17 Cara Menaikkan Rating Gojek Agar Makin Laris Pesanan

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan menjadi driver gojek. Apalagi jika Anda tahu cara menaikkan rating gojek. Jika profesi ini diseriusi, gajinya cukup besar bahkan bisa menyamai pekerja kantoran. Selain itu, ada pula bonus untuk setiap trip bagi Anda. Di sinilah pentingnya rating seorang driver gojek.

Cara Menaikkan Rating Gojek

Pentingnya Cara Menaikkan Rating Gojek

Sebagai Bukti Penilaian dari Penumpang

Rating berarti merupakan penilaian yang diberikan oleh pelanggan atas pelayanan driver Gojek. Jadi, rating ini layaknya testimoni yang menunjukkan bahwa driver sudah memberikan layanan yang terbaik. Sama halnya jika layanan Anda tidak memuaskan, misalnya seperti tidak tepat waktu, maka rating yang didapat juga tidak bisa tinggi..

Bisa Mendapatkan Bonus Harian dan Jaminan Argo

Jika setidaknya Anda memiliki rating minimal, maka hal tersebut memudahkan Anda untuk mendapatkan insentif dari bonus harian, serta jaminan Argo. Namun, apabila rating Anda rendah, maka ada sanksi menurut ketentuan dari Gojek. Bisa jadi akan ada pula pemutusan hubungan kerja, sehingga Anda tidak bisa mencairkan saldo Gojek.

Kunci Penting Sebagai Cara Menaikkan Rating Gojek

Memberikan Layanan Prima

Sudah pasti kunci utama bagi Anda untuk menaikkan rating adalah dengan memberikan layanan sebaik-baiknya kepada customer. Mulai dari ketepatan waktu menjemput, ramah kepada penumpang, hingga kecepatan menyetir yang nyaman. Dengan begini, rating bagus untuk Anda akan datang dengan sendirinya.

Baca juga:

Menaikkan Rating dengan Cara Natural

Selayaknya menaikkan rating Anda sebagai driver Gojek dilakukan secara natural. Dalam arti, Anda tidak melakukan cara pintas atau kecurangan apapun untuk menaikkan rating. Cara natural ini akan membuat rating Anda optimal, serta yang pasti dapat bertahan hingga waktu yang lama, berkat kepercayaan pelanggan kepada Anda.

Tips Menaikkan Rating Gojek Melalui Penampilan

Mengenakan Pakaian yang Sopan dan Atribut Gojek

Mengenakan atribut Gojek menunjukkan bahwa Anda merupakan partner resmi. Di samping memakai atribut Gojek, seperti helm dan jaket, Anda pun perlu berpakaian sopan dan rapi. Kenakanlah celana panjang dan sepatu sehingga nyaman ketika dilihat. Jangan lupa juga untuk memakai parfum supaya Anda selalu wangi dan segar.

Memastikan Kondisi Kendaraan Bersih

Ada baiknya Anda mencuci kendaraan terlebih dahulu sebelum narik Gojek. Tujuannya supaya kendaraan Anda bersih. Kendaraan yang bersih akan membuat penumpang merasa nyaman. Setelah melihat kendaraan bersih serta nyaman, maka lebih memungkinkan penumpang ingin kembali menggunakan jasa Anda.

Menyiapkan Helm yang Bersih dan Wangi untuk Penumpang

Sebagai driver, cara menaikkan rating Gojek berikutnya adalah mempersiapkan helm tersebut keadaan bersih dan wangi. Hindari kondisi di mana helm tidak bersih atau berbau, sebab bisa menyebabkan penumpang merasa tidak nyaman. Di samping itu, keadaan helm harus berfungsi dengan baik, tidak rusak, lecet, dan sebagainya.

Menaikkan Rating Gojek Melalui Pelayanan Terbaik

Tidak Melakukan Kecurangan untuk Orderan

Hal ini sangat penting, karena berkaitan langsung dengan akun Anda. Tidak perlu memakai internet gratis dengan memasang VPN, atau mengubah lokasi dengan memakai GPS palsu. Hindari juga menghapus histori Gojek terlalu sering, sebab bisa saja membuat akun Anda kena suspend.

Tidak Membuat Penumpang Menunggu Terlalu Lama

Driver yang cekatan akan selalu mendapatkan tempat di hati penumpang. Untuk itu, Anda perlu memprioritaskan waktu penjemputan dan pengantaran penumpang. Cara menaikkan rating Gojek yang baik adalah tidak membiarkan penumpang terlalu lama menunggu. Kecepatan layanan juga sangat mempengaruhi kenaikan rating akun Anda.

Selalu Bersikap Ramah dan Tersenyum

Bersikap ramah, tersenyum dan mengajak ngobrol penumpang dapat memberikan rasa nyaman di perjalanan. Jadi, tunjukkan bahwa sebagai driver Anda pun memprioritaskan kenyamanan penumpang. Keramahan driver ini menjadi salah satu faktor terpenting dalam menaikkan rating Gojek.

Berkomunikasi dengan Bahasa yang Sopan

Ramah memang perlu, namun jangan lupa tetap gunakan bahasa yang sopan. Berbicara dengan sopan bukan berarti kaku dan formal. Namun, yang penting terapkan sopan santun, serta bicarakan topik obrolan yang positif. Tata bahasa yang baik, serta obrolan positif termasuk cara menaikkan rating Gojek yang penting.

Tips Memberikan Layanan yang Cepat Tanggap

Memastikan Kebenaran Alamat Tujuan dan Penjemputan

Alangkah baiknya jika Anda lebih dulu memahami area tempat Anda beroperasi. Selain itu, pastikan bahwa alamat penjemputan serta tujuan penumpang jelas, dan juga benar. Tujuannya agar rute dan waktu perjalanan bisa sesuai dengan ekspektasi penumpang. Setidaknya, hal ini dapat meminimalisir komplain dari penumpang kepada Anda.

Tidak Sering Cancel Orderan Penumpang

Alangkah baiknya jika Anda tidak terlalu memilih orderan. Sebab, kadang jarak penjemputan yang jauh membuat driver melakukan cancel orderan. Hal tersebut dapat berakibat buruk terhadap rating Anda karena layanan Anda tidak memuaskan. Sebaiknya, perhitungkan benar-benar terlebih dulu, sebelum Anda menerima orderan.

Menciptakan Kenyamanan Berkendara Selama Perjalanan

Memberikan Bantuan kepada Penumpang

Driver tidak perlu segan untuk menawarkan bantuan jika penumpang membutuhkannya. Contohnya, penumpang membawa barang bawaan yang banyak, maka bantulah untuk mengangkatnya. Perilaku tersebut adalah bagian penting dari pelayanan. Jika penumpang merasa senang maka rating Anda juga akan ikut naik.

Berkendara dengan Cekatan Tanpa Kebut-kebutan

Memang benar cara menaikkan rating Gojek adalah dengan menjemput dan berkendara tepat waktu sampai ke tujuan. Namun, hindari menyetir dengan ugal-ugalan. Anda perlu ingat untuk selalu mengutamakan kenyamanan penumpang. Pastikan penumpang senantiasa merasa nyaman di perjalanan bersama Anda.

Menghindari Berhenti Secara Tiba-Tiba

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda perlu berkendara dengan cekatan namun tetap nyaman. Sebisa mungkin hindari berhenti di tengah perjalanan, terutama untuk ngetem. Jika memang perlu berhenti untuk keperluan seperti membeli bensin, mampir ke ATM, dan lainnya, maka pastikan meminta izin kepada penumpang terlebih dulu.

Cara Menaikkan Rating Gojek Setibanya di Tujuan

Memastikan Penumpang Membayar Sesuai dengan Argo

Dalam proses pembayaran, pastikan nominal bayarnya sesuai dengan total angka pada argo. Hindari betul untuk meminta tambahan ongkos kepada penumpang. Hal tersebut bisa membuat kepercayaan penumpang menurun. Lebih parah lagi, rating Anda bisa-bisa sangat rendah karena adanya permintaan ongkos tambahan tersebut.

Meminta Penumpang dengan Sopan untuk Memberi Rating

Ketika orderan sudah selesai, ingatkan penumpang Anda untuk memberi bintang. Anda bisa meminta dengan ramah disertai senyum, dan berbahasa yang sopan. Hal ini sangat penting bagi Anda sebagai driver untuk menaikkan rating. Penumpang yang senang dengan layanan Anda pasti akan memberikan rating yang tinggi.

Selalu Mengucapkan Terima Kasih Sesampainya di Tujuan

Mengucapkan terima kasih juga dapat Anda lakukan langsung sesampainya di tujuan, meskipun penumpang belum membayar. Ini menandakan bahwa Anda senang memberikan layanan kepada penumpang. Selain itu, penumpang juga akan tersentuh dengan ketulusan Anda dan sikap rendah hati yang Anda tunjukkan.

Demikianlah cara-cara menaikkan rating Gojek yang dapat Anda terapkan, agar orderan Anda juga semakin laris. Semoga bermanfaat, selamat berkendara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.