9 Langkah Cepat Buat SKCK Online Bandung, Lengkap dengan Syaratnya!

By | 9 Januari 2020

Kota Bandung sebagai ibu kota dari provinsi Jawa Barat tentunya menjadi salah satu tujuan urbanisasi. Karena di kota ini terdapat banyak lapangan pekerjaan sehingga penduduk daerah berdatangan untuk mengadu nasib. Tentu untuk melamar pekerjaan dibutuhkan berbagai persyaratan dan salah satu syarat utamanya adalah SKCK, namun saat ini telah muncul pengajuan SKCK online Bandung.

Sesuai dengan namanya, teman-teman yang berada di Bandung dapat melakukan permohonan pembuatan SKCK baru ataupun perpanjangan secara online. Cara ini tentu lebih praktis karena tidak harus datang langsung sambil membawa banyak dokumen ke kantor polisi lagi. Cara ini juga sangat cocok bagi teman-teman yang sibuk dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Syarat Pengajuan SKCK Online Bandung

SKCK

Dokumen

Sebelum melakukan pengajuan SKCK secara online, teman-teman harus mempersiapkan beberapa hal. Karena terdapat beberapa dokumen yang akan di upload nantinya, yaitu:

  • Scan KTP
  • Scan Paspor
  • Scan KK
  • Scan Akta lahir atau Ijazah
  • Sidik jari

Dokumen seperti paspor tidaklah wajib, karena tidak semua warga Indonesia khususnya Bandung yang membutuhkan paspor. Namun, dokumen lainnya harap dilengkapi. Sedangkan untuk sidik jari dapat dilakukan sendiri dan tempelkan pada kerta HVS dan scan.

Pengajuan SKCK Online Bandung

Setelah mempersiapkan seluruh scan-an filenya, maka langkah berikutnya adalah melakukan pengajuan SKCK melalui website skck.polri.go.id. Akan lebih baik jika akses websitenya dilakukan di pc atau laptop daripada melalui smartphone. Karena, lebih mudah dilihat secara menyeluruh sehingga dapat dicek kembali.

Setelah mengaksses website tersebut, teman-teman akan melewati beberapa tahapan, yaitu:

1. Memilih Tujuan Kantor Polisi Untuk Pengajuan SKCK Online Bandung

SKCK Online

Tahap Pertama

Tahap pertama merupakan memilih kantor kepolisian yang tersedia dekat dengan tempat tinggal masing-masing. Untuk wilayah Bandung harus mengisi kesatuan wilayah untuk provinsi Jawa Barat, kemudian polres atau polsek di sekitar Bandung dan terakhir disesuaikan dengan kantor kepolisian terdekat.

Perlu diketahui, bahwa jika pengajuan SKCK dilakukan secara online maka terdapat pembagian tugas antara polsek dan polres yang dituju. Pastikan untuk memeriksa hal ini dengan teliti, dan jangan sampai salah pilih karena akan menghemat banyak waktu teman-teman.

Pada bagian pojok kiri bawah terdapat pilihan untuk membayar di loket atau melalui BRIVA. Tidak semua kantor polisi yang dituju menyediakan pembayaran melalui virtual account. Oleh karena itu, teman-teman harus memperhatikan hal ini ketika akan memilih kantor polisi tujuan masing-masing.

2. Mengisi Data Pribadi

SKCK

Tahap Kedua

Pada tahap pengajuan SKCK online Bandung satu ini teman-teman harus mengisi data pribadi yang sesuai dengan KTP domisili sekarang. Jangan lupa untuk upload pas foto dengan ukuran 4×6 yang tertera pada bagian kanan halaman. Isilah dengan benar dan cermat agar teman-teman bisa memperoleh SKCK ini secara sempurna, oleh karena itu pastikan tidak ada kesalahan input.

3. Mengisi Data Keluarga

SKCK

Tahap Ketiga

Tahap ini berisikan informasi keluarga teman-teman. Terdapat satu hal yang diperhatikan, bahwa penulisan data keluarga ini harus disesuaikan dengan KK masing-masing. Jadi, jika teman-teman belum menikah, maka isilah data orangtua serta saudara, namun jika telah menikah maka isi data pasangan dan anak.

Hal ini perlu diperhatikan, karena anggota keluarga yang telah menikah akan keluar dari KK sebelumnya dan memiliki KK baru dengan pasangannya masing-masing.

4. Mengisi Data Pendidikan

SKCK

Tahap Ke-empat

Tahapan berikutnya adalah mengisi data pendidikan. Teman-teman bisa input data ini mulai dari SD sampai jenjang pendidikan terakhir yang dimiliki (S3). Namun, jika rasa-rasanya tidak perlu maka cukup mengisi pendidikan terakhir saja. Karena jika mengajukan SKCK secara manual maka dokumen yang dibutuhkan hanya fotokopi ijazah terakhir. Jangan lupa untuk mengisi tahun kelulusan pada akhir kolomnya.

5. Perkara Pidana dan Pelanggaran

SKCK

Tahap Kelima

Tahap kelima adalah input data pelanggaran atau pidana yang pernah dilakukan. Bentuk pelanggaran setidaknya yang pernah mengharuskan teman-teman masuk jeruji besi, jadi jika pelanggaran karena pernah ditilang tidak perlu di isi. Namun, jika ingin dimasukkan juga tidak apa-apa. Nah, pernah melakukan tindak pidana maka klik tombol “pernah” dan jika tidak maka kliklah tombol “tidak pernah”, setelah itu tekanlah tombol lanjut yang berada di sisi pojok kanan bawah.

6. Ciri Fisik

SKCK

Tahap Ke-enam

Berikutnya teman-teman harus input ciri fisik masing-masing. Ciri ini terdiri dari bentuk rambut, wajah, warna kulit, tinggi dan berat badan, tanda istimewa serta rumus sidik jari. Isilah dengan seakurat mungkin untuk memudahkan proses pengajuan SKCK online Bandung nantinya.

7. Upload Seluruh Dokumen

SKCK

Tahap Ketujuh

Pada bagian ini teman-teman harus unggah seluruh dokumen yang diminta. Jika teman-teman telah mempersiapkan hal ini sebelumnya, maka tahapan ini akan berjalan dengan sangat lancar. Jika tidak, maka segera lengkapi seluruhnya kemudian scan. Ekstensi file yang diterima adalah jpg jadi teman-teman bisa foto seluruh dokumennya dengan menggunakan smartphone yang dimiliki.

Jika proses upload telah selesai, maka tekanlah tombol lanjut yang ada pada sisi pojok kanan halaman.

8. Informasi Lain

SKCK

Tahap Kedelapan

Pada tahapan ini temann-teman diminta untuk mengisi informasi tambahan seperti hobi, kegemaran, riwayat pekerjaan alamat serta nomor telepon yang mudah untuk dihubungi dan lainnya. Layanan ini juga berlau untuk WNA dengan menuliskan informasi sponsornya masing-masing.

Jangan lupa untuk mengisi alamat email agar pengajuan dapat diproses oleh sistem.

9. Unduh Kartu Pendaftaran

SKCK

Kartu Pendaftaran

Setelah menyelesaikan seluruh prosesnya, teman-teman akan memperoleh kartu sesuai dengan gambar di atas. Kartu ini berisikan informasi pribadi, alasan pengajuan, kantor polisi tujuan, informasi pembayaran melalui virtual account atau langsung ke loket serta besaran biaya yang dibutuhkan. Selain itu terdapat informasi berlakunya kartu pendaftaran, jadi segeralah datang ke kantor polisi tujuan masing-masing secepatnya.

Berikutnya teman-teman hanya perlu datang membawa print-an kartu ini serta berkas-berkas yang telah di scan sebelumnya untuk jaga-jaga. Sesampai di polsek atau polres tujuan tunjukkanlah kartu pendaftaran dan petugas akan menyelesaikan pengajuan SKCK tersebut. Proses ini memakan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam-an. Jika telah selesai fotokopi SKCK tersebut serta legalisir. Fotokopi SKCK inilah yang dapat akan teman-teman gunakan untuk kepentingan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.