Cari Tahu Berapa Lama Suspend Gojek? Ini Penjelasannya!

Tahukah kamu Berapa Lama Suspend GoJek Itu? Dalam menjalankan operasionalnya layanan Gojek akan bekerjasama dengan para Mitra sesuai dengan jenis layanan yang mereka ambil. Ada beberapa layanan disediakan oleh perusahaan Gojek yang bisa Mitra ambil diantaranya yaitu layanan mitra Go-Box, Go-Glam dan banyak lagi lainnya. Dari beberapa Mitra tersebut yang menduduki posisi paling banyak bekerjasama dengan Gojek adalah Driver Gojek.

Lama suspend Gojek

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para pelanggan maupun untuk menjaga kinerja para Driver Gojek, perusahaan membuat aturan yang harus ditaati oleh para Mitra. Apabila aturan itu dilanggar, maka konsekuensi yang dikenakan kepada Driver Gojek berakibat pada suspend-nya akun Gojek atau bahkan samapai pada pemutusan kerjasama antara perusahaan dan Driver.

Apa Itu Suspend Gojek dan Berapa Lama Suspend Gojek ?

Apa itu suspend Gojek dan berapa lama suspend Gojek? Belum tahu kan? istilah tersebut dipakai ketika akun driver gojek tidak bisa digunakan untuk menerima orderan dari pelanggan, dikarenakan akunnya bermasalah. Sehingga, perusahaan Gojek memberhentikan sementara akun Driver sampai batas waktu tertentu sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Atau bahkan memutuskan kemitraan perusahaan Gojek dengan Driver yang diduga melakukan pelanggaran. Jenis suspend dalam perusahaan Gojek itu ada dua, yaitu:

Auto Suspend Gojek

Suspend yang terjadi karena pemilik akun terdeteksi secara otomatis dari sistem bahwa Driver sedang melakukan sebuah pelanggaran. Mengingat auto suspend gojek ini sifatnya otomatis, maka pelanggaran yang ditetapkan bisa langsung terdeteksi oleh perangkat lunak pada sistem aplikasi Gojek.

Misalnya jika Anda sebagai seorang Driver Gojek mengambil orderan yang jaraknnya tidak wajar, mengambil penumpang yang sama berkali-kali pada waktu tertentu, dan masih banyak lagi pelanggara yang bisa dideteksi dari perangkat lunak tersebut, dan bisa jadi Anda mendapatkan suspend auto.

Hal yang Terdeteksi Auto Suspend Gojek

Apa saja sih yang bisa dideteksi oleh auto suspend Gojek? Hal-hal yang bisa dideteksi oleh suspend Gojek diantarannya adalah:

  • Melakukan order fiktif sanksinya adalah putus mitra pinalti sebesara Rp300.000
  • Menyelesaikan orderan dengan waktu, jarak, kecepatan yang tidak wajar maka sanksinya bisa diberlakukan sama dengan order fiktif apabila diasosiasikan dengan hal itu. Tapi yang perlu Anda ingat, jika hal itu salah bisa langsung ajukan banding di kantor OPS, supaya akun Driver tetap aman.
  • Menyelesaikan orderan secara tidak wajar saksinnya sama dengan yang di point 1 dan dua.
  • Terlalu sering menyelesaikan orderan dari pelanggan yang sama
  • Menyelesaikan orderan di lokasi yang tidak wajar
  • Menggunakan aplikasi tambahan yang digunakan untuk memanipulasi perangkat dari aplikasi Gojek. Sanksi yang diberlakukan adalah putus kerjasama dan pinalti sesuai dengan sisa deposito yang masih ada di akun Anda.
  • Memiliki ranting rata-rata yang rendah, sanksinya apabila putus Mitra maka sisa deposit dalam akun akan dikembalikan kepada Driver yang akan keluar. (Akan tetapi jangan lupa untuk mengajukan banding ya, jika kalian tidak merasa melakukan pelanggaran).

Tetaplah hati-hati dengan auto suspend Gojek ini ya! Karena, ibaratnya perangkat pendeteksi ini hanya melaksanakan perintah sesuai dengan program yang buat tanpa peduli dengan penyebab pelanggarannya. Sistem berapa lama suspend GoJek ini hanya mengolah data-data yang masuk dan dieksekusi sesuai dengan program yang telah dibuat oleh perusahaan Gojek.

Untuk proses pengajuan banding, kalian bisa langsung klarifikasi di kantor supaya akun Anda bisa dibuka kembali jika proses pengajuan banding ini diterima. Pengajuan banding diajukan paling lambat 2 bulan sejak terjadi auto suspend yang terjadi di akun Anda.

Manual Supend Gojek

Merupakan suspend yang dilakukan secara manual. Suspend ini dilaporan dari pihak pelanggan maupun pihak lain atas penilaiannya terhadap pelayanan Driver Gojek (Pemilik akun) kepada perusahaan Gojek secara langsung. Manual suspend ini membuat akun Driver Gojek dibekukan sementara, karena ada pihak yang melaporkan Driver tersebut.

Semisal ada seorang pelanggan Anda mendapat perlakukan yang kurang mengenakkan. Contohnnya: Driver Gojek berbicara tidak pantas, menghilangkan barang penumpang maupun melakukan tindakan kriminal serta pelanggaran lainnya. Diantara pelanggaran yang bisa menyebabkan manual suspend Gojek adalah:

Penyebab Manual Suspend Gojek

  • Berbicara atau bertindak ke arah pelecehan seksual, baik lisan maupun tulisan sanksinya adalah putus Mitra.
  • Melakukan tindakan kriminal bakal mendapatkan sanksi putus Mitra.
  • Menghubungi pelanggan di luar kebutuhan order sanksinya putus Mitra.
  • Terlambat menjemput pelanggan sanksinnya peringatan melalui pesan di aplikasi.
  • Berkendara terlalu cepat, melanggar lalu lintas, mengantuk pada saat berkendara, memainkan HP saat berkendara, maupun Unsafe Riding sanksinnya adalah suspend 1 hari kerja jika terdapat akumulasi maka berakibat pada suspend 3 hari kerja.
  • Merokok saat berkendara, helm kotor, menjalankan order tanpa konfirmasi pelanggan, yang berakibat pada ketidak nyamanan pelanggan, maka akan terkena sanksi sama dengan point ke empat.
  • Driver Gojek meminta uang pembayaran lebih dari yang tertera di akun, maupun memberikan kembaliannya kurang, maka sanksinnya sama dengan point ke lima.
  • Memberikan alasan kepada pelanggan untuk tidak menjalankan order, sanksinya sama dengan point empat.
  • Merusak barang pelanggan, menghilangkan barang pelanggan, sanksinnya suspend dan dua peringatan dan mengganti rugi sesuai kerugian pelanggan.

Jika Anda mengalami berbagai laporan manual suspend Gojek, hal yang harus dilakukan adalah segera melakukan klarifikasi kejadian yang sebenarnya kepada pihak perusahaan. Maka pihak Gojek akan memberikan peringatan atau sanksiĀ  kepada Drivernya. Mengingat Gojek bisa melakukan pemutusan kemitraan setelah mendapatkan 3 kali peringatan, maka sebisa mungkin tidak melakukan pelanggaran lagi.

Penutup

Dari artikel Cari Tahu Berapa Lama Suspend GoJek dapat diambil kesimpulan bahwasannya lama suspend Gojek itu bermacam-macam, tergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh Driver Gojek. Semakin besar tingkat pelanggarannya, maka akan semakin lama sanksi yang didapatkannya. Maka dari itu jika Anda memilih pekerjaan utama sebagai tukang ojek online terutama Gojek, harus tetap berhati-hati dengan auto suspend maupun manual suspend. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi Anda yang membacannya. Sampai bertemu di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.