10 Langkah Cara Membuka Suspend Akun Grab Penumpang 2019

Cara membuka suspend akun grab penumpang sebenarnya hanya membutuhkan satu tindakan saja, yaitu dengan mengajukan BANDING. Ini adalah satu-satunya jalan keluar yang akan segera menyelesaikan persoalan Anda. Dibawah ini akan saya jelaskan secara rinci dan jelas, bagaimana caranya agar Anda bisa mengaktifkan kembali akun grab yang dibekukan atau ditangguhkan.  

Langkah Cara Membuka Suspend Akun Grab Penumpang 2019

Akun grab penumpang yang diblokir tentu saja menjadi permasalahan serius, apalagi jika Anda selalu memanfaatkan layanan Grab untuk memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari. Baik itu GrabCar, GrabBike, GrabFood dan lain sebagainya.

Baca juga:

Daripada harus bepergian dengan jalan kaki, hanya gara-gara akun grab penumpang Anda ditangguhkan, sebaiknya simak baik-baik solusi lengkapnya berikut. Namun sebelum itu, kita cari tahu terlebih dahulu apa sih penyebab terjadinya pembekuan akun.

5 Penyebab Akun Grab Penumpang Dibekukan

Sebelum membahas bagaimana cara membuka suspend akun Grab penumpang, penting juga mengetahui penyebab akun Grab dibekukan. Supaya bisa jadi perhatian dan kehati-hatian.

1. Kebanyakan cancel order

Faktor pertama yang bisa membuat akun grab Anda di suspend adalah terlalu banyak cancel orderan. Ini masuk akal, karena tindakan cancel order akan merugikan driver. Kasihan juga si abang ojol, sudah jauh-jauh menerima orderan, kitanya malah cancel.

Jika Anda tidak ingin akun grab penumpang di suspend, maka dari itu jangan terlalu sering cancel order. Sebelum memutuskan untuk membuat orderan, maka dipikir-pikir dahulu.

Namun jika dari pihak driver yang tiba-tiba tidak jadi mengambil orderan Anda, maka suruh mereka saja yang cancel order. Anda jangan mau jika disuruh cancel order, karena ini hanya akan merugikan diri sendiri.

Jika nanti Anda berhasil membuka suspend akun Grab, maka jangan ulangi kesalahan yang pertama ini ya.

2. Masuk akun grab dari perangkat lain

Grab sangatlah peduli dengan keamanan akun penggunanya, sehingga wajar saja apabila fitur keamanan Grab sangatlah sensitif. Sistem Grab menggunakan ID login ( Nomor hp & Email ) dan IMEI.

Ketika suatu akun grab penumpang log in di perangkat lain, maka sistem Grab secara otomatis akan mencurigai adanya aktifitas tidak wajar. Ini menyebabkan adanya auto suspend akun oleh pihak Grab .

Maka dari itu, jangan sekali-kali mencoba masuk di smartphone orang lain. Baik itu istri, anak-anak, teman dan lain-lain. Demi keamanan, sebaiknya Anda membuat akun grab baru ketika ingin masuk dari perangkat lain.

Lantas, bagaimana cara membuka auto suspend ketika log in di hp baru? Sebaiknya Anda menelepon call center Grab, sehingga akun Anda tidak di-suspend.

3. Bolak-balik ganti nama akun

Selain log in di perangkat lain, akun grab penumpang Anda juga bisa dicurigai ketika terlalu sering mengganti nama akun. Daripada rawan diblokir, sebaiknya Anda menggunakan nama asli di aplikasi Grab.

Buat apa ganti nama akun? Inikan bukan sosial media. Menggunakan nama asli sangatlah direkomendasikan oleh pihak Grab sendiri. Daripada harus repot-repot membuka suspend akun grab, bukankah lebih baik Anda menaati peraturan sejak awal?

4. Mengisi saldo terlalu banyak

OVO adalah e-money yang menjadi salah satu opsi pembayaran di aplikasi Grab. Ketika saldo Anda kosong, maka order Grab dibayarkan menggunakan uang tunai.

Karena OVO bukanlah rekening bank, maka dari itu Anda tidak dianjurkan untuk mengisi saldo secara berlebihan. Jumlah saldo yang terlalu banyak ternyata juga bisa membuat akun penumpang Anda dicurigai oleh sistem Grab.

Jika akun grab penumpang Anda dicurigai, maka uang Anda juga ikut ditahan. Masih baik jika hanya dibekukan, kalau di-blacklist bagaimana? Saldo bisa hangus begitu saja.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mengisi saldo OVO secukupnya saja. Misalkan biaya transportasi selama 1 atau 2 minggu saja. Saya rasa, itu sudah cukup pas dan tidak berlebihan.

5. Masuk akun grab penumpang memakai VPN

Seperti yang diketahui, VPN adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengubah alamat IP pada smartphone. Jadi, ketika kita masuk akun grab memakai VPN, itu sama saja log in akun grab penumpang di perangkat lain. Sistem Grab  tentu akan menyurigai aktifitas ini.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mematikan aplikasi VPN ketika ingin membuka akun grab penumpang.

Tips tambahan:

Bagi Anda semua pengguna setia grab, maka sangat disarankan supaya menautkan akun Grab dengan Gmail. Sebab, ini akan sangat membantu Anda ketika gagal log in memakai nomor telepon. Log in menggunakan Gmail bisa menjadi alternatif yang lebih mudah dan praktis.

Cara Membuka Suspend Akun Grab Penumpang

Diatas kita sudah mengetahui apa saja penyebab akun grab penumpang dibekukan, sekaligus beberapa tips penting agar akun Anda tetap aman dan bebas dari risiko blokir. Patuhi saja semua peraturan yang ditetapkan oleh Grab.

Sekarang kita masuk ke pembahasan inti, yaitu membuka cara membuka suspend akun Grab penumpang .

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Update aplikasi Grab ke versi terbaru
  2. Lakukanlah verifikasi alamat email
  3. Buka aplikasi Grab, kemudian pilih menu Help Center
  4. Untuk mengetahui semua jawaban dari FAQ, Anda bisa membaca artikel yang sudah ada
  5. Ketika Anda tidak berhasil menemukan jawaban di artikel-artikel yang sudah terbit, maka Anda bisa mengisi formulir yang berada di bawah artikel
  6. Pihak Grab akan mengirim jawaban dari setiap pertanyaan Anda ke email yang sudah diverifikasi
  7. Jangan mengunggah informasi pribadi apapun, kecuali diminta
  8. Mengirim email ke [email protected]. Yang berisi permohonan agar pihak Grab mengaktifkan akun Anda kembali, jangan lupa menyertakan alasan mengapa akun grab penumpang Anda sampai dibekukan
  9. Hubungi CS grab di nomor 021 – 8064 8777. Jelaskan permasalahan Anda dan ajukan permohonan agar akun Anda diaktifkan kembali
  10. Ajukan banding dengan mengunjungi grab.com/id/appeal/passenger/. Isi semua formulir yang tersedia dan ikuti langkah-langkahnya

Nah, kini Anda sudah tahu cara membuka suspend akun grab penumpang. Agar tidak terulang, perhatikan poin-poin penyebabnya. Semoga banding yang Anda ajukan bisa dikabulkan oleh pihak Grab.

2 thoughts on “10 Langkah Cara Membuka Suspend Akun Grab Penumpang 2019

  1. Flora

    Slmt pagi Grab Admin,
    Mohon solusinya mengapa grabfood, grab delivery dan home saya hilang dr aplikasi grab dan hanya menyisakan grabike dan grabcar. Ini terjadi sejak kmrn mlm 11/4/19.
    Terimakasih sebelumnys atas bantuannya

  2. Lulus Kerja Post author

    Hallo, maaf kami bukan admin Grab, kami hanya ingin berbagi informasi seputar grab, thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.