Cara Menggunakan Kode Promo Grab Untuk Semua Layanan

By | 28 Agustus 2019

Popularitas Grab beberapa waktu terakhir meningkat drastis, bersamaan dengan bertambahnya jumlah pengguna secara signifikan. Namun, masih banyak kostumer yang belum tahu cara menggunakan kode promo Grab. Padahal, kode tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan diskon. Ada beberapa cara berbeda untuk memanfaatkan promo yang biasanya berupa voucher atau cashback tersebut.

Cara Menggunakan Kode Promo Grab Untuk Semua Layanan

6 Cara Menggunakan Kode Promo Grab

Sesyai dengan berbagai layanannya, berikut ini beragam cara menggunakan kode promo Grab.

1. Via Halaman My Rewards

cara menggunakan kode promo grabfood

Cara pertama untuk menggunakan kode promo dari Grab adalah dengan mengunjungi halaman My Rewards. Di halaman tersebut, terdapat voucher-voucher promosi yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk berbagai layanan yang ditawarkan Grab. Karena berbentuk voucher, pelanggan tidak perlu lagi memasukkan kode secara manual. Tapi, dari mana sumber voucher-voucher tersebut?

  • Grab memberikan secara gratis berkat loyalitas pengguna bersangkutan. Baik karena rajin menggunakan layanan Grab, kerap melakukan transaksi non tunai, atau sudah lama terdaftar sebagai pengguna.
  • Bonus untuk transaksi transaksi tertentu di aplikasi sehingga mendapatkan potongan harga atau free service dari Grab. Contohnya, pengguna melakukan pembayaran tagihan PLN dengan nominal lebih dari Rp200.000,-. Biasanya, Grab memberikan cashback 10 – 20% dalam bentuk voucher yang harus di-redeem lebih dulu agar berubah menjadi saldo akun.
  • Penukaran poin pengguna untuk mendapatkan rewards sesuai keinginan, dapat berupa potongan biaya GrabBike, Car, Food, dan lain-lain. Poin itu didapatkan pengguna setiap kali transaksi di aplikasi dan dapat ditukar aneka voucher setelah mencapai jumlah tertentu.

Lalu, bagaimana cara menggunakan atau redeem voucher promo dari Grab lewat halaman My Rewards?

  1. Buka aplikasi Grab, klik menu Rewards di sudut kanan atas. Bisa juga dengan memilih menu ‘Saya’, kemudian klik halaman yang dimaksud. My Rewards biasanya ditampilkan dengan ikon mahkota.
  2. Selanjutnya, cara menggunakan kode promo Grab adalah dengan memilih voucher layanan yang diinginkan. Anda hanya perlu meng-klik sekali saja.
  3. Anda akan langsung dialihkan ke halaman layanan sesuai voucher promo yang dipilih. Bisa ojek, taksi, maupun makanan online.
  4. Kode promo akan langsung tampil sehingga Anda tidak perlu lagi memasukkan secara manual.

2. Langsung Melalui Layanan Grab Yang Dibutuhkan

Metode kedua penggunaan kode promo adalah melalui layanan Grab terkait. Melalui cara yang satu ini, Anda juga bisa mengetahui aneka promosi yang tidak tampil di halaman utama aplikasi dan khusus di layanan. Saat ini, Grab sendiri memiliki lima layanan utama, yaitu :

  • GrabBike atau ojek online sepeda motor.
  • GrabCar atau taksi online mobil dengan kapasitas 4-6 orang penumpang tergantung jenis mobil yang digunakan pengemudi.
  • GrabFood atau restoran online di mana tersedia daftar rumah makan rekanan Grab. Pengguna bisa bebas memesan lewat aplikasi, pengemudi Grab yang akan berangkat, melakukan order langsung, kemudian mengantarkan ke rumah konsumen.
  • GrabExpress atau layanan pengiriman barang / kurir kilat dengan driver sepeda motor sebagai pengantar. Layanan ini biasanya dibutuhkan konsumen untuk keperluan pengiriman barang dalam kota atau antar kota dengan tenggat waktu singkat.
  • GrabPulsa / Token yaitu layanan isi pulsa dan token PLN online.
  • GrabTagihan khusus untuk pembayaran PLN dan provider seluler pascabayar, internet, BPJS dan lain-lain.

a. GrabBike & GrabCar

cara menggunakan promo grab di aplikasi terbaru

Transportasi online merupakan pondasi utama dari Grab. Sehingga, layanan GrabBike dan GrabCar masih menjadi jasa yang paling banyak digunakan dari start up tersebut. Tentunya, mendapatkan promo untuk layanan Grab yang sering digunakan sangat membantu bagi pelanggan setia. Jadi, cara menggunakan kode promo Grab untuk GrabBike dan GrabCar sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Grab dan pilih menu GrabBike atau GrabCar.
  • Ketikkan lokasi tepat penjemputan serta tempat tujuan.
  • Klik kolom berwarna hijau dengan tulisan booking atau pesan.
  • Anda akan dialihkan ke halaman pembayaran. Bisa menggunakan uang tunai maupun saldo atau poin OVO. Di deret bagian bawah yang menampilkan nominal serta metode pembayaran, tepat di sampingnya terdapat kolom kode promo.
  • Jika kolom tersebut otomatis sudah terisi kode promosi, Anda tinggal menyelesaikan pemesanan. Tapi jika belum atau ingin mengganti kode dengan besaran diskon lebih, silakan klik kolom itu.
  • Ketikkan secara manual kode yang ingin digunakan. Untuk daerah Jawa Timur misalnya, bisa menggunakan kode JATIMLURHEMAT. Ketika voucher sudah ditampilkan, klik tab ‘Use Now’ atau ‘Gunakan Sekarang’.
  • Voucher akan otomatis bisa digunakan dan besaran tarif layanan akan dikurangi sesuai ketentuan promo.

b. GrabFood

cara memasukkan kode promo grab versi baru

Sebelumnya, layanan Grab yang satu ini kalah telak dibandingkan kompetitor kuatnya. Baik dari segi kelengkapan mitra maupun interface layanan, sehingga tidak banyak konsumen yang tertarik. Namun, berkat promo diskon besar-besaran, GrabFood kini menjadi salah satu layanan andalan. Bagaimana cara mengaplikasikan promo untuk diskon GrabFood?

  • Akses menu GrabFood dari aplikasi Grab Anda.
  • Pilih stand yang diinginkan, kemudian lanjutkan dengan memilih menu.
  • Setelah selesai, klik kolom hijau di bagian bawah untuk masuk ke menu total pemesanan.
  • Di kolom samping total dan metode pembayaran, ada kolom berisi kode promo yang bisa terisi otomatis oleh pihak Grab. Namun, bisa juga diisi secara manual.
  • Jika ingin mengisi manual, silakan klik kolom tersebut, kemudian ketik kode promo yang Anda ketahui. Contohnya BAKULSBYOVO, GRABFOOD5, dan lain-lain.
  • Redeem voucher yang muncul, maka otomatis kode promo berikut nominal diskon akan langsung dikalkulasikan dengan besaran total pesanan.

c. GrabExpress

cara memasukan kode promo grab di aplikasi terbaru

Layanan ini baru dari Grab, sehingga perusahaan memang sedang gencar mempromosikannya. Cara menggunakan kode promo Grab untuk layanan pengiriman barang kilat ini adalah sebagai berikut :

  • Pilih menu GrabExpress dari jendela aplikasi.
  • Isi data-data yang diwajibkan, seperti identitas pengirim dan penerima serta deskripsi barang yang dikirim. Sebagai catatan, Grab tidak membenarkan pengiriman binatang dan mayat.
  • Klik booking untuk dialihkan pada detail pesanan dan total biaya.
  • Ketika sudah menemukan kolom kode promo di samping nominal pembayaran, masukkan kode secara manual. Contohnya kode promo ANTAR.
  • Selesaikan pesanan, tunggu driver melakukan proses pengiriman.

d. GrabPulsa

Grab juga menawarkan isi ulang elektronik mudah untuk kartu seluler pelanggan, baik berupa pulsa reguler maupun paket data. Untuk layanan yang satu ini, Grab konsisten menawarkan promo setiap hari Selasa dan ketika minggu gajian tiba. Sayangnya, tidak ada kode promo yang bisa dimasukkan manual untuk pemesanan via Grab.

Perusahaan biasanya memberikan diskon langsung berupa cashback hingga 50% saat pembelian pada hari-hari tersebut. Jadi, Anda harus melakukan transaksi pembelian pulsa seperti biasa. Kemudian, setelah proses selesai, Anda akan mendapatkan notifikasi cashback yang bisa Anda redeem dari halaman My Rewards. Setelah redeem, otomatis saldo Grab akan bertambah.

Di halaman GrabPulsa ini juga baru saja ditambahkan opsi pembelian token listrik prabayar. Untuk promo diskon dan cara redeem-nya, sama persis dengan transaksi pembelian pulsa via Grab. Nominal token yang ditawarkan oleh Grab sangat variatif, mulai dari Rp20.000,- hingga Rp1.000.000,-.

e. GrabBills

Layanan Grab yang satu ini berorientasi pada pembayaran tagihan seperti listrik dan provider seluler pascabayar, internet, asuransi, dan lain-lain. Biasanya, untuk GrabBills, promo sangat terbatas. Mayoritas hanya terjadi saat rentang waktu gajian pelanggan. Lantas, seperti apa sih cara menggunakan kode promo Grab yang satu ini?

  • Masuk ke menu layanan Bills / Tagihan di Grab.
  • Silakan pilih salah satu dari tagihan yang hendak dilunasi. Sebagai contoh, pilih saja tagihan listrik pascabayar.
  • Masukkan nomor rekening listrik dengan benar. Jika tidak ada masalah, nama pemilik rekening berikut nominal yang harus dibayar akan muncul.
  • Lanjutkan ke jendela pembayaran. Anda akan dikenakan biaya tambahan berupa fee administrasi.
  • Sama seperti cara-cara yang lain, masukkan kode promo secara manual bila tidak teraplikasi otomatis. Untuk kode promo layanan bills, contohnya dapat menggunakan HOREGAJIAN atau OVOPAYDAY. Anda bisa memastikan kode yang tepat di halaman utama atau biasanya disebarkan oleh Grab via inbox.
  • Total pembayaran akan dikurangi diskon sesuai nominal voucher. Umumnya, Grab menawarkan diskon sebesar 60% dengan maksimal potongan Rp25.000,- dan hanya berlaku untuk 1x transaksi.

Gagal Pengaplikasian Kode Promo

Karena pengguna Grab semakin menjamur, Anda mungkin akan mengalami situasi gagal redeem. Keterangan yang muncul biasanya :

  1. Sorry, this voucher is fully redeemed atau kuota voucher telah habis. Grab memang menerapkan sistem kuota untuk redeem Jadi, bila Anda mendapati pesan seperti itu, jangan langsung berkecil hati. Sebab, Anda masih bisa mengulanginya esok hari selama voucher tidak kedaluwarsa.
  2. You’ve not reached minimum transaction for this voucher atau Anda belum memenuhi minimal nominal transaksi untuk penggunaan voucher tersebut. Beberapa voucher memang memiliki aturan transaksi minimal agar dapat digunakan. Jadi, pastikan total transaksi Anda memenuhi syarat.
  3. You’ve reached maximum exceeded for this voucher yang berarti Anda sudah melampaui jumlah maksimum pengaplikasian kode promo. Biasanya, satu kode promo memang memiliki batas penggunaan oleh satu akun yang sama. Umumnya untuk GrabFood, satu kode berlaku 2x, sedangkan layanan Bike dan Car 6-7x penggunaan.

Kalau mendapati situasi tersebut, Anda bisa mencari alternatif kode promo lain. Caranya bisa dengan bertanya pada sesama pengguna setia Grab, melalui website penyebar informasi voucher promo, atau inbox promosi langsung dari pihak perusahaan. Untuk yang terakhir itu sendiri biasanya masing-masing akun mendapatkan kode promo berbeda.

Tips Agar Sering Mendapatkan Promo Grab

Bagaimana sih cara supaya sering mendapatkan promo dari Grab, terutama notifikasi secara pribadi? Berikut tipsnya :

  1. Rajin menggunakan berbagai layanan yang tertera di aplikasi Grab. Semakin loyal Anda, maka semakin tinggi pula apresiasi dari pihak perusahaan.
  2. Melakukan update aplikasi secara berkala, karena biasanya notifikasi promo tidak mau muncul jika versi aplikasi Grab yang digunakan bukan yang terbaru.
  3. Aktif memantau sosial media resmi Grab dan berpartisipasi saat diadakan kuis.
  4. Sering mencari informasi kode promo terbaru Grab dari website penggemar diskon. Minimal satu minggu sekali.

Menggunakan Kode Promo dengan Bijak

Kemudahan dalam mendapatkan serta cara menggunakan kode promo Grab biasanya membuat pengguna kemudian bertransaksi tanpa pikir panjang. Hal tersebut berujung dengan pengeluaran yang tidak terkontrol, bahkan meskipun sudah mendapatkan diskon dari Grab. Jadi, sebaiknya tetap bijak dan benar-benar memperhitungkan prioritas kebutuhan sehingga tidak semata-mata tergiur oleh promo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.