Daftar Grab Tanpa SKCK, Ini Solusi dan Caranya!

Daftar Grab Tanpa SKCK – Grab merupakan salah satu layanan transportasi online yang saat ini sedang menjadi primadona di masyarakat. Grab tidak hanya diminati oleh para penumpang langganan saja, namun menjadi driver Grab menjadi sasaran bagi orang yang sedang tidak memiliki pekerjaan maupun bagi orang yang sedang mencari pekerjaan sampingan.

Hal ini dikarenakan penghasilan yang didapat menjadi driver Grab layak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setiap harinya driver Grab dapat mengantongi uang sebanyak 150 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah. Grab diminati oleh pelanggan karena caranya yang mudah untuk mengakses aplikasi yang digunakan saat mengorder Grab, dan driver Grab akan cepat melayani penumpangnya tersebut.

Daftar Grab Tanpa SKCK

Driver Grab juga bisa mengatasi kemacetan jalan yang dilaluinya, sehingga dengan jasa transportasi Grab penumpang tidak khawatir terkena macet yang menyebabkan telat sampai tempat tujuan. Mengorder jasa transportasi online Grab dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja karena Grab tidak mangkal di suatu tempat tertentu.

Baca juga:

Driver Grab biasanya merapat di daerah yang menurut mereka ramai dengan calon orderan penumpang.  Grab pantas juga dijadikan sebagai pekerjaan sampingan karena waktu yang digunakan untuk bekerja dapat disesuaikan sendiri dengan waktu luang yang dimiliki setelah pekerjaan pokok dikerjakan. Penghasilan yang didapat dari driver Grab juga cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Namun pendapatan yang didapatkan saat ini tidak sebanyak dulu ketika Grab pertama kali di buka untuk layanan jasa transporatsi umum masyarakat. Driver Grab banyak diminati karena syarat yang harus dipenuhi juga tidak susah, tidak perlu keahlian khusus untuk menjadin driver Grab.

Cara daftar jadi mitra Grab

Mendaftar menjadi mitra Grab dapat dilakukan langsung dengan mendatangi kantor Grab atau bisa juga mendaftar secara online melalui WA http://bit.ly/WAdaftargrabonline. Dari kebanyakan pendaftar memilih mendaftar melalui media online karena dianggap lebih efektif dan efisien.

Mendaftar menjadi driver Grab memerlukan data diri dan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya sebagai berikut:

  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

KTP harus sesuai dengan domisili Anda

  • Foto kopi Surat Ijin Mengemudi (SIM) A/B/B1/C

Bagi Anda yang ingin menjadi driver Grab harus memiliki SIM yang masih berlaku. Jika SIM yang Anda miliki sudah tidak berlaku lagi, Anda harus melakukan perpanjangan masa berlaku SIM tersebut.

  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK juga sering disebut dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB). Surat keterangan ini dikeluarkan oleh Polri yang menjelaskan orang tersebut sudah pernah terlibat dalam tindak pidana atau belum.

  • Surat Keterangan Nomor Kendaraan (STNK)
  • Pas foto 4×6 sebanyak 6 lembar berlatar belakang warna polos
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak buta huruf
  • Memiliki smartphone Android yang memiliki sistem operasi minimal versi KitKat 4.4 supaya mendukung pengunduhan aplikasi untuk driver Grab dan dituntut bisa mengoperasikan aplikasi tersebut.
  • Memiliki kendaraan yang sesuai dengan ketentuan, kendaraan yang digunakan tahun 2018 ini maksimal dibuat pada tahun 2011. Masih layak pakai dan penumpangan harus merasa aman dan nyaman saat menumpanginya.

Akan tetapi, dari persyaratan di atas biasanya yang menjadi kendala mendaftar driver Grab yaitu tidak mempunyai atau sudah punya Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. SKCK dapat menyusul karena dari pihak Grab memberikan toleransi selama 14 hari dihitung sejak pertama kali melakukan pendaftaran. Yang terpenting calon driver Grab tetap menyerahkan SKCK-nya terhadap pihak Grab sebab hal ini merupakan hal terpenting.

Apabila dalam kurung waktu 14 hari tersebut pendaftar tetap belum menyerahkannya, maka pihak Grab akan membekukan akun calon driver Grab. Lakukan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polsek atau Polres yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Cara untuk membuat surat keterangan ini tidaklah sulit. Anda hanya diminta untuk menyiapkan beberapa berkas. Kemudian Anda harus melakukan dengan cara sebagai berikut:

Syarat Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Bagi calon driver Grab yang sudah mempunyai SKCK tetapi habis masa berlakunya, proses mengurus perpanjangan masa berlaku SKCK tersebut tidak sulit seperti pembuat pemula jika berkas dan foto yang diperlukan sudah tersedia. Di bawah persyaratan yang harus disiapkan untuk membuat SKCK bagi pemula:

  • Surat penghantar dari kelurahan atau balai desa
  • Foto kopi Surat Ijin Mengemudi (SIM)
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sesuai dengan domisili calon driver yang tertera pada surat penghantar dari kantor kelurahan atau balai desa
  • Foto kopi Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir
  • Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar berlatar belakang warna merah
  • Kartu identitas sidik jari, untuk membuat kartu identitas sidik jari diperlukan beberapa persyaratan di antaranya:
  • Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar dan pas foto ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar
  • Surat pengantar dari kelurahan sesuai domisili pemohon

Apabila calon driver Grab pernah membuat SKCK sebelumnya tetapi habis masa berlakunya, persyaratan-persyaratan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang lama
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu identitas sidik jari
  • Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 1 lembar berlatar belakang berlakang warna merah

Jika semua persyaratan sudah  berhasil Anda penuhi, calon driver Grab datang ke Polsek atau Polres pada hari kerja yaitu hari Senin-Jumat sekitar pukul 08.30-15.00. Setelah sampai di Polsek atau Polres, Anda langsung menuju ke loket pembuatan SKCK dengan memasukkan berkas persyaratan. Lalu Anda diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan pihak Polsek atau Polres tersebut. Proses pembuatan SKCK tidak membutuhkan waktu lama, yang membuat proses menjadi lama yakni antriannya.

Selanjutnya….

Anda akan diminta untuk mengambil sidik jari, Anda dimintai membayar biaya pengambilan sidik jari sebesar 5000 rupiah (biaya ini tergantung kebijakan Polsek atau Polres setempat). Setelah semua proses Anda lalui, Anda dimita untuk membayar biaya administrasi dan tunggulah beberapa menit untuk menunggu panggilan. Jika SKCK sudah jadi,maka SKCK langsung akan diberikan kepada Anda dan surat tersebut dapat digunakan untuk syarat pendfataran sebagai driver Grab.

Anda dapat segera melakukan pendaftaran maupun menyusulkan SKCK jika memang sudah melakukan pendaftaran sebelumnya namun belum ada lampiran SKCK. Tunggulah hingga pihak Grab memanggil Anda untuk memberi tindak kelanjutan dari pendaftaran diri Anda menjadi driver Grab.

Dengan demikian telah dijelaskan bahwa mendaftar menjadi driver Grab akan tetapi belum memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tetap bisa dilakukan. Namun, pihak Grab hanya memberi kebijakan selama 14 hari untuk pendaftar driver Grab menyusulkan SKCK tersebut. Jika dalam waktu 14 hari SKCK belum diserahkan, makan akan dihapus akun pendaftar.

Daftar Grab Tanpa SKCK, Ini Solusi dan Caranya! | wahyusetiawan | 4.5