Cara Melihat Feedback Customer GOJEK

Cara Melihat Feedback Customer GOJEK – Feedback di dalam Bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai umpan balik atau imbalan balik. Di dalam kalangan platform GOJEK, feedback merupakan salah satu hal yang penting bahkan sangat berpengaruh bagi pengendara atau driver gojek.

Feedback customer merupakan tanggapan langsung atau penilaian dari pengguna jasa atau layanan platform Gojek itu sendiri. Bagi Anda yang merupakan pengemudi dari perusahaan ojek online ini sangat penting untuk mengetahui feedback dari customer atau pelanggan demi kelangsungan pekerjaan Anda ke depannya. Pada kesempatan kali ini akan diulas tentang bagaimana cara melihat feedback atau umpan balik dari customer atau pelanggan Gojek.

Cara Melihat Feedback Customer GOJEK

 

Sekilas Mengenai feed back / umpan balik gojek

Untuk mengetahui besar kecilnya penilaian yang diberikan oleh customer atau pengemudi. Gojek bisa dengan cara melihat komentar penumpang Gojek itu. Selain itu, anda pengguna layanan jasa Ojek Online juga harus mengecek dari jumlah rata-rata rating mitra platform tersebut. Takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi akibat pemberi jasa ojek online melakukan tindak kejahatan penyalahgunaan fungsi dari Ojek Online itu sendiri.

Komentar yang berupa ulasan harus sesuai dengan keadaan yang telah terjadi sebenarnya agar kedua pihak sama-sama diuntungkan. Apabila terdapat keluhan atau stigma dan hal itu dicurahkan pada kolom komentar dan komentar itu kurang mengenakkan, pihak operasional dari penyedia layanan Ojek Online akan memberikan sanksi berupa suspend.

Baca juga:

Bagi pengemudi yang masih pemula atau masih awam dengan penggunaan Gojek Driver pasti akan mengalami kesulitan awal pada saat penggunaan pertama nya. Namun apabila sudah terbiasa menggunakannya dalam proses pengoperasian semua menu bisa dilakukan dengan mudah dan memencet saja.

Cara Tepat Melihat Feedback Customer GOJEK

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk melihat komentar penumpang pengguna gojek. Hanya dengan satu aplikasi saja  semua info dapat didapatkan atau diakses dengan mudah. Mulai dari keuangan, orderan yang masuk, cara pengoperasian, riwayat transaksi, dan yang lainnya bisa didapatkan disini. Simak artikel ini.

Langkah-Langkah

  • Download dan menginstal aplikasi

Paltform gojek jika diinstall sangat ringan digunakan jadi anda pengguna tidak akan terbebani jika diinstal di perangkat Anda yang digunakan. Cara mendownload  nya pun sangat mudah dan didapatkan secara gratis. Setelah Anda melalui tahap instal dan sudah log in untuk bisa masuk ke aplikasi platform tersebut.

Aplikasi program ini memiliki banyak fungsi jika anda mengetahui lebih dalam bagi para pengguna dan pemberi jasa seperti contohnya adalah Go-food, Go-Send, Go-Ride, Go-Shop dan yang lainnya. Masing-masing order memiliki poin yang berbeda-beda . Jika Anda adalah pengemudi bisa mengetahuinya pada halaman beranda.

  • Masuk ke menu performa

(Bagi Customer)

Pada menu inilah kinerja para driver akan diketahui secara nyata. Tidak akan ada yang tahu apakah mitra ini bekerja dengan baik atau tidak kecuali customer atau pelanggan sendiri yang menilainya. Karena itulah salah satu cara yang dilakukan untuk menggantikan melihat komentar karena customer dan driver tidak bisa melihat komentar. Hal ini sangat diperlukan agar bisa dilakukan evaluasi dengan benar pada mitra yang diberi komentar.

Apabila rating tidak kurang dari 4.3 rata-rata bintang, posisi mitra platform ini masih aman dan tidak akan mendapatkan suspend dari penyedia layanan platform. Sebaliknya jika para mitra rata-rata ratingnya kurang dari 4.3 bintang maka sanksi dari pihak pemberi layanan Gojek siap memberikan sanksi kepada mitra.

Apabila pada saat pemesanan layanan ojek online (ojol) ini mengalami keterlambatan, maka customer bisa mengajukan atau kasarannya mengadu melalui pemberian komentar pada kolom komentar pada salah satu pemberi jasa yang sudah dipercaya sebelumnya. Jangan segan untuk memberikan komentar atau ulasan jujur demi kepentingan kedua belah pihak.

Namun…

perlu diketahui kembali bahwa driver atau penumpang lainnya tidak bisa melihat komentar. Karena hal itu sudah di setting oleh operasional pemberi layanan. Jadi Anda hanya dapat mengadu ke sistem yang mengoperasikan platform saja. Perlu digaris bawahi kembali jika dalam pelayanan itu kurang memuaskan maka Anda bisa memberi rating yang buruk.

Dari hal tersebut banyak sekali driver ojek yang terpaksa dikeluarkan karena melakukan pelanggaran berat seperti melecehkan pelanggan, melakukan pencurian, dan tindak kejahatan yang lainnya. Suspend hanya bentuk sanksi ringan yang diberikan karena akun yang di suspend dapat diaktifkan kembali menunggu beberapa waktu estimasi yang ditentukan pemberi layanan pada platform itu.

Maka dari itu Anda sebagai pelanggan yang memanfaatkan jasa online ini perlu dengan adanya pertimbangan dan juga lebih mendalami sistem-sistem nya agar saat anda melakukan pemesanan hasilnya positif atau pada saat anda menjadi penumpang merasa aman dan nyaman dan tidak lupa selamat sampai tujuan akhir yang diinginkan di awal.

TIPS AGAR TERHINDAR DARI FEEDBACK NEGATIF

(Bagi Driver)

  • Berperilaku yang ramah kepada pelanggan
  • Menyapa dan berbicara menggunakan nada yang sopan
  • Jangan terlambat saat memberikan pelayanan.
  • Bersikap to the point dan jangan bertele-tele
  • Sikapilah argo dengan sesuai walaupun di ponsel tetap terdapat jumlah rupiah yang dibayarankan.
  • Jangan lupa untuk bilang kepada pelanggan agar memberikan rating yang bagus.
  • Bersikaplah dengan senyaman mungkin terhadap pelanggan.
  • Jangan meremehkan pelanggan, biasanya banyak driver yang meremehkan pelanggan nya bahkan mungkin sampai ada yang melecehkan pelanggan nya.

Cara Melihat Data Customer yang Belum Memberikan Feedback

Jika kita membicarakan tentang bagaimana mengoperasikan. Tidak setiap pelanggan tahu tentang cara menggunakan aplikasi Go-Jek secara keseluruhan. Bisa jadi pelanggan yang baru saja bertransaksi dengan Anda adalah pengguna baru di aplikasi ini dan kurang paham tentang ini. Maka cara yang paling simpel yang bisa Anda lakukan sebagai driver adalah meminta pelanggan Anda untuk memberikan feedback (rating) dengan bintang atau yang sesuai dengan pelayanan Anda

Di dalam aplikasi Gojek, di bagian Go Info tersebut saat ini sudah terdapat  fitur untuk melihat nomor ponsel customer yang baru saja menggunakan jasa Anda sebagai transaksi. Berikut langkahnya.

  1. Masuk ke menu Performa, klik tombol Rating. Setelah itu akan muncul data-data tentang customer yang telah Anda layani sebelumnya. Maka dari itu carilah di dalam deretan data tersebut customer yang terdapat keterangan “Belum Memberikan Feedback”.
  2. Klik bagian Rating dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  3. Kemudian klik pada data customer dan selanjutnya akan muncul halaman Detail Order yang menampilkan data lengkap pelanggan Anda. Mulai dari nama hingga nomor Hp pelanggan Anda.
  4. Langkah yang selanjutnya adalah mengirimkan SMS ke nomor customer yang belum memberikan feedback, dengan bahasa yang sopan dan santun. Seperti misalnya, “Selamat Siang. Saya adalah (nama) yang melayani orderan (detail order). Demi kelangsungan layanan kami, mohon Anda berikan feedback positif kepada kami. Terimakasih dan maaf mengganggu ya…”
  5. Jika ternyata customer belum tahu caranya memberikan Feedback, sebaiknya berikan arahan singkat cara memberikan feedback untuk driver Gojek. Selesai sudah, dan Anda dapat mendapatkan rating yang maksimal.

Dengan demikian Anda sebagai pelanggan jika ingin mengetahui Mitra yang akan Anda pakai jasa nya bisa melihat nya pada kolom rating tidak dapat melihat komentar. Karena dari rating tersebut lah dapat diketahui  kinerja nya. Terimakasih

Cara Melihat Feedback Customer GOJEK | wahyusetiawan | 4.5