Ini Jadwal Pembuatan SKCK di Polsek Terbaru 2020

By | 4 Januari 2020

Ada beberapa surat keperluan yang menjadi sebuah syarat dalam melakukan sesuatu, contohnya adalah SKCK. Surat ini memang hanya berbentuk secarik kertas, akan tetapi SKCK memiliki kegunaan yang sangat besar karena itu merupakan sebuah bukti seseorang berkelakuan baik atau tidak pernah memiliki catatan kriminal.

SKCK ada yang diterbitkan dari polsek, polres dan polda. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat SKCK di polsek yang biasanya dipergunakan untuk syarat melamar pekerjaan perusahaan swasta, melanjutkan sekolah dan pencalonan diri sebagai kepala desa.

Perlu diingat, masa berlaku dari SKCK adalah enam bulan sejak diterbitkan, jika dahulu Anda pernah membuat SKCK, bisa dicek terlebih dahulu untuk masa berlakunya agar saat Anda memiliki keperluan mendesak harus membuat SKCK,

Anda tidak lagi terburu-buru dalam mempersiapkannya. Bagaimana jika SKCK tersebut sudah lebih dari enam bulan? Ya terpaksa harus membuat SKCK baru lagi dengan syarat-syarat dokumen yang harus Anda bawa ke kantor polisi terdekat.

Pada saat ini masih banyak orang yang bingung, bagaimana caranya untuk bisa membuat SKCK? Apakah benar susah mengurusnya?  Simak caranya dibawah ini, pahami gambarnya dan ikuti tutorialnya ya.

1. Jam Operasional

  • Senin – Jum at: 08:00 – 15:00
  • Sabtu : 08:00 – 11:00
  • Minggu : libur

Layaknya seperti kantor pada umumnya, jika Anda ingin melakukan pengurusan dan pembuatan SKCK, perhatikan jam operasional dari kantor tersebut sehingga ketika datang ke kantor tidak menjadi sia-sia.

Jika sudah sampai di tempat pelayanan, maka petugas akan memberikan sebuah formulir yang harus Anda isi dan membuat pernyataan bahwa tidak pernah melakukan tindak kriminal. Untuk jam operasional kantor pada hari senin hingga jumat Anda dapat berkunjung pada jam 8 pagi hingga 3 sore, namun agar Anda tidak terlalu lama menunggu didalam antrian, sebaiknya Anda datang sebelum jam 8 pagi agar antrian pembuatan SKCK tidak terlalu panjang.

Persiapkan juga waktu yang panjang agar Anda tidak terlalu terburu-buru dan dapat menyelesaikan proses pembuatan SKCK pada hari itu juga, karena SKCK diproses lebih kurang 1 jam saat dokumen Anda sudah diserahkan. Hindari jam istirahat karena loket pelayanan akan tutup, jadi susun strategi agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia.

Biayanya berapa? Untuk pembuatan SKCK akan dikenakan biaya sebesar 30000 (tiga puluh ribu rupiah) yang langsung dapat dibayarkan kepada petugas yang bekerja.

2. Persyaratan Dokumen

  • KTP/SIM
  • Kartu Keluarga
  • Akta Kelahiran
  • Pas Photo 4 x 6, background merah 6 lembar

Segera persiapkan dokumen yang diperlukan sebelum Anda datang ke kantor polsek terdekat, dikarenakan banyak dokumen yang menjadi syarat maka Anda dapat membaca panduan untuk apa saja dokumen yang harus dibawa.

Salah satu dokumen penting yang harus dibawa adalah surat pengantar dari kelurahan, walaupun beberapa polsek atau polres sudah meniadakan syarat membawa surat tersebut, untuk berjaga-jaga ada baiknya surat pengantar dipersiapkan juga.

Adapun persyaratan lain yang harus Anda penuhi adalah fotokopi KTP sebanyak 2 lembar, fotokopi kartu keluarga (KK), fotokopi akta kelahiran, fotokopi ijazah terakhir, dan foto berukuran 4 x 6 berlatar merah sebanyak 6 lembar.

Anda harus mengorbankan sedikit waktu untuk mempersiapkannya, dan lebih baik untuk membuat salinan lebih dari 1 lembar untuk masing-masing dokumen agar Anda tidak perlu terlalu repot keluar dari kantor kepolisian dan mencari fotocopy.

CARA DAFTAR SKCK 2020 Terbaru

Ketika semua prosedur sudah Anda lakukan, maka SKCK Anda sudah dapat dipergunakan dengan semestinya. Setelah membaca artikel cara pembuatan SKCK di polsek, semoga dapat membantu Anda dalam pembuatannya jadi tidak terlalu susah dan mengurangi kesalahan yang akan terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.