tentang pas foto untuk wanita berjilbab ataupun tidak mengenakan jilbab. Pada persyaratan No. 7 tentang memperlihatkan telinga, khusus untuk wanita berjilbab persyaratan tersebut dihapuskan.

Sedangkan ada ketentuan tersendiri tentang warna jilbab yang digunakan yaitu warna hitam. Hal ini dikarenakan warna tersebut lebih netral dan disimboliskan sebagai rambut hitam.

Berapa Jumlah dan Ukuran Foto Untuk Lamaran Kerja

Contoh pas foto wanita berjilbab untuk melamar kerja

Nah mudah bukan, bagi anda yang akan melamar pekerjaan pastikan lampiran pas foto sesuai dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan atau lembaga. So, sekian dulu pembahasan kali ini, selalu kunjungi blog Luluskerja.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan lainnya mengenai info kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.