Cara Menggunakan Aplikasi Grabcar Driver, Simple Banget!

By | 15 September 2019

Aplikasi Grabcar untuk driver memiliki perbedaan dengan Grabcar untuk penumpang. Pada aplikasi Grabcar untuk Driver, terdapat menu khusus yang berfungsi untuk menerima pesanan hanya dari pengguna Grab. Jika Anda tertarik menjadi pengemudi Grabcar, Anda sebaiknya memahami dulu cara menggunakan aplikasi Grab untuk pengemudi. Berikut ulasan terkait bagaimana cara menggunakan aplikasi Grabcar driver.

Cara Menggunakan Aplikasi Grabcar Driver

Cara Menggunakan Aplikasi Grabcar Driver

Grabcar Aplikasi Rental Mobil Modern

Perusahaan penyedia layanan transportasi online, Grab, selain memiliki layanan Grabike untuk motor, juga memiliki layanan Grabtaxi dan Grabcar. Lalu apa perbedaan antara Grabtaxi dengan Grabcar?

Meski sama-sama berada dalam naungan Grab, Grabcar dan Grabtaxi memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Grabcar merupakan layanan taksi online tetapi menggunakan mobil pribadi yang memiliki plat hitam. Sedangkan Grabtaxi merupakan layanan taksi onilne yang memiliki afiliasi dengan taksi konvensional yang memiliki plat kuning.

Perbedaan lain pada Grabcar dan Grabtaxi terletak pada tarifnya. Tarif perjalanan memakai Grabcar bisa dikatakan lebih murah dibandingkan tarif Grabtaxi. Hal ini dikarenakan tidak adanya pajak yang dikenakan untuk Grabcar. Sedangkan tarif Grabtaxi sama dengan tarif taksi konvensional, sehingga menjadi relatif lebih mahal dibandingkan Grabcar.

Karena tarif yang terjangkau ini, Grabcar difavoritkan oleh masyarakat. Terlebih untuk bepergian dengan jumlah orang lebih dari satu, memakai Grabcar cukup efektif dan efisien. Peluang ini tentunya menarik untuk menjadikan Grabcar sebagai salah satu sumber penghasilan.

Cara Menggunakan aplikasi Grabcar Driver

Seperti yang sudah disampaikan di awal, aplikasi Grabcar untuk pengemudi memiliki perbedaan dengan aplikasi untuk penumpang. Untuk cara pakai aplikasi Grabcar driver, berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Aplikasi Grabcar Driver

Aplikasi Grabcar Driver

  1. Jika Anda sudah menginstal aplikasi Grab driver di ponsel, maka buka aplikasi tersebut.
  2. Anda akan menemui tampilan dengan ucapan, “Selamat Datang Kembali”. Jika Anda sudah pernah login, maka tinggal masukkan email atau id yang pernah Anda gunakan. Namun jika belum, Anda harus mendaftar dahulu melalui e-mail.
  3. Setelah itu, akan muncul icon power yang bisa di on/off-kan. Tanda aplikasi Anda dalam mode on, yakni berwarna hijau. Jika sudah begitu, Anda dapat tersambung ke layanan.
  4. Di sebelah icon power tersebut terdapat penanda untuk menentukan apakah Anda tersambung atau tidak tersambung ke layanan pemesanan. Jika statusnya tidak tersambung, tekan icon tersebut sampai berubah menjadi hijau. Warna hijau menandakan Anda sedang menunggu pesanan masuk.
  5. Jika pesanan sudah masuk dalam akun, segeralah ambil. Sebab jika Anda terlewat selama 10 detik, maka pesanan tersebut akan melayang.
  6. Chat atau telepon penumpang Anda untuk memastikan bahwa penumpang memberikan lokasi yang tepat. Jika pun kurang tepat, jaraknya tidak terlampau jauh.
  7. Jika Anda tidak mengetahui lokasi tepat penumpang, Anda tekan saja icon pesawat pada bagian bawah layar. Icon tersebut merupakan GPS yang dapat memberi petunjuk kepada Anda mengenai lokasi penumpang.
  8. Jika Anda sudah sampai, Anda klik icon ‘Sampai’ dan kirimlah pesan singkat pada penumpang Anda. Akan lebih baik jika memberitahukan kendaraan yang Anda gunakan.
  9. Bila kurang memahami lokasi tujuan Anda, tekanlah icon pesawat lagi untuk menunjukkan petanya. Jika sudah tiba, maka klik icon Selesai, dan tarif bagi penumpang akan tertera di layar smartphone Jika digunakan kode promo, maka tarif untuk penumpang akan otomatis dipotong sesuai promo yang digunakan.

Hal Lain yang Penting Diketahui Tentang Grabcar

Jika Anda berminat menjadi mitra atau pengemudi Grabcar, ada baiknya mengerti sistem pembagian ‘gajian’ di perusahaan tersebut. Ketika telah terdaftar sebagai mitra Grabcar, Anda wajib melakukan pengisian saldo token sebagai pengemudi. Lalu saat ada pesanan yang masuk, token yang Anda miliki akan terpotong secara otomatis. Besarnya potongan umumnya sebesar 10-15%, disesuaikan dengan tarif yang berlaku.

Selain berasal dari tarif, penghasilan pengemudi Grabcar juga berasal dari bonus yang diberikan. Bonus Grabcar didapatkan dalam setiap minggu. Untuk bisa mendapat bonus, pengemudi harus mendapat pesanan dengan jumlah minimal Rp2.500.000. Jika sudah memenuhi jumlah minimal tersebut, pengemudi akan mendapat bonus sebesar Rp1.160.000.

Meski bonusnya menggiurkan, masih ada beberapa syarat lain untuk mendapat bonus mingguan tersebut. Syarat itu, seperti pengemudi Grabcar harus mendaftar melalui rental yang memang menjadi tangan kanan perusahaan Grab. Jika demikian, bonus mingguan Anda akan dikenakan potongan sebesar 10%.

Sekian ulasan mengenai cara menggunakan aplikasi Grabcar driver. Anda tertarik untuk menjadi bagian dari mitra Grabcar? Jika Anda tertarik, dan merasa telah memenuhi syarat sebagai Grabcar driver, segeralah mendaftarkan diri. Hitung-hitung sebagai penghasilan tambahan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.