6 Langkah Cepat Lapor Orderan Fiktif Grab Yang Meresahkan Driver

Cara lapor penumpang Grab yang tidak sopan atau melakukan order fiktif mungkin sudah banyak yang mengetahui, khususnya para mitra driver Grab lama. Kendati demikian, tidak sedikit driver ojek online yang masih merasa kebingungan ketika ada tindakan curang dari penumpang. Jika ditegur atau cancel order, khawatirnya adalah pengurangan rating. Kalau sudah begini, driver ojol jadi serba salah.

Beruntung, Grab tidak hanya memungkinkan penumpang untuk melaporkan driver yang curang. Namun juga sebaliknya, mitra driver bisa melaporkan penumpang Grab yang sengaja melakukan tindak kecurangan.

Yang sedang marak terjadi adalah orderan fiktif atau Opik. Tidak hanya terjadi satu atau dua kali, bahkan pihak Grab sampai menggelar aksi lawan Opik atau orderan fiktif. Fenomena ini tentu saja sangatlah merugikan mitra pengemudi Grab, baik dari segi waktu dan rating.

Dilema Driver Ketika Mendapatkan Penumpang Grab Curang

Sebagai mitra pengemudi Grab, seorang driver akan segera menuju ke lokasi calon konsumen ketika ada orderan masuk. Karena dari awal sudah ditekankan, jika kepuasan konsumen adalah yang paling utama.

Namun sayang, tidak semua calon penumpang itu adalah orang nyata. Maksudnya, begitu dijemput ke lokasi pesanan mereka kabur entah kemana. Mau tidak mau, driver harus menunggu kedatangan penumpang.

Jika Anda pernah mengalami kejadian seperti ini, maka sebaiknya driver ojek online segera mengabari konsumen. Apabila di sms tidak dibalas, chat juga tidak direspons dan bahkan nomor telepon tidak bisa dihubungi. Sudah jelas, ini adalah ciri-ciri orderan fiktif.

Kalau sudah seperti itu, maka pengemudi Grab ototmatis merasa kebingungan. Jika cancel order, ini bisa mempengaruhi nilai rating pengemudi. Padahal untuk bisa menerima insentif dan bonus Grab, rating pembatalan wajib dibawah 10%. Jika sampai lebih dari itu, maka pengemudi Grab tidak akan mendapat apa-apa.

Sebenarnya driver Grab bisa saja menyelesaikan orderan tanpa membawa penumpang. Namun opsi kedua ini jauh lebih berisiko, karena pengemudi Grab bisa dikenakan kode etik dan membuat akun dibekukan. Lagi-lagi, pihak driver Grab yang dirugikan.

Oleh sebab itu, jangan sampai kejujuran Anda dimanfaatkan oleh calon konsumen yang tidak bertanggung jawab. Jangan mau nilai rating performa Anda menjadi buruk, hanya gara-gara orderan fiktif.

Berikut ini akan kami berikan sedikit tips mengenai cara mengetahui orderan fiktif Grab.

Cara Mengetahui Orderan Fiktif Dari Penumpang Grab

Ketika Anda menerima pesanan dari konsumen, sebaiknya segeralah menuju ke lokasi tujuan agar menambah nilai positif Anda sebagai driver di mata konsumen. Namun jika sudah sampai di lokasi dan beberapa ciri berikut Anda alami, maka waspada itu adalah orderan fiktif.

Calon penumpang tidak kunjung datang setelah menunggu 10 menit

  • Di SMS tidak dibalas
  • Chat diabaikan
  • Nomor telepon tidak bisa dihubungi

Kalau tanda-tanda diatas sudah Anda alami, maka jangan ragu untuk segera melakukan cancel order. Sekarang Grab sudah semakin canggih yang mampu mengenali orderan fiktif. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir nilai rating menjadi buruk.

Jika menerima orderan fiktif, maka segera laporkan kepada pihak Grab. Sebenarnya pihak Grab sendiri sudah menyediakan form laporan. Tidak mengetahui bagaimana cara lapor penumpang Grab yang curang? Silahkan disimak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Lapor Penumpang Grab Yang Melakukan Orderan Fiktif

  1. Pertama-tama, silahkan klink link berikut Grab Lawan Opik atau bisa juga di Form Laporan Google
  2. Setelah itu, Anda disuruh mengisi semua form laporan Opik atau orderan fiktif
  3. Masukkan Nama Kota : Silahkan isi form ini dengan nama kota tempat Anda mendaftar sebagai mitra pengemudi Grab
  4. Isi kode Booking: Untuk melihat kode booking silahkan cari di riwayat pekerjaan Anda. Contohnya bisa Anda lihat seperti gambar dibawah

      5. Kemudian Anda disuruh memilih beberapa menu keluhan. Seperti:

  • Beberapa kali dihubungi tidak bisa
  • Cancel order tanpa keterangan
  • Minta dijalanin tanpa penumpang
  • Jika tidak ada, Anda bisa mengajukan keluhan sendiri
  1. Jika sudah selesai, klik opsi Berikutnya dan Kirim

Itu tadi adalah cara lapor penumpang Grab yang melakukan order fiktif. Sangat mudah sekali bukan? Mulai sekarang, Anda tidak perlu takut lagi dengan yang namanya Opik. Jangan khawatir untuk melakukan cancel order, apabila calon penumpang yang ditunggu-tunggu tidak kunjung datang.

Lantas, bagaimana dengan penumpang Grab yang tidak sopan? Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh driver ketika mendapati penumpang yang berlaku tidak sopan? Simak beberapa tipsnya berikut.

Tips Bagi Mitra Pengemudi Grab Ketika Mendapatkan Penumpang Tidak Sopan

  1. Tetap tenang dan bersikap sopan

Jika penumpang Anda bersikap tidak baik, maka abaikan terlebih dahulu. Ingat, posisi Anda saat ini sedang berkendara. Tetap bersikap tenang dan sopan adalah langkah awal demi keselamatan bersama.

Jangan mudah terbawa emosi, karena Anda bisa-bisa tidak fokus saat berkendara.

  1. Hindari kawasan sepi

Ketika penumpang sudah mulai cek-cok dan mengawali keributan, silahkan Anda arahkan ke tempat ramai orang. Tujuannya adalah meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika ramai orang, besar kemungkinan akan banyak orang yang membantu Anda.

  1. Turunkan penumpang

Ketika penumpang masih saja membuat keributan, langkah yang bisa diambil adalah dengan menurunkan penumpang. Dengan catatan, Anda sudah mencoba menenangkan penumpang dan berperilaku sopan.

Setelah itu, Anda bisa menghubungi Customer Grab dan menjelaskan kondisi saat itu.

Mungkin cukup sampai disini dulu ulasan singkat saya kali ini mengenai cara lapor penumpang Grab order fiktif. Semoga tips diatas bisa membantu kawan-kawan driver ojek online semua, khususnya mitra pengemudi Grab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.