[Update] Segini Biaya Perpanjang Passport 2020 Terbaru

By | 4 Januari 2020

Passport menjadi sesuatu dokumen yang sangat penting ketika kita ingin melakukan perjalanan liburan keluar negeri. Namun passport juga menjadi sesuatu dokumen yang seringkali terlupakan untuk masa berlakunya, sehingga saat sudah mendekati waktu liburan jadi terburu-buru untuk memperpanjang masa berlakunya. Kapan kita harus mulai memperpanjang masa berlakunya passport?

Untuk diketahui, passport 24 halaman atau 48 halaman memiliki masa berlaku maksimal 5 tahun dan lebih baik ketika sudah kurang dari 6 bulan kita segera memperpanjang, sebab ada negara yang mengharuskan pendatang memiliki passport dengan masa berlaku paling sedikit tersisa 6 bulan.

Apakah melakukan perpanjangan masa berlaku passport itu sulit? Tentunya tidak jika dokumen kelengkapan yang Anda bawa sudah lengkap sehingga passport Anda dapat langsung di proses. Dokumen yang perlu dibawa untuk memperpanjang passport antara lain fotokopi KTP, kartu keluarga, passport lama dan materai 6000.

Semua dokumen tersebut Anda fotokopi dan jangan lupa untuk membawa dokumen aslinya ke kantor imigrasi di mana Anda berdomisili. Jika dokumen Anda tidak lengkap tentunya akan menghambat proses perpanjangan dan membuat Anda rugi waktu karena sudah mengantre.

Passport ada dua jenis yaitu passport biasa dan passport online, jika passport biasa Anda bisa mengurusnya langsung ke kantor imigrasi, namun jika passport Anda berbentuk elektronik atau e-passport, Anda bisa mengunjugi website imigrasi dan melakukan perpanjangan di website tersebut.

Untuk biaya yang dikenakan juga beragam tergantung jumlah halaman dan jenis passport yang diperpanjang. Berapakah biaya perpanjang passport tersebut? Simak tutorial dibawah ini yuk.

1. Dua Jenis Passport dan Lembar Halaman

Kenali kebutuhan passport yang Anda mau perpanjang, memiliki berapa halaman dan jenis passportnya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, passport memiliki 24 dan 48 halaman dengan jenis passport biasa atau elektronik. Untuk passport biasa dikenakan biaya 100 ribu hingga 300 ribu sesuai dengan jumlah halaman, dan passport elektronik dikenakan biaya 350 ribu hingga 600 ribu rupiah

2. Biaya Untuk Penggantian Passport Hilang

Kehilangan passport seringkali karena factor ketidaksengajaan dan itu membuat kita sering merasa panik dan bingung untuk mencarinya. Jika Anda sudah menyadari akan hal itu lebih awal, segera lakukan pengurusan untuk passport Anda yang hilang dan tentunya dikenakan biaya untuk penggantian passport tersebut.

Jika jenis passport biasa Anda masih berlaku, biaya yang dikenakan adalah 200 ribu hingga 600 ribu tergantung jumlah halaman, dan passport elektronik 800 ribu hingga 1,2 juta.

3. Biaya Untuk Penggantian Passport Rusak

Jika passport Anda rusak dapat dilakukan pengurusan segera agar liburan Anda tidak tertunda. Biaya untuk penggantian passport yang rusak adalah 100 ribu hingga 300 ribu untuk passport biasa, dan 350 ribu untuk passport elektronik yang memiliki 24 halaman. Sementara untuk passport elektronik 48 halaman belum tersedia.

4. Passport Hilang / Rusak Karena Bencana Alam

Terjadinya bencana alam memang tidak terduga, dari banjir, kebakaran atau gempa bumi. Bagaimana jika hal tersebut terjadi dan Anda tidak sempat untuk menyelamatkan passport Anda? Sangat beruntung Anda masih dapat mengurusnya sebelum Anda harus menggunakannya. Biaya yang dikenakan untuk passport biasa adalah 100 rb hingga 300 rb sedangkan untuk passport elektronik 350 rb hingga 600 rb.

5. Biaya Jasa dan Administrasi

Biaya ini adalah biaya tambahan dari biaya yang dikenakan untuk biaya perpanjangan passport. Untuk passport biasa biaya tambahannya adalah 5000 rupiah untuk bank administrasi dan biaya tambahan passport elektronik adalah 55 ribu karena di passport elektronik ada teknologi biometric.

Setelah passport selesai maka sekarang Anda dan keluarga sudah siap untuk liburan. Segera atur jadwal liburan dan pilih negara yang mau Anda tuju. Nikmati liburan bahagia dengan keluarga secara tenang dan bahagia ya. Selamat liburan!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.