Cara Daftar Aplikasi Grab 2019 Terlengkap [Driver dan Penumpang]

By | 5 November 2019

Teknologi yang semakin maju membuat segala sesuatunya semakin mudah. Seperti halnya dengan diciptakannya startup bernama Grab. Aplikasi tersebut, saat ini sangat membantu dalam segala hal karena dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Grab Bike, Grab Car, Grab Food, Grab Express, Grab Taxi dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara daftar aplikasi Grab?

Profil Transportasi Online Grab

Grab merupakan suatu perusahaan layanan dan jasa berbasis aplikasi yang berasal dari Singapura. Startup tersebut berdiri sejak tahun 2012, kurang lebih saat ini sudah berusia 7 tahun. Didirikan oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling.

Pada awal berdirinya, Grab mempunyai visi untuk merubah industri taksi di Asia Tenggara. Namun seiring berjalannya waktu, mulai merambah menjadi jenis transportasi lain seperti ojek. Saat ini, sudah bisa digunakan di beberapa negara seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina dan Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, Grab sudah tersedia di 125 kota mulai dari Aceh hingga Jayapura. Dan melayani pemesanan kendaraan seperti Grab Bike, Grab Car, Grab Taksi, Grab Food, Grab Hitch dan sebagainya.

Cara Mendaftar Aplikasi Grab

Cara Mendaftar Aplikasi Grab

Sebelum Anda bisa menikmati semua layanan yang disediakan oleh Grab, maka terlebih dahulu harus mendownload aplikasinya dan melakukan pendaftaran. Caranya sangat mudah, sehingga tidak memerlukan banyak waktu. Berikut langkah mudahnya:

1. Daftar Pengguna Grab

Cara daftar aplikasi Grab pertama yang harus Anda lakukan agar bisa menggunakan startup ini adalah:

  • buka playstore dan ketikkan kata kunci “Grab” pada kolom pencarian.
  • Setelah diklik, lalu pilih tombol install.
  • Selanjutnya akan diarahkan ke pop up berisi persetujuan akses yang diperlukan untuk aplikasi ini.
  • Lalu pilih tombol accept dan tunggu sebentar sampai proses instalasi selesai.
  • Setelah itu, akan menemukan icon dari aplikasi Grab di layar menu. Untuk bisa menggunakan semua layanan yang disediakan, tidak ada cara lain selain mendownloadnya terlebih dahulu.
  • Kemudian, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pendaftaran pada aplikasi Grab yang sudah ter Caranya buka aplikasi tersebut, lalu akan diarahan ke screen awal. Tunggu sampai muncul halaman welcome screen selesai diproses.
  • Setelah itu, akan diarahkan ke halaman pendaftaran. Saat dalam tahapan tersebut Anda akan diberi 3 opsi yang harus dipilih salah satu yaitu Facebook, Google dan No.HP. Sebenarnya semua pilihan tersebut akan tetapi dimintai verifikasi melalui nomor handphone.
  • Masukkan nomor handphone Anda dan pilihlah menu “CONTINUE”. Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang sudah di kirim melalui SMS. Untuk itu pastikan no HP tersebut selalu dalam keadaan aktif.
  • Setelah dikirim selanjutnya segera masukkan kode verifikasi tersebut. Kemudian akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan identitas Anda.

Setelah semuanya terisi dengan lengkap maka sudah bisa melakukan pemesanan di semua layanan Grab.

2. Cara Daftar Mitra Grab

Cara Daftar Mitra Grab

Cara daftar Grab untuk menjadi mitra. Yakni:

  • Pertama usia driver maksimal 55 tahun dan juga dalam keadaan sehat rohani dan jasmani (dilengkapi dengan surat keterangan sehat dari Dokter).
  • Selanjutnya harus bisa menulis dan juga membaca, serta paham tentang tempat beroperasinya nanti.
  • Mempunyai KTP, SIM C, STNK motor, Kartu Keluarga dan SKCK asli yang masih berlalu beserta fotocopi/scan.
  • Kemudian surat keterangan domisili untuk penduduk luar kota atau berbeda dengan alamat tinggal saat ini.
  • Memiliki sepeda motor yang layak sesuai kriteria GrabBike/GrabExpress, motor tersebut bertipe non-trekking, bodinya masih layak dan beroperasi dengan baik.
  • Dan juga Smartphone minimal RAM 1 Gb dan layar 5 inchi.
  • Terakhir mempunyai alamat Gmail aktif dan digunakan untuk mendaftar.

Cara mendaftarnya:

1. Buka alamat https://www.grab.com/id/driver/transport/bike/ melalui smartphone Anda.

2. Lalu isi formulir, seperti Nama Lengkap, Alamat, Nomor Telepon, mengetahui aplikasi Grab dan Kode Referensi (jika ada).

Cara daftar Grab

3. Jika sudah lengkap, ceklis bagian persetujuan dan capcha selanjutnya tap “DAFTAR SEKARANG”.

4. Selanjutnya Anda akan mendapatkan kode OTP melalui SMS ke nomor telepon yang sebelumnya di daftarkan. Lalu masukkan dan secara otomatis akan dialihkan ke halaman selanjutnya.

5. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi beserta dengan kelengkapan administrasi. Seperti semua persyaratan mitra GrabBIke di atas.

6. Jangan lupa untuk menautkan dengan Google aktif agar mendapatkan undangan dan informasi seputar pendaftaran tersebut. Jika sudah selesai tap “KIRIM”.

7. Setelah dokumen aplikasi lengkap dan sudah dikirim ke pihak Grab. Selanjutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi panggilan untuk melakukan seleksi, biasanya akan dikirim melalui email yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Proses pendaftarannya bisa dibilang cukup gampang. Ini banyak yang memilih untuk bergabung menjadi driver Grab karena pendapatannya cukup menjanjikan. Untuk komisi pengemudi GrabBike menggunakan sistem sharing profit.

Presentasenya bagi hasil 90% untuk driver dan 10 % untuk penyedia layanan atau aplikasi.  Sedangan untuk bonusnya menggunakan sistem insentif yang berkisar 30%.

Baca Juga Simak Kegiatan Lain Driver Grab Cepu Selain Mengantar Penumpang

Cara Memesan dan Membayar Grab

Ada banyak layanan yang ditawarkan oleh Grab yang bisa Anda gunakan Seperti Grab Bike, Grab Car, Grab Food dan sebagainya. Setelah itu, pilih salah satu dan lakukan pemesanan. Jika belum tahu cara daftar Grab, simak penjelasan di bawah ini.

1. Cara Pesan Grab Bike

Cara Pesam Grab Bike

GrabBike bisa dikatakan sebagai layanan yang sering dipesan, selain tarifnya sangat terjangkau juga untuk menembus kemacetan. Jangan khawatir, keamanannya sangat terjamin karena para biker sudah terdaftar secara resmi dan memiliki linsensi dilengkapi dengan atribut lengkap.

Cara memesannya adalah:

  1. Pertama-tama buka aplikasi Grab dan pilih layanan GrabBike. Secara otomatis lokasi Anda akan terdeteksi.
  2. Selanjutnya masukkan alamat tujuannya dan perkiraan tarif perjalanan muncul, lalu pilih metode pembayarannya (Grabpay atau Cash).
  3. Pilih pencarian driver GrabBike terdekat kemudian informasi tentang pengemudi terlihat di aplikasi tersebut.
  4. Lalu pilih salah satu dan kemudian konfirmasi pesanan. Selanjutnya akan menuju ke lokasi.

Proses penjemputan dalam waktu singkat, lokasi pengamanan bisa dilacak melalui maps. Setelah driver sampai, kemudian Anda bisa menikmati perjalanan dengan aman dan lancar.

Sesampainya di tujuan lalu dilakukan pembayaran, jika membayar non tunai dapat menggunakan saldo GrabPay atau bisa juga secara cash kepada pengemudi.

2. Cara Pesan Grab Car

grab car

GrabCar menawarkan layanan sewa mobil pribadi beserta supirnya. Kenyamanan maupun keamanan pengguna juga sangat diperhatikan, seperti saat menggunakannya Anda sudah terlindungi dengan asuransi kecelakaan. Tarifnya sangat terjangkau dan bisa langsung dilihat diaplikasi. Selain itu, tidak ada biaya pemesanan.

Cara memesanya adalah:

  1. Pertama buka aplikasi Grab, selanjutnya pilih GrabCar. Secara otomatis lokasi Anda saat memesan akan terdeteksi.
  2. Selanjutnya masukkan alamat tujuannya dan perkiraan tarif perjalanan muncul, lalu pilih metode pembayarannya (Grabpay atau Cash).
  3. Kemudian proses pencarian pengemudi GrabCar terdekat dan informasi tentang driver bisa terlihat di aplikasi tersebut. Lalu pilih salah satu dan konfirmasi pesanan. Selanjutnya akan menuju ke lokasi.

Proses penjemputan dengan  waktu sangat  singkat, lokasi pengamanan bisa dilacak melalui maps. Setelah driver sampai, kemudian bisa menikmati perjalanannya. Sesampainya di tujuan, lalu dilakukan pembayaran.

3. Cara Pesan GrabTaxi

grab taxi

GrabTaxi menyediakan layanan berupa kemudahan akses bagi penumpang untuk menemukan driver taxi terdekat dan cepat melalui aplikasi. Untuk keamanan juga sangat terjamin karena pengemudinya sudah berpengalaman serta mempunyai jarngin armada terluas di Indonesia.

Selain itu, para driver juga sudah berlisensi serta terdaftar. Sehingga, membuat perjalanan Anda akan lebih nyaman. Untuk tarifnya juga terjamin karena sesuai dengan argo tanpa adanya tembakan harga sepanjang tahunnya.

Untuk memesan GrabTaxi simak penjelasan di bawah ini.

  1. Pertama-tama buka aplikasi Grab, lalu pilih layanan GrabTaxi.
  2. Selanjutnya lokasi Anda secara otomatis terdeteksi. Masukkan alamat tujuan, setelah selesai akan muncul perkiraan tarif perjalanan
  3. Kemudian pilih cara metode pembayarannya bisa cash atau Grabpay.
  4. Proses pencarian driver GrabTaxi terdekat sedang berjalan, Anda juga bisa melihat informasi tentang pengemudi melalui aplikasi tersebut.
  5. Selanjutnya tinggal memilihnya dan lakukan konfirmasi pemesanan.

Driver lalu akan menuju ke lokasi penjemputan dengan waktu cepat dan singkat, selama dalam perjalanan, Anda bisa melacak keberadaan pengemudi tersebut melalui Google Maps. Setelah sampai, nikmati perjalanan dengan nyaman dan aman.

Jika perjalanan selesai dan sudah sampai ke lokasi tujuan maka selanjutnya lakukan proses pembayaran. Bisa menggunakan saldo GrabPay dan juga cash kepada driver GrabTaxi.

Baca Juga Alamat Kantor Grab Semarang Terbaru 2019 dan Cara Pendaftaran Offline

4. Cara Pesan Grab Express

Grab Express

Fitur yang satu ini menawarkan layanan kurir kilat berbasis aplikasi dengan kecepatan, keamanan dan juga kepastian. Grab Express bisa dimanfaatkan untuk mengantar dokumen dan paket dengan waktu kirim yang sangat singkat.

Layanan ini juga memberikan kenyamanan bagi penggunanya berupa jaminan asuransi mencapai 10 juta rupiah. Tarifnya cukup terjangkau yaitu mulai dari 15 ribu. Untuk memesannya simak langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Grab dan pilih GrabExpress. Secara otomatis lokasi Anda akan langsung terdeteksi.
  2. Lalu masukkan data penerima kiriman dengan lengkap. Kemudian perkiraan biaya akan muncul, kemudian pilih metode pembayaran yaitu Cash atau Grabpay.
  3. Selanjutnya proses pencarian kurir GrabExpress terdekat lalu informasi tentang pengemudi bisa terlihat di aplikasi.
  4. Kemudian pilih satu dan konfirmasi pesanan.
  5. Setelah itu, driver akan menuju ke alamat penjemputan kiriman dengan waktu singkat.

Lokasi kurir bisa Anda lacak melalui maps. Setelah kurir sampai berikan paket kiriman tersebut dan kemudian lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera.

5. Cara Pesan Grab Food

Grab Food

GrabFood memberikan layanan berupa pesan antar makanan dengan beragam menu dari restoran terbaik. Proses antar ini dilakukan dengan cepat. Sehingga, bisa Anda andalkan kapan saja. Untuk kualitas makanan akan terjaga karena menggunakan tas thermal yang telah desain secara khusus.

Berikut cara memesannya:

  1. Pertama, buka aplikasi Grab lalu klik GrabFood. Secara otomatis lokasi akan terdeteksi.
  2. Selanjutnya pilih restoran yang sudah ditata berdasarkan tempat yang ada di dekat Anda.
  3. Lalu memilih menu makanan sesuai dengan keinginan.
  4. Perkiraan biaya pengiriman akan muncul, kemudian Anda bisa memilih metode pembayarannya melalui cash atau Grabpay. Proses pencarian pengemudi GrabFood terdekat sedang berjalan beserta informasinya bisa dilihat diaplikasi tersebut.
  5. Kemudian Anda memilih pengemudi dan mengkonfirmasi pesanan. Lalu driver akan mengantarkan makanan yang Anda pesan sesuai dengan estimasi waktu pada aplikasi. Bisa juga melacak pengiriman melalui maps.

Setelah makanan sampai di lokasi Anda, kemudian lakukan proses pembayaran dengan cara menggunakan saldo GrabPay atau cash kepada pengemudi GrabFood.

Itulah cara daftar aplikasi Grab dengan sangat mudah. Jadi tunggu apa lagi segera download dan lakukan pendaftaran agar bisa langsung menikmati semua layanan yang disediakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.