Cara Mengetahui Daerah Ramai Order Grabbike, Penting buat Driver!

Cara Mengetahui Daerah Ramai Order Grabbike – Grabbike adalah salah satu layanan transportasi online yang menitikberatkan pada pelayanan dengan menggunakan kendaraan bermotor beroda 2. Hadirnya jasa transporatsi online ini memberikan angin segar bagi masyarakat karena dapat memberikan kemudahan dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Menjamurnya layanan trasnsportsi online berdampak pada tingginya tingkat persaingan antar pengemudi atau driver Grabbike.

Untuk mendapatkan penumpang para driver harus mempunyai trik dan mengetahui daerah mana-mana saja yang ramai dengan orderan Grabbike. Hal ini tentu bukan menjadi suatu perkara yang mudah. Terlebih jika driver tidak mengetahui point penting dalam menentukan spot teramai untuk mendapatkan penumpang. Informasi berikut akan memberikan panduan cara mengetahui daerah ramai Grabbike bagi para driver.

1. Kenali Tempat Strategis

Lokasi yang strategis

Tempat strategis yang dimaksud adalah daerah yang ramai akan pengunjung. Pengunjung ini diharapkan akan menjadi calon penumpang potensial yang akan memesan jasa layanan Grabbike melalui aplikasi pada smartphone. Driver perlu tahu beberapa tempat strategis yang dapat memberikan peluang order terbesar, seperti stasiun, terminal, bandara, rumah sakit, kantor pos, pusat grosir, pasar modern, kantor pelayanan masyarakat danĀ  yang lain-lain.

Baca juga:

Ada berbagai macam tempat strategis yang dapat dijadikan tempat acuan untuk mencari penumpang. Tempat ini menyediakan peluang besar bagi driver untuk mencari penumpang yang efektif.

2. Dengan Memanfaatkan Fitur Heatmap

Manfaatkan heat map

Fitur Heatmap adalah fitur yang diberikan aplikasi Grab pada driver Grabbike. Dengan mengaktifkan fitur Heatmap pada aplikasi Grab, driver bisa mendapatkan informasi mengenai daerah mana saja yang berpotensi mendapatkan penumpang terbanyak dengan indikator warna. Ada 3 warna yang digunakan sebagai indikator, yaitu merah, kuning dan hijau.

Warna merah mengindikasikan daerah dengan potensi penumpang sangat amat tinggi dan ketersediaan driver Grabbike pada daerah ini sangat amat rendah. Warna kuning mengindikasikan daerah dengan potensi penumpang sangat tinggi dan ketersediaan driver Grabbike sangat rendah. Sedangkan warna hijau mengindikasikan daerah dengan potensi penumpang yang tinggi dan ketersediaan driver Grabbike kurang.

Fitur Heatmap memberikan arahan atau acuan bagi driver Grabbike untuk mendapatkan titik spot yang ramai order.

3. Kenali Jam Sibuk

Seringkali rutinitas diawali dan diakhiri dengan jam tertentu, seperti pada pagi hari, siang hari , sore hari maupun malam hari. Ada baiknya para driver Grabbike mengenali pola jam-jam sibuk yang dapat menjadi indikasi besarnya peluang dalam mendapatkan penumpang.

Pada pagi hari dimulai pukul 05.00- 08.00 WIB para pegawai kantor dan anak sekolah akan bersiap-siap berangkat menuju tempat tujuan masing-masing. Pada jam ini, para driver harus siap dengan menyalakan aplikasi dan bergerak menuju area perumahan ataupun perkampungan padat penduduk. Sistem aplikasi akan memberikan orderan kepara driver dengan jarak terdekat dari alamat si awal penumpang.

Begitupun dengan siang hari, sekitar pukul 13.00- 14.00 WIB adalah waktu bagi anak sekolah untuk pulang ke rumah. Di waktu ini, sebaiknya para driver mendekat ke area sekolah agar kemungkinan untuk mendapatkan peluang orderan akan menjadi semakin tinggi. Begitu pula dengan sore hari, sekitar pukul 16.00-20.00 WIB adalah waktu bagi para pekerja kantoran untuk bergegas pulang ke rumah masing-masing. Sebaiknya para driver mendekat ke area perkantoran atau pabrik untuk mendapatkan penumpang.

4. Pelajari Pola Untuk Akhir Pekan Dan Hari Kerja

Setiap harinya para driver harus bisa membedakan pola untuk hari kerja dan akhir pekan karena hal ini akan mempengaruhi titik ramai penumpang. Untuk weekdays (senin-jumat) perkantoran, sekolah dan pelayanan masyarakatakan berpeluang besar menjadi titik teramai penumpang, sedangkan untuk weekend (sabtu dan minggu) tentunya mall, tempat wisata, taman kota akan menjadi spot dengan penumpang terbanyak.

Jangan sampai salah mengenali pola spot teramai penumpang untuk weekdays dan weekend ya!

5. Aktif Berpindah Tempat Dari Satu Lokasi Ke Lokasi Lain

Dalam mendapatkan penumpang para driver harus aktif berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Lokasi atau tempat yang dimaksud pastinya adalah lokasi yang muncul di fitur Heatmap sebagai daerah strategis. Dalam prosesnya sistem akan berpihak pada driver yang lebih aktif bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam radius jarak tertentu.

Hindari untuk mangkal di satu titik bersama dengan para driver lain. Karena bisa jadi spesifikasi smartphone yang rendah akan memberikan kinerja yang tidak optimal sehingga driver dengan smrtphone berspeck rendah akan kalah saing dengan driver lain dalam titik yang sama.

6. Cari Titik Terbaik Berdasarkan Riwayat Orderan

Cari titik terbaik

Pastinya para driver pernah mendapatkan orderan yang deras untuk satu hari. Riwayat orderan dapat memberikan informasi waktu dan lokasi strategis dimana penumpang memerlukan jasa driver Grabbike untuk mengantarkan ke tempat tujuan dengan cepat dan selamat.

Untuk mendapatkan tempat yang strategis sebaiknya para driver tidak bergeser jauh dari tempat penjemputan penumpang, karena kemungkinan adanya penumpang di titik itu berpeluang besar mendatangkan orderan bagi driver.

Ada berbagai cara mengetahui daerah ramai Grabbike yang dapat di pratekkan oleh para driver. Cara tersebut antara lain dengan mengenali tempat strategis, dengan memanfaatkan fitur Heatmap, mengenali jam sibuk, mempelajari pola weekend dan weekdays, aktif berpindah tempat dan mencari titik terbaik berdasarkan riwayat orderan driver.

Semoga informasi ini bisa menjadi acuan para driver untuk mengetahui lokasi dengan titik teramai penumpang. Jangan pernah tergoda dengan banyaknya cara curang yang dilakukan olek oknum yang kurang bertanggung jawab ya, semoga dengan mempraktekkan cara diatas dapat mendatangkan keuntungan berlimpah bagi para driver Grabbike!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.