Kenapa Alas Kaki Harus Tertutup Saat Berkendara buat Driver Ojol? Penting!

By | 13 November 2019

Alas kaki, salah satunya sandal. Menggunakan sandal pada keseharian kita, memang sangat nyaman. Sandal mudah dipakai, nyaman, murah bahkan banyak model yang terlihat modis dan unik.

Tapi disini kita berbicara tentang penggunaan alas kaki saat mengendarai motor baik sebagai pengemudi maupun penumpangnya. Bahwa betapa pentingnya alas kaki yang baik untuk mendukung saat berkendara.

Banyak pengendara di jalan yang menggunakan alas kaki yang tidak semestinya seperti sandal bahkan banyak yang sampai tidak menggunakan alas kaki sama sekali.

Alasan mereka rata-rata sesuai fungsi sandal yang mudah dan nyaman. 

Nah, sadarkah anda saat menggunakan sandal untuk berkendara bisa sangat merugikan anda? 

Karena menggunakan alas kaki yang terbuka bisa mencederai kaki anda sendiri. Mungkin anda belum pernah mengalaminya tapi bukan tidak mungkin cedera ini dialami anda. Bisa jadi entah kapan, seminggu lagi atau bahkan setelah membaca artikel ini bila anda masih menggunakan alas kaki terbuka. Hmmm…

Mari kita bahas satu persatu.

Pertama. Alasan Nyaman?

Saat berkendara sangat berbeda dengan saat kita berjalan. Berat motor sangatlah berbeda dengan berat badan kita sendiri. Dengan menggunakan alas kaki terbuka yang artinya kekuatan alas kaki tersebut tidak didesain untuk beban lebih. Jadi saat terjadi kondisi beban besar tentunya membuat anda tidak nyaman menapak dengan baik ke jalan. Apalagi saat jalanan anda berbatu.

Kedua. Alasan Murah?.

Alas kaki merupakan alat bantu untuk melindungi telapak kaki anda dari ancaman yang bisa melukai kaki anda. Saat menggunakan alas kaki murah saat berkendara, ini sama saja menghargai dengan murah kaki anda sendiri. 

Ketiga. Alasan Cepat dan Mudah?

Yakin alasan ini mendukung anda untuk menggunakan alas kaki seperti sandal saat berkendara? Berkendara tentunya dilakukan dengan kecepatan tinggi dibandingkan dengan berjalan kaki. Yang artinya saat digunakan, alas kaki tersebut harus mendukung kecepatan saat berkendara.

Apakah anda sering menggunakan sandal anda untuk berlari? Apa yang terjadi?

Keempat. Alasan Terbuka?

Sering kita terganggu saat terik matahari yang menerpa bagian atas kaki kita saat duduk. Saat alas kaki terbuka digunakan berkendara, tentunya sangat mengganggu konsentrasi. Belum lagi panas mesin yang bisa membuat kaki cedera terbakar.

Kelima. Terlihat Modis?

Saat berkendara, sangat yakin kalo jarang pengendara lain memperhatikan betapa modis alas kaki kita. Justru alas kaki sandal modis saat dipakai berkendara jadi cepat rusak dan kotor. Belum lagi sengaja atau tidak sengaja ada ban motor atau bahkan mobil yang menginjaknya. Auww! Sudah tidak modis lagi. Yang kelihatan hanya ban mobilnya. Alas kaki dan kaki kita tertutup oleh ban. Hehehe

Keenam. Mudah dipakai?

Alas kaki terbuka pasti mudah dipakai dan tentunya mudah terlepas.

Saat berkendara banyak hal tak terduga yang akan terjadi yang bisa menyebabkan mudah terlepasnya alas kaki. Bila terjadi alas kaki terlepas, tiba-tiba pengendara berhenti mendadak. Braakk! Sekarang nyawa anda yang terlepas dari badan anda hanya gara-gara sandal yang lepas karena anda ditabrak oleh pengendara dari belakang yang tidak sempat mengerem karena anda berhenti mendadak.

Ketujuh. Unik?

Sandal biar bisa terlihat kuku jari kita yang didandani unik dan cantik. Tapi apa yang terjadi dengan kuku jari tersebut saat tersenggol dengan trotoar saat berkendara. Kok bisa? Pengendara motor saat berkendara kan suka nyelip diantara trotoar dan mobil, dan anda tidak melihat ada sebuah batu trotoar yang rusak hingga kaki anda terbentur trotoar tersebut 

Kedelapan. Ringan?

Jelas sandal tidak memiliki tapak yang baik dan tebal. Sehingga saat digunakan berkendara tapak kaki anda tidak terlindungi untuk menapak di aspal yang panas atau ancaman lain di jalan.

Kesembilan. Tidak pakai Alas Kaki?

Apa?! Ya banyak pengendara sengaja melepas alas kakinya saat hujan. Alasannya takut alas kakinya rusak terkena air. 

Justru pertanyaannya apakah anda yakin tidak akan cedera menginjak suatu benda berbahaya yang tidak terlihat di dalam genangan air hujan?

Kesepuluh. Alas kaki tertutup.

Jadi di artikel ini bukan tentang anda harus menggunakan sepatu saat berkendara. Tapi lebih mengingatkan anda bahwa saat berkendara akan jauh lebih baik menggunakan alas kaki yang aman. Aman itu bukan berarti harus mahal atau harus pakai sepatu, tapi lebih pemahaman anda atas resiko yang anda hadapi.

Ingat, saat berkendara bukan hanya keamanan anda sendiri. Tapi bisa jadi anda sedang berkendara dengan keluarga, teman anda termasuk pengguna jalan lain.

Jadi mari kita aman berkendara untuk anda dan sekitar anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.