Cara Mengatasi Orderan Sepi Grab, Yang Wajib Diketahui!

Saat ini persaingan driver Grab semakin meningkat, sehingga tak heran jika banyak dari mereka yang mengeluhkan betapa sepinya orderan yang didapat setiap harinya. Sebenarnya, orderan sepi bukan hanya disebabkan karena meningkatnya persaingan antar driver Grab, karena ada beberapa faktor lain yang bisa membuat orderan penumpang menjadi sepi. Oleh karena itu, sebagai driver Anda harus mengetahui dan mengatasi setiap permasalahan yang menyebabkan orderan menjadi sepi. Salah satu cara mengatasi orderan sepi Grab, yakni dengan mengetahui penyebabnya.

Beberapa Penyebab Orderan Grab Menjadi Sepi

Apa dulunya Anda selalu mendapatkan orderan hingga 15 kali dalam sehari? Bagaimana dengan sekarang? Apakah tidak seramai dulu? Akan lebih bijak, sebelum Anda menggunakan cara untuk mengatasi orderan sepi Grab, Anda harus mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu.

Cara mengatasi orderan sepi grab

Pasalnya, ada beberapa faktor penyebab, yang mungkin selama ini belum Anda sadari.

1. Terlalu Sering Mengabaikan / Membatalkan Orderan

Sebagai seorang driver Grab mungkin Anda pernah mengabaikan orderan atau bahkan pernah membatalkan orderan karena beberapa hal, seperti disebabkan karena jarak calon penumpang yang terlalu dekat atau karena calon penumpang akan menggunakan promo pembayaran non tunai. Apa pun alasannya, biasanya karena terlalu sering mengabaikan dan membatalkan orderan membuat rating aplikasi menjadi menurun, sehingga Anda perlu berusaha kembali untuk mengembalikannya pada posisi yang sesuai harapan.

Baca juga:

2. Kesalahan Posisi

Di dalam aplikasi Grab sudah disediakan fitur yang dapat digunakan untuk menentukan spot posisi potensial dalam menerima pesanan penumpang. Apabila seorang driver Grab berada pada posisi yang kurang berpotensi, maka jangan heran jika order yang didapatkan pun menjadi sepi.

Mengatasi order sepi

3. Lupa Untuk Online

Kesalahan tanpa disengaja yang bisa berakibat fatal adalah lupa. Menjadi driver Grab memang diharuskan untuk selalu menyalakan tombol penerima pekerjaan secara online pada aplikasi yang telah disediakan. Nah bagaimana jika sampai lupa untuk menyalakan tombol online? Tentu saja, akibatnya Anda pun akan menantikan hal yang sia-sia, karena order yang diharapkan tak kunjung datang hanya gara-gara Anda lupa untuk selalu online. Jadi, sesekali memang perlu untuk memperhatikan aplikasi Grab dengan seksama.

4. Mengaktifkan Mode Silent (Senyap) Atau Getar

Biasanya ketika menjelang tidur, terutama di malam hari kebanyakan orang akan mengaktifkan mode silent atau getar. Tujuannya, tentu saja agar istirahat tidak terganggu oleh suara notifikasi Hp. Karena kelupaan, bisa saja driver Grab menjadi terus mengaktifkan mode silent atau getar tersebut, sehingga banyak orderan yang terlewatkan. Imbasnya, driver tersebut akan susah untuk mendapatkan orderan selanjutnya, sehingga harus lebih bekerja keras lagi.

5. Menggunakan Perangkat Yang Tidak Mendukung

Teknologi digital saat ini memang sudah semakin canggih saja, yang mana para driver Grab juga dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada, dengan cara harus memiliki perangkat yang mendukung. Ya, setidaknya seorang driver Grab sudah memiliki smartphone yang dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G LTE. Dibandingkan dengan Hp 3G, kemampuan Hp 4G lebih cepat untuk menangkap sinyal, sehingga orderan pun bisa didapatkan dengan lebih cepat. Dianjurkan pula untuk memilih kartu seluler yang bisa memperkuat jaringan 4G LTE yang ada di Hp Anda.

Salah satu cara ampuh mengatasi order sepi Grab, yakni dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah penyebabnya sudah diketahui, kini saatnya untuk intropeksi diri. Apakah beberapa hal yang ada di atas tersebut sering Anda lakukan? Jika iya, maka sudah sepatutnya Anda harus mulai melakukan perubahan.

Lantas, apa saja solusi yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi orderan sepi Grab?

Di saat Anda mengeluhkan sepinya orderan, sehingga jumlah penghasilan semakin menurun, cobalah untuk mengatasi beberapa penyebab yang sudah dituliskan di atas. Namun, Anda harus melakukannya dengan sungguh-sungguh dan harus konsisten. Dengan demikian, orderan pun akan selalu ramai bahkan akan semakin meningkat.

Beberapa Hal Yang Bisa Diterapkan Untuk Mengatasi Orderan Sepi Grab :

  • Jangan Pernah Mengabaikan / Membatalkan 3 Orderan Pertama

Jika ingin mendapatkan orderan yang terus berdatangan, caranya bisa dilakukan dengan tidak mengabaikan / tidak membatalkan tiga orderan pertama, walaupun terkadang mereka adalah penumpang yang menggunakan promo ataupun yang ingin diantar pada rute yang terlalu jauh ataupun terlalu dekat. Sebaiknya, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menolak rejeki yang datang.

  • Selalu Gunakan Fitur Heat Map

Manfaatkan fitur Heat Map, karena fitur ini akan mempermudah Anda untuk mencari dan berada pada posisi tempat mangkal yang ramai, sehingga Anda pun akan lebih mudah untuk memperoleh orderan.

  • Manfaatkan Waktu Dengan Bijak

Jangan jadikan alasan profesi menjadi driver online untuk bersantai. Manfaatkan waktu dengan bijak, jangan terlalu lama untuk beristirahat. Bekerjalah di jam-jam ketika banyak konsumen yang ingin melakukan orderan, biasanya pada jam di pagi hari ketika berangkat sekolah / berangkat kerja, di siang hari ketika jam pulang sekolah dan istirahat kantor hingga di sore hari ketika jam pulang kantor.

  • Menjaga Kualitas Jaringan Hp

Namanya saja bekerja sebagai driver online, tentu saja Anda dituntut untuk menggunakan jaringan internet yang baik dan stabil. Seperti yang sudah dikatakan di atas, penggunaan jaringan internet 4G akan lebih cepat untuk menangkap orderan daripada jaringan internet 3G. Selain itu, pastikan bahwa Anda telah memiliki jumlah kuota yang cukup.

  • Mengaktifkan Aplikasi Grab

Bagaimana ingin mendapatkan banyak orderan grab, jika Anda tak pernah mengaktifkan aplikasinya? Mengaktifkan aplikasi dan pastikan bahwa Anda selalu online ya. Sebab, hal ini juga merupakan bagian dari cara mengatasi orderan sepi grab.

Ketika Anda sudah menerapkan setiap cara dan menghindari setiap hal yang menyebabkan orderan Grab menjadi sepi, maka tidak akan sulit untuk meningkatkan penghasilan seperti halnya yang ada dalam contoh diagram di bawah ini:

Diagram Penghasilan Driver Grab Setelah Menerapkan Cara Untuk Mengatasi Orderan Grab yang Sepi

Penghasilan Driver Grab Setelah Menerapkan Cara Mengatasi Orderan Sepi

Jika ingin mendapatkan peningkatan orderan yang signifikan seperti yang tertera dalam diagram di atas, maka Anda harus selalu rajin menerima orderan. Anda pun harus konsisten dalam bekerja secara profesional. Jangan lupa untuk selalu tepat waktu dan cepat dalam menjemput penumpang. Terapkan juga keramahan dan kesopanan pada setiap penumpang. Dengan demikian, nama Anda sebagai driver Grab pun akan semakin terkenal.

Di samping itu, pastikan pula bahwa Anda selalu berpenampilan rapi, menarik dan juga wangi. Jaga pula kebersihan mobil dan pastikan untuk selalu merawat kondisi mesinnya. Intinya buatlah konsumen merasa nyaman, sehingga akan lebih banyak lagi orderan dan jumlah penghasilan yang bisa diperoleh. Sebab, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih, usaha yang perlu dilakukan pun harus lebih. Gunakan motto bahwa waktu sebagai uang, sehingga jika Anda hanya menghabiskan waktu tersebut untuk bersantai, lantas berapa banyak kerugian yang harus dibayar?

Semua informasi tentang tips dan cara mengatasi orderan sepi Grab sudah Anda kantongi, kini saatnya untuk mempraktekkannya. Semoga Berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.