7 Langkah Cara Daftar SKCK Online 2020 [Cepat dan Mudah]

By | 31 Desember 2019

Zaman yang serba modern dan digital saat ini memiliki berbagai keunggulan dari segi teknologi dan informasi. Mengetahui hal tersebut, berbagai instansi pemerintah ikut serta memberikan pelayanan secara online yang dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus segala sesuatunya. Salah satu instansi yang ikut serta dalam hal ini adalah kepolisian dengan memberikan pelayanan SKCK online.

SKCK Online

SKCK Online

Pelayanan ini merupakan suatu terobosan yang baik karena dapat menghemat waktu masyarakat dan petugas dalam pembuatan SKCK. Selain itu, masyarakat hanya perlu datang ketika SKCK telah selesai dicetak sambil membawa bukti pembayaran. Sedangkan petugas tidak perlu menyimpan banyak berkas karena telah tersimpan di sistem SKCK online tersebut.

Oleh karena itu, jika teman-teman tidak memiliki banyak waktu maka gunakanlah SKCK online karena prosesnya mudah dan cepat. Karena itu manfaatkanlah fitur ini dengan baik, karena layanan ini bisa digunakan bahkan di hari sabtu dan minggu serta hari libur.

UNTUK YANG INGIN MENONTON VERSI VIDEO CARA PEMBUATAN SKCK ONLINE, SILAHKAN KE BAWAH!!!

Cara Daftar SKCK Online Terbaru 2020

Untuk melakukan pengajuan SKCK secara online, teman-teman harus mengunjungi website skck.polri.go.id. Setelah kliklah menu formulir pendaftaran yang ada di pojok kanan atas untuk pengajuan SKCK secara online. Adapun langkah lanjutannya adalah sebagai berikut:

1. Pilih Satuan Wilayah (Kantor Polisi Terdekat)

SKCK Online

Halaman 1

Pada halaman pertama SKCK online berisikan pilihan untuk memilih pembuatan SKCK sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pada halaman ini juga terdapat informasi jenis SKCK apa saja yang tersedia beserta pilihan tingkat kewenangan kesatuan wilayahnya. Contohnya saja untuk polda hanya dapat mengeluarkan SKCK untuk kepentingan melamar kerja, pencalonan kepala dan sekretaris desa, sedangkan pada polres untuk melamar kerja sebagai PNS dan lainnya.

Setelah itu, teman-teman harus memilih kesatuan wilayah yang sesuai dengan KTP kemudian alamat domisili. Kemudian isi kabupaten/ kota, kecamatan dan kelurahan yang sesuai dengan KTP. Teman-teman tidak perlu mengetik karena terdapat pilihan kota sampai ke kelurahan dengan sangat lengkap.

2. Isi Data Pribadi

SKCK Online

Halaman 2

Setelah itu, teman-teman akan masuk pada halaman kedua untuk mengisi data pribadi. Pada halaman ini anda juga harus upload foto 4 x 6 secara manual. Usahakanlah untuk upload foto terbaru, karena nantinya akan menyusahkan anda dan petugas ketika akan mengambil SKCK ini nanti.

Selain itu, teman-teman harus mengetik secara manual seperti nama lengkap, tempat serta tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, agama dan alamat ataupun domisili sekarang. Hati-hatilah dalam input data karena kemungkinan terjadinya typo sangat tinggi.

3. Bagian Hubungan Keluarga

SKCK Online

Halaman 4

Pada halaman berikutnya berisikan data keluarga. Baik itu istri (bagi yang sudah berkeluarga), data ibu dan ayah, serta adik ataupun kakak. Pengisian data hubungan keluarga sebaiknya disesuaikan dengan KK yang teman-teman miliki.

Karena KK anak yang telah berkeluarga sebenarnya telah pisah dari orangtuanya. Jadi bagi teman-teman yang telah berkeluarga cukup mengisi bagian data istri atau suami. Sedangkan bagi yang belum berkeluarga harus mengisi data ayah, ibu, kakak atau adik dengan lengkap.

4. Latar Pendidikan

SKCK Online

Halaman 5

Pada halaman ini teman-teman harus mengisikan tingkat pendidikan terakhir. Kemudian diikuti dengan nama sekolah ataupun universitas, provinsi serta kota kampus atau sekolah dan terakhir tahun lulus. Setelah semuanya selesai tekan tombol lanjut untuk masuk ke halaman berikutnya.

5. Perkara Pidana

SKCK Online

Halaman 6

Teman-teman dapat melewati bagian ini jika memang tidak pernah melakukan pelanggaran ataupun tindakan pidana baik itu ringan, sedang ataupun berat. Bagian ini cukup penting untuk pengawasan kepada masyarakat oleh petugas.

Namun, jika ternyata memiliki catatan hitam, mau tidak mau teman-teman harus mengisinya secara jujur baik pada perkara pidana, pelanggaran ataupun keduanya. Karena, pihak kepolisian memiliki catatan kriminal secara lengkap sehingga tidak mungkin untuk berbohong ataupun memanipulasi data.

Jika sudah mengisi ataupun melewati bagian ini, maka tekanlah tombol lanjut. Tunggu beberapa saat dan masuk ke halaman berikutnya.

6. Input Ciri Fisik

SKCK Online

Halaman 7

Pada tahap ini teman-teman harus ketik ciri-ciri fisik secara rinci. Ciri-ciri fisik yang harus di isi antara lain warna dan jenis rambut, bentuk wajah, warna kulit, tinggi badan, berat badan, tanda istimewa (seperti tahi lalat ataupun tanda lahir lainnya) dan lain-lain.

Isilah dengan jujur, karena akan memudahkan petugas ketika teman-teman akan mengambil SKCK ketika telah selesai nanti. Periksa semua bagiannya dan tekan tombol lanjut untuk masuk ke halaman berikutnya.

7. Upload Berkas/ dokumen

SKCK Online

Halaman 8

Pada bagian ini teman-teman harus upload berbagai berkas penting seperti KTP, KK, passport, akta lahir ataupun ijazah, sidik jari dan lainnya. Untuk dokumen seperti KTP, passport, KK dan lainnya cukup mudah di scan namun untuk sidik jari anda harus cap jari telunjuk, tengah dan manis di kertas kosong kemudian scan dan upload secara mandiri.

Selain itu, teman-teman juga harus mempersiapkan dokumen fisik tersebut baik itu fotokopi dan aslinya untuk jaga-jaga. Jangan lupa sertakan pas foto 4 x 6 sebanyak 6 lembar dengan latar berwarna merah. Jika telah selesai maka tekan tombol lanjut untuk masuk ke halaman terakhir.

Halaman Terakhir

Pada bagian ini teman-teman akan melihat overview dari pengajuan SKCK yang telah dilakukan. Selain itu, terdapat biaya administrasi sebesar Rp 30.000 yang harus ditransfer melalui BRIVA (BRI virtual account) dengan batas waktu tertentu. Jika telah yakin, maka tekan tombol selesai untuk menyelesaikan pengajuan dan SKCK anda akan diproses di kantor polisi yang telah dipilih sebelumnya.

Berikutnya teman-teman hanya perlu menunggu 2-3 hari kemudian datanglah ke kantor polisi pilihan untuk mengambil SKCK tersebut. Jangan lupa untuk menyerahkan berkas dan bukti bayar kepada petugas. Pengajuan SKCK secara online sangatlah mudah dan praktis sehingga sangat dianjurkan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Video tutorial cara mengurus SKCK Online 2020 dengan mudah dan cepat:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.