Cara Cepat Buat SKCK Online Jakarta Selatan Update 2020, Ikuti Panduannya!

By | 15 Januari 2020

Warga Jakarta Selatan saat ini dapat menikmati berbagai layanan dari pihak kepolisian dalam pengajuan SKCK. Layanan ini cukup kekinian karena tidak hanya bisa dilakukan melalui website tapi juga melalui aplikasi android atau iOS. Oleh karena itu pengajuan SKCK online Jakarta Selatan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitarnya.

Pemakaian aplikasi smartphone merupakan langkah yang baik karena mudah di akses kapanpun dan dimanapun asalkan daerah tersebut memiliki jaringan internet yang baik. Hal ini tentu sangat membantu masyarakat Jakarta Selatan karena daerahnya memiliki layanan jaringan internet yang memadai.

SKCK

SKCK Online Jakarta Selatan

Jadi, teman-teman yang saat ini tinggal di Jaksel dapat menikmati layanan ini dengan baik. Walaupun mudah dan praktis, masih terdapat beberapa orang yang kurang paham cara mengajukan SKCK online Jakarta Selatan baik melalui aplikasi ataupun website. Oleh karena itu, teman-teman perlu mengetahui 2 cara lengkap pengajuan SKCK online tersebut.

Melalui Aplikasi SMART Polres Metro Jakarta Selatan

SKCK

Tampilan Aplikasi SMART Metro

Khusus bagi masyarakat Jaksel dapat download dan install aplikasi SMART Polres Metro Jakarta Selatan di android dan iPhone masing-masing. Aplikasi ini bisa diperoleh dari Google PlayStore secara gratis. Teman-teman bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

 

Setelah berhasil download dan install aplikasi ini, teman-teman harus mendaftarkan akun dengan menggunakan nama, nomor KTP, foto KTP, username, password, nomor hp dan alamat. Setelah itu tunggulah beberapa saat sampai prosesnya selesai. Setelah masuk ke dalam aplikasi klik pilihan Smart SKCK untuk melakukan pengajuan SKCK online Jakarta Selatan.

Langkah berikutnya teman-teman harus input data pribadi mulai dari nama, alamat, nomor KTP, agama dan lainnya. Setelah itu isilah hubungan kekeluargaan untuk suami/ istri jika telah menikah. Jika tidak, maka kosongkan saja.

Tahap selanjutnya adalah input data Ayah, Ibu serta saudara kandung ataupun tiri. Adapun data yang diperlukan adalah nama, umur, agama, kebangsaan (WNI atau WNA), pekerjaan saat ini serta alamat tinggal. Setelah itu teman-teman input riwayat pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai yang terakhir.

Setelah itu, teman-teman input data pidana serta pelanggaran jika memang pernah melakukannya, jika tidak maka kosongkan saja. Kemudian input informasi lain seputar riwayat pekerjaan, hobi serta alamat yang mudah untuk dihubungi. Khusus untuk WNA harus mencantumkan perusahaan atau instansi yang menjadi sponsor lengkap dengan alamat, nomor telp, serta jenis usahanya.

Setelah itu teman-teman dapat input kode sidik jari. Kode ini hanya dapat diperoleh jika telah mengajukan SKCK online Jakarta Selatan sebelumnya. Jike baru pertama kali, maka cukup kosongkan saja. Setelah semua data selesai di input, klik tombol “kirim data”. Tunggulah beberapa saat sampai teman-teman memperoleh kode verifikasi permohonan SKCK.

Melalui Website SKCK Online Polri

SKCK

Website SKCK Online Polri

Cara ini merupakan yang paling umum digunakan, karena mencakup seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, database kantor polisi yang dituju sangat lengkap sehingga memudahkan para penggunanya. Teman-teman dapat mengakses website ini melalui link berikut ini. Setelah membuka website tersebut teman-teman akan mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Memilih Wilayah Kesatuan Kantor Kepolisian

Pada halaman pertama teman-teman akan memilih wilayah kepolisian yang terdekat dari tempat tinggal masing-masing. Untuk masyarakat Jakarta Selatan, pilihlah Polda Jakarta, kemudian Polres Metro Jakarta Selatan kemudian polsek terdekat dari domisili masing-masing.

Jangan lupa untuk memilih alasan pengajuan SKCK, karena setiap kesatuan memiliki peran dan tugas masing-masing. Informasi ini terdapat di halaman yang sama jadi teman-teman tidak akan melewatkan bagian tersebut.

2. Input Data Pribadi

Langkah berikutnya adalah mengisi data pribadi yang mengajukan SKCK online Jakarta Selatan. Pada halaman ini teman-teman harus mengisi nama, tempat serta tanggal lahir, pekerjaan, alamat saat ini serta pas foto terbaru berukuran 4×6 dengan latar berwarna merah. Periksa hasil inputan dengan teliti karena sedikit kesalahan dapat merusak proses pengajuan.

3. Input Data Keluarga

Selanjutnya adalah input data keluarga seperti ayah, ibu, kakak dan adik. Untuk teman-teman yang telah menikah maka harus mencantumkan data pasangan (suami atau istri). Adapun data yang dibutuhkan adalah nama, usia, agama, pekerjaan serta alamat lengkapnya.

4. Data Pendidikan

Langkah selanjutnya adalah data pendidikan yang harus di isi mulai dari pendidikan dasar sampai yang terakhir. Teman-teman dapat menambah informasi data pendidikan dengan klik tombol oranye yang berada di sisi pojok kanan bawah.

5. Pelanggaran dan Pidana

Bagian ini bisa dilewatkan teman-teman dengan klik opsi “tidak pernah” (jika memang tidak pernah melakukan tindak pidana atau pelanggaran berat). Bagi teman-teman yang pernah terkena masalah ini diharapkan untuk mengisinya dengan jujur. Karena pihak kepolisian pasti memiliki database pelaku kriminal atau pelanggaran yang melanggar hukum di Indonesia.

6. Ciri Fisik

Selanjutnya adalah input ciri fisik pihak yang mengajukan SKCK online Jakarta Selatan. Data yang dibutuhkan adalah tinggi dan berat badan, bentuk wajah dan rambut, warna kulit, tanda khusus, serta sidik jari. Jika belum pernah mengajukan SKCK sebelumnya maka pilihan sidik jari bisa diberi tanda (-) atau cukup dikosongkan saja.

7. Upload Dokumen

Pengajuan SKCK online Jakarta Selatan mengharuskan teman-teman untuk upload dokumen tertentu seperti KTP, KK, ijazah atau akta lahir serta sidik jari. Sedangkan untuk WNI yang memiliki urusan ke luar negeri harus melampirkan scan paspor.

8. Informasi Tambahan

Setelah selesai upload dokumen, teman-teman harus mengisi data tambahan berupa hobi, pekerjaan, alamat dan nomor handphone yang dapat dihubungi serta alamat email. Khusus untuk WNA harus melampirkan instansi atau pihak sponsor dari dalam negeri lengkap dengan alamat dengan jenis instansinya.

9. Download Kartu Registrasi

Setelah menyelesaikan tahapan di atas teman-teman akan memperoleh kartu registrasi yang berisi beberapa informasi penting seperti masa berlaku kartu tersebut, kantor polisi tujuan, waktu operasional, serta rekening transfer tujuan untuk yang memilih BRIVA. Jika memilih pembayaran di loket maka informasi yang diberikan hanyalah besar biayanya yaitu Rp 30.000 untuk WNI dan Rp 60.000 untuk WNA.

Mengunjungi Kantor Polisi Pilihan

Setelah menyelesaikan registrasi SKCK online Jakarta Selatan baik melalui website ataupun aplikasi, maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor polisi pilihan teman-teman. Datanglah secepat mungkin agar cepat dilayani dengan menggunakan pakaian rapi dan mengenakan sepatu.

Kemudian datangi loket untuk pengajuan SKCK sambil memberikan beberapa berkas. Karenanya teman-teman harus mempersiapkan dokumennya seperti:

  • Fotokopi KTP, KK, Ijazah atau akta lahir, paspor (1 lembar)
  • Pas foto dengan latar merah ukuran 4×6 (6 lembar)
  • SKCK lama asli atau fotokpi yang telah dilegalisir (untuk perpanjangan)
  • Kode verifikasi (khusus registrasi melalui aplikasi)
  • Kartu registrasi yang telah di print dan bukti transfer (khusus registrasi melalui website)

Setelah menyerahkan semua dokumen, teman-teman dapat menunggu selamat kurang lebih 30 menit sampai SKCK baru selesai. Setelah itu, fotokopi dan legalisirlah SKCK tersebut karena berkas persyaratan untuk melamar pekerjaan dan lainnya hanya membutuhkan fotokopi .Sedangkan yang aslinya simpan dengan baik karena dapat diperpanjang di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.