Daftar Grab Bayar Berapa? Biaya Bisa Gratis!

Semakin lama jumlah peminat profesi driver Grab memang semakin banyak. Tetapi rata-rata calon driver masih ragu-ragu mendaftar karena bertanya-tanya sebenarnya daftar Grab bayar berapa. Hal ini dilatar-belakangi oleh berbagai berita tentang biaya pendaftaran yang mencapai ratusan ribu rupiah. Apakah informasi nominal ini akurat? Berapa biaya persisnya?

Daftar Grab Bayar Berapa?

Seperti halnya melamar pekerjaan lainnya, pelamar sebenarnya tidak perlu membayar biaya pendaftaran kecuali berbagai biaya yang harus dikeluarkan sendiri untuk menyediakan syarat-syarat seperti membuat SIM, SKCK, dan persyaratan lainnya. Demikian pula pihak Grab sebenarnya tidak pernah memberikan kewajiban kepada pelamar untuk membayar biaya pendaftaran.

Daftar grab bayar berapa sebenarnya?

Pihak Grab hanya memberikan syarat-syarat umum yang wajib diserahkan pelamar saat mendaftar sebagai driver baik untuk Grab Bike maupun Grab Car. Beberapa persyaratan dokumennya meliputi:

  • Asli dan fotokopi KTP, SIM C atau A atau SIM lain yang akan digunakan, KK, dan STNK kendaraan yang akan digunakan.
  • SKCK asli.
  • Polis asuransi bagi driver Grab Car.

Seluruh persyaratan tersebut di atas merupakan dokumen yang harus diberikan saat mendaftar. Selain persyaratan dokumen, ada beberapa persyaratan umum lainnya, seperti:

  • Pelamar merupakan WNI yang masih dalam usia produktif atau maksimal lahir tahun 1963.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bisa membaca dan menulis.
  • Kendaraan memenuhi syarat dan kriteria.
  • Berusia 21-50 tahun, atau di atas 50 tahun dengan surat keterangan sehat dari dokter.
  • Surat keterangan domisili apabila alamat KTP berbeda dengan alamat tinggal.
  • Menggunakan hp GSM dengan RAM minimal 1 GB.

Selain syarat-syarat tersebut di atas, Grab tidak meminta syarat lainnya. Pendaftar tinggal melampirkan dokumen dan memastikan memenuhi seluruh persyaratan untuk bisa mendaftar dan mengikuti seleksi. Jadi kalau ada yang bertanya berapa biaya daftar Grab, jawabannya sebenarnya adalah gratis.

Baca juga:

Apa Benar Gratis?

Iya. Tidak ada biaya pendaftaran bagi yang ingin melamar menjadi driver Grab Bike maupun Grab Car. Tetapi memang tidak berarti calon driver tidak akan mengeluarkan biaya sama sekali.

Seperti sudah disinggung di atas, beberapa persyaratan dokumen memang harus disiapkan dan ini tentu saja memerlukan biaya. Apalagi kalau pelamar belum memiliki dokumen tersebut sama sekali. Tetapi ini berarti biaya pribadi, bukan biaya pendaftaran yang diminta oleh Grab.

Setelah terdaftar dan memiliki akun, driver memang akan perlu melakukan top up saldo. Top up saldo ini gunanya untuk mempermudah memulai transaksi. Top up saldo yang diperlukan adalah sebesar Rp 100.000,00. Saldo ini tidak diberikan kepada pihak Grab, tetapi akan menjadi milik driver. Saldo ini akan tertulis di akun driver untuk kemudian bisa digunakan oleh driver saat bekerja. Jadi saldo ini tidak bisa dikategorikan sebagai biaya daftar Grab.

Biaya top up saldo ini yang sering menjadi salah paham. Beberapa calon driver berpikir bahwa mereka perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 100.000,00 untuk bisa mendaftar menjadi driver Grab. Padahal, uang tersebut untuk top up saldo yang akan digunakan oleh driver sendiri, bukan untuk dibayarkan untuk keuntungan Grab.

Kenapa Ada Yang Membayar Saat Mendaftar?

Ini bukan berita baru. Ada banyak driver yang mengeluh bahwa mereka perlu mengeluarkan biaya untuk sekadar mendaftar dan mengikuti seleksi sebagai driver Grab. Hal ini pun memang terjadi. Kok bisa?

Adanya agen resmi

Beberapa agen resmi yang digandeng oleh Grab, seperti agen Kudo dan Paytren, memang melayani pendaftaran driver. Mereka akan menerima komisi sekitar Rp 150.000,00 untuk setiap driver yang aktif bekerja di Grab. Sedangkan proses pendaftarannya benar-benar gratis. Paytren dan agen Kudo tidak akan meminta bayaran karena dari komisi saja mereka sudah mendapat keuntungan.

Beberapa calon driver yang diminta bayaran ini sebenarnya bertransaksi dengan agen-agen yang nakal. Melihat jumlah peminat posisi pekerjaan ini, beberapa agen mencoba mendapat keuntungan lebih banyak dengan memberikan tarif pendaftaran.

Kalau diamati, tidak ada standar biaya sehingga nilainya bisa berbeda di tiap agen. Ada yang memasang tarif Rp 100.000,00 hingga Rp 250.000,00. Biaya ini tidak ada hubungannya dengan perusahaan Grab karena akan masuk ke kantong pemilik agen itu sendiri.

Cara Mendaftar Grab Gratis

Mengingat bahwa pendaftaran driver Grab itu gratis, ada baiknya para pelamar selektif saat akan mendaftar. Seperti sudah disinggung di atas, ada beberapa cara untuk mendaftar menjadi driver dengan gratis. Pilihannya antara lain:

  • Mendaftar Melalui Agen Paytren atau Kudo

Kalau ingin mendaftar melalui agen, pastikan untuk mendaftar pada agen resmi Paytren atau Kudo yang memang tidak meminta biaya pendaftaran. Sebelum mendaftar melalui agen tersebut, ada baiknya pelamar bertanya dulu apakah ada biaya yang diminta. Kalau ada, cari agen lain yang tidak meminta biaya pendaftaran.

Cara mendaftar grab gratis dengan mengisi form

Pasti ada agen yang jujur dan berintegritas. Mengingat ada banyak mitra yang menjadi agen, pelamar tidak akan kehabisan alternatif bantuan untuk mendaftar tanpa biaya.

Alternatif ini menjadi pilihan favorit terutama bagi para driver yang belum terbiasa dengan prosedur online. Selain cara ini lebih sederhana bagi mereka, pelamar juga tidak berisiko salah foto atau salah upload.

  • Mendaftar Secara Online

Pendaftaran ini akan dilakukan langsung secara online di website Grab. Pelamar memang harus membuat akun lebih dulu agar bisa mendaftar. Membuat akun online ini sederhana saja, sama seperti mendaftar di sosial media. Jadi, calon driver muda pasti bisa.

Setelah itu, pelamar harus mengunggah dokumen dan persyaratan. Caranya, dokumen asli difoto, lalu foto tersebut diunggah di bagian yang sudah disediakan secara online. Setelah itu, pelamar tinggal menunggu notifikasi dari Grab saja.

Jadi kesimpulannya, mendaftar menjadi driver Grab, baik Bike maupun Car, itu gratis. Tidak ada biaya yang harus dibayarkan tetapi memang ada pengeluaran Rp 100.000,00 untuk top up saldo yang akan menjadi hak driver.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.